Wisata Air Terjun di Bengkulu yang Terindah dan Harus Kamu Kunjungi

0
556
Wisata Air Terjun di Bengkulu yang Terindah dan Harus Kamu Kunjungi

Koran.id – Destinasi wisata air terjun di Bengkulu ini bisa jadi alternatif buat kamu semuanya yang merasa sudah bosan, karena sudah terlalu sering berwisata ke pantai atau pun tempat – tempat bersejarah di Bengkulu. Dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata alam di Bengkulu maka kamu pastinya akan dapat merasakan liburan yang lebih berbeda, yang tentu saja tidak kalah seru dan menyenangkannya pada saat kamu liburan ke tempat – tempat yang sudah mainstream di Bengkulu tersebut.

Ya, kita pastinya juga sudah tahu betul kan, bahwa Pulau Jawa memang menjadi surga bagi objek wisata alam. Tidak heran jika di Pulau Jawa ini kamu akan lebih mudah lagi menjelajah alamnya nan indah dan mempesona tersebut. Termasuk halnya yang ada di Pulau Sumatera, tepatnya di Bengkulu. Tentunya tidak ada pernah yang menyangka sebelumnya jika Bengkulu juga memiliki potensi wisata alam yang tidak kalah menariknya.

Wisata Air Terjun di Bengkulu yang Terindah dan Harus Kamu Kunjungi
Hipwee.com

Jika selama ini kamu hanya mengenal Pulau Bali sebagai salah satu surga wisata di Indonesia yang terbaik, maka ini saat yang paling tepat untuk menjelajah Bengkulu untuk mengungkap dan menikmati semua keindahan yang ditawarkan dari Pulau Sumatera tersebut. Salah satu alasan kenapa Bengkulu punya potensi wisata yang luar biasa adalah karena kondisi geografis provinsi Bengkulu yang memang cukup dekat sekali dengan pegunungan Bukit Barisan, sehingga membuat daerah satu ini dikaruniai alam yang mempesona yang pastinya akan sangat memanjakan liburanmu.

Nah, daripada harus berlama – lama lagi berikut adalah sederetan air terjun paling menawan yang tentunya wajib kamu kunjungi, saat berkunjung ke daerah yang mendapat sebutan sebagai Bumi Rafflesia ini.

Wisata Aiar Terjun di Bengkulu yang Terindah dan Harus Kamu Kunjungi

Air Terjun Sengkuang kepahiang

Air Terjun Sengkuang kepahiang
Potretbengkulu.com

Objek wisata air terjun di Bengkulu pertama yang saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi nanti adalah Air Terjun Sengkuang Kepahiang. Letaknya ada di sekitar 48 km dari kota Bengkulu air terjun ini pastinya akan memajakan liburanmu. Suasananya yang sejuk dan udaranya yang segar pasti akan membuatmu enggan untuk pulang. Air terjun yang ada di desa Mekar Sari, kecamatan Kabawetan, Kepahiang tersebut memiliki tinggi mencapai 25 meter.

Ini tentu semakin membuat pemandangan di tempat wisata Bengkulu semakin indah. Apalagi di sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu nanti akan mendapatkan pemandangan hijau dari perkebunan teh yang pastinya akan sangat memanjakan mata sepanjang memandang. Luar biasa lagi, ternyata perkebunan teh di Bengkulu ini sudah ada sejak penjajahan Inggris.

Curug Cay

Curug Cay
Picdeer.com

Pilihan lain air terjun mempesona di Bengkulu yang wajib masuk dalam daftar kunjunganmu nanti adalah Curug Cay. Ingin merasakan kesejukan alam yang sesungguhnya? Datang saja ke Curug Cay di Bengkulu. Di sini kamu bisa merasakan hawa udara yang sangat sejuk, karena memang letak dari Curug Cay tersebut ada di sebuah hutan di Bengkulu.

Berada di sebuah desa Bukit, kecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah, untuk menikmati keindahan Curug Cay tersebut kamu masih harus menempuh perjalanan darat dari kota Bengkulu dengan jarak sekitar 25 km, estimasi waktu tempuhnya memang cukup lama, yakni sekitar 45 – 60 menitan. Namun perjalananmu yang lama tersebut pastinya akan membuahkan hasil yang luar biasa. Sebab, sesampai di lokasi kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang indah dengan memiliki tinggi sekitar 12 meter.

Tepat ada di bawah air terjunnya ternyata ada sebuah kolam dengan luasan sekitar 15 – 29 meter. Dingin dan jernihnya air yang ada di tempat tersebut pastinya pas banget untuk jadi tempat berendam. Namun demikian karena memiliki kedalaman berkisar 3 meteran, sehingga kamu tetap harus berhati – hati saat berendam dan berenang di tempat tersebut.

Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup
Idntimes.com

Pilihan lain destinasi wisata Bengkulu yang terbaik bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Kepala Curup. Beralamatkan di desa Kepala Curup, kecamatan Padang Ulak Tanding, Rejang Lebong, Bengkulu, air terjun tersebut letaknya memang cukup tersembunyi. Tetapi kamu tak perlu khawatir, sebab pemandangan yang disuguhkan akan memanjakan membuatmu betah berlama – lama di tempat tersebut. Air Terjun Kepala Curup ini memiliki ketinggian 100 meter dengan panorama alam yang pastinya sangat memukau dan mempesona.

Salah satu yang paling istimewa dari tempat wisata di kota Bengkulu satu ini adalah lokasinya yang ada di habitat asli aneka ragam hewan, juga tumbuhan yang ada di hutan sekitar air terjun. Tidak hanya itu saja, di tempat ini pula kamu juga bisa temukan sebuah gua yang letaknya tepat di tengah – tengah aliran air terjunnya.

Air Terjun Mandi Angin

Air Terjun Mandi Angin
Ctzonedehasenbkl.com

Alternatif lainnya destinasi wisata terbaik dan terpopuler di Bengkulu, khususnya untuk wisata alamnya adalah Air Terjun Mandi Angin. Ada di sebuah desa Air Berau, kecamatan Pondok Suguh, Mukomuko, Bengkulu, inilah objek wisata alam Bengkulu terbaik yang tentunya wajib banget masuk dalam list wisatamu. Ada di kawasan Hutan Produksi Terbatas atau HPT, tempat tersebut diklaim sebagai salah satu yang tertinggi di Bengkulu. Ketinggian air terjun di tempat ini sekitar 80 meteran.

Salah satu hal yang melatarbelakangi kenapa air terjun di tempat ini diberi nama sebagai Mandi Angin adalah dikarenakan jika kamu ada di jarak 50 meter dari titik air jatuh, maka pakaian yang kamu kenakan akan basah oleh air yang terbawa angin. Lalu di sekitar air terjunnya sendiri kamu juga akan sangat dimanjakan dengan keindahan alamnya yang masih sangat alami dan mempesona.

Curug Sembilan

Curug Sembilan
Wisatasia.com

Terakhir ada Curug Sembilan yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu yang paling difavoritkan oleh banyak wisatawan. Curug Sembilan ini ada di sebuah desa Tanah Hitam, kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara. Sesuai dengan nama yang diusungnya, air terjun tersebut punya sembilan pancaran air terjun yang sangat indah. Bagaimana tidak, air terjun di tempat ini memiliki 9 tingkat plus 9 kolam sekaligus, sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik.

Tetapi demikian, untuk bisa mencapainya bukanlah hal yang mudah, butuh waktu yang tidak sedikit dan dengan kondisi jalan yang pastinya cukup melelahkan.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang wisata air terjun di Bengkulu yang terindah dan harus kamu kunjungi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini