7 Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

0
361

Koran.id – Lontar merupakan salah satu jenis tanaman dari golongan palma yang tumbuh subur di daerah tropis, seperti Indonesia. Pohon lontar banyak sekali ditemukan di daerah Jawa, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Salah satu yang bisa dimanfaatkan dari tanaman lontar ini adalah buahnya. Buah lontar atau yang sering juga dikenal dengan nama siwalan bisa dijadikan sebagai minuman segar. Selain enak dan menyegarkan, manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh ternyata cukup banyak lho.

Buah lontar atau siwalan ternyata kaya dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Nutrisi dan vitamin di dalam buah lontar tersebut seperti, serat, kalsium, fosfor, kalium, protein, karbohidrat, seng, serta vitamin A, B, dan C. Berkat kandungan tersebutlah yang membuat buah lontar kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah ragam manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh yang harus kalian tahu.

Ragam Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan

1. Mencegah Tubuh Mengalami Dehidrasi

Manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah memiliki khasiat mencegah dehidrasi di tubuh. Seperti yang kita tahu, tubuh yang mengalami dehidrasi akan berdampak buruk pada kesehatan. Tubuh yang mengalami dehidrasi biasanya menimbulkan beberapa gejala, seperti lemas, terasa lelah, bibir kering, dan juga kurang bersemangat. Tubuh yang mengalami dehidrasi biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan terhadap tubuh.

Selain minum air putih, untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi bisa juga dengan memanfaatkan buah lontar atau siwalan. Diketahui buah lontar punya kandungan air yang sangat banyak, jumlahnya bahkan mencapai 90 persen. Mengonsumsi buah lontar secara rutin akan mampu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Dengan begitu, dehidrasi tidak akan lagi kamu alami.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain mencegah dehidrasi, buah siwalan atau buah lontar ternyata punya khasiat merawat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, beberapa masalah pecernaan seperti diare dan sembelit bisa diatasi oleh buah lontar ini. Kamu cukup mengonsumsi buah lontar secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Mengonsumsi buah lontar secara rutin akan mencukupi kebutuhan serat di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, serat memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga dan memperlancar proses pencernaan. Tubuh yang kekurangan serat biasanya lebih mudah mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit atau juga diare.

3. Mengatasi Penyakit Diabetes

Diabetes menjadi salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat kita. Penyakit diabetes muncul diakibatkan oleh kadar gula darah di dalam tubuh yang tidak terkontrol. Penyebabnya biasanya dari jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang kurang baik, semakin memperparah kondisi tersebut. 

Agar lebih mudah mengontrol gula darah, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah lontar atau siwalan secara rutin. Buah lontar diketahui mempunyai jumlah kandungan glikemia yang cukup rendah, sehingga membuatnya lebih mampu mengendalikan kadar gula darah. Selain buahnya, akar tanaman lontar juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati diabetes dikarenakan punya kandungan yang sama.

4. Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan, buah lontar juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Di dalam buah lontar terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, di mana kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Dampak dari radikal bebas jika tidak dilawan salah satunya adalah membuat sel-sel kulit menjadi rusak, sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti, penuaan dini, muncul jerawat dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mendapatkan manfaat buah lontar bagi kesehatan kulit yakni dengan mengonsumsinya secara rutin. Selain mudah, cara ini juga diklaim sangat efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

5. Sebagai Sumber Energi

Manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa menjadi sumber energi tubuh. Buah lontar cukup baik dalam memberikan energi baik untuk tubuh sehingga membuatnya tetap kuat dan bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas.

Untuk bisa mendapatkan energi tubuh yang maksimal, gula menjadi salah komponen penting yang harus dipenuhi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah lontar atau siwalan memiliki kandungan gula yang cukup rendah. Meski begitu, buah tersebut sudah cukup untuk dijadikan sebagai sumber energi untuk tubuh.

6. Sebagai Antibiotik

Untuk mendapatkan antibiotik bukan hanya dari jenis obat-obatan kimia saja. Buktinya buah lontar atau buah siwalan ini juga bisa menjadi antibiotik alami bagi tubuh. Manfaat tersebu didapatkan dari kandungan enzimdi yang ada di dalam buah lontar.

Kandungan tersebut diklaim cukup efektif dalam melawan dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Mikroorganisme ini sendiri seperti virus dan juga bakteri penyebab penyakit. Mengonsumsi buah lontar secara rutin akan merangsang kinerja probiotik agar labih maksimal dalam melawan bakteri jahat yang menyerang.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Dan manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah berkhasiat untuk meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sperma para pria. Kebanyakan pasangan sulit mendapatkan momongan dikarenakan kualitas sperma pria yang bisa dibilang buruk. Selain itu, kuantitas sperma juga menjadi hal lain yang semakin memperparah kondisi tersebut.

Jika hal tersebut juga sedang kamu alami, cobalah untuk rutin mengonsumsi  buah lontar secara rutin. Buah lontar diklaim mampu meningkatkan kesuburan seorang pria dengan cara memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma seorang pria.

Itulah tadi beberapa manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Ternyata dibalik kesegarannya ketika dijadikan minuman, buah lontar menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini