7 Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan Tubuh

0
1538
Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan
Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan jenis tanaman satu ini. Sebenarnya, kalian yang hidupnya di pedesaan yang masih terjaga alamnya sering menjumpai tanaman ini. Hanya saja mungkin tidak mengetahui nama asli dari tanaman tersebut. Kalikiria merupakan jenis tanaman perdu yang masih masuk dalam keluarga polong-polongan. Orang-orang juga sering menyebut tanaman ini dengan nama tumbuhan gamal. Tahukah kamu, manfaat daun kalikiria untuk kesehatan ternyata cukup banyak, lho?

Ya, selain bermanfaat sebagai tanaman pelindung bagi perkebunan teh dan cokelat, tanaman satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Berbagai jenis penyakit bisa diatasi dengan mudah dengan memanfaatkan daun dari tanaman pagar hidup satu ini. Informasi selengkapnya mengenai manfaat daun kalikiria bagi kesehatan tubuh, bisa kamu simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman kalikiria ini sendiri punya nama ilmiah Gliricidia sepium atau orang-orang mengenalnya dengan sebutan tanaman gamal. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tanaman satu ini juga berguna sebagai pelindung dari perkebunan teh atau cokelat. Ini karena tanaman satu ini memiliki kemampuan untuk membasmi alang-alang yang sering merusak tanaman di perkebunan.

Tidak hanya itu, tanaman kalikiria juga bisa hidup dengan baik meskipun di lahan yang gersang. Pertumbuhannya sangat cepat, tidak jarang juga daun dari tanaman ini digunakan sebagai pakan ternak. Selain manfaat tersebut, daun kalikiria khususnya punya khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat ini tentu tidak terlepas dari kandungan zat alami yang ada di dalam tanaman tersebut. Adapun manfaat daun kalikiria untuk kesehatan tubuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengobati Batuk

Manfaat daun kalikiria untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menyembuhkan batuk dengan cepat dan efektif. Khususnya batuk berdahak, dengan memanfaatkan daun dari tanaman perdu satu ini akan mampu membuatnya reda dengan cepat. Daun kalikiria akan meluruhkan dahak saat batuk dengan cepat dan segera, sehingga secepatnya bisa sembuh.

Saat batuk tentu kondisi ini akan membuat seseorang sangat tersiksa, apalagi jika intensitas batuk yang cukup sering membuat perut dan tenggorokan menjadi terasa sakit. Untuk memanfaatkan daun kalikiria sebagai obat batuk alami sangatlah mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun kalikiria kemudia dicuci bersih. Rebus bersama air secukupnya, kemudian diamkan hingga agak dingin. Minumlah air rebusan daun kalikiria tersebut untuk meredakan batuk berdahak yang kamu alami.

2. Sebagai Obat Nyeri Haid

Saat haid, rasa nyeri di bagian perut sering dialami oleh para wanita dan umumnya kondisi ini sangatlah menyiksa. Untuk meredakan nyeri haid, beberapa wanita biasanya akan mengonsumsi minuman yang dibeli dari toko atau supermarket. Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi minuman seperti ini. Lebih baik memilih obat tradisional yang terbuat dari bahan alami. Selain lebih aman, obat tradisional juga sangat ampuh dan efektif meredakan nyeri haid.

Salah satu obat tradisional untuk meredakan nyeri haid adalah daun kalikiria. Cukup kamu rebus beberapa helai daun kalikiria, kemudia minum air rebusannya. Air rebusan kalikiria memiliki kemampuan melancarkan haid dan juga mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

3. Mengatasi Nyeri pada Rematik

Rematik merupakan suatu kondisi yang mana terjadi peradangan dan pembengkakan pada bagian otot atau persendian sehingga menimbulkan rasa sakit yang amat menyiksa. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit rematik ini ternyata bisa diredakan dengan memanfaatkan daun dari tanaman kalikiria. Cara memanfaatkannya masih sama, yakni dengan meminum air rebusan daun kalikiria tersebut.

Daun kalikiria sendiri memiliki manfaatkan untuk meredakan nyeri pada rematik dikarenakan sifat antiinflamasi-nya. Bahkan ini sudah dibuktikan oleh sebuah penilitian medis, di mana sifat antiinflamasi dari daun kalikiria tersebut mampu mengurangi peradangan dengan cepat dan efektif.

4. Sebagai Obat Sakit Kuning

Manfaat daun kalikiria bagi kesehatan tubuh berikutnya yakni mampu mengobati penyakit kuning dengan sangat efektif. Penyakit kuning sendiri ditimbulkan akibat dari fungsi hati yang tidak lagi bekerja secara normal. Untuk menyembuhkan penyakit kuning tersebut tentunya kita harus menormalkan fungsi hati itu sendiri.

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit kuning tersebut adalah dengan mengonsumsi ramuan dari daun kalikiria. Cara membuatnya sangat mudah, cukup siapkan beberapa helai daun kalikiria kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk halus daun kalikiria tersebut, kemudian campurkan dengan air kelapa hijau dan saring airnya. Campurkan dengan madu agar rasanya lebih manis.

Baca Juga: 7 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Tahu

5. Melancarkan ASI

Ibu menyusui yang memiliki masalah ASI tidak lancar juga bisa memanfaatkan daun kalikiria untuk melancarkannya. Ya, daun kalikiria memiliki kemampuan untuk melancarkan produksi ASI dengan sangat efektif. 

Cara memanfaatkan daun kalikiria untuk melanacarkan ASI tidakla sulit. Cukup ambil beberapa helai daun kaliria kemudian cuci dan rebus bersama air secukupnya. Minumlah air rebusan daun kalikiria tersebut agar produksi ASI lebih lancar. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak minum air rebusan daun kalikiria. Rasanya yang agak pahit bisa saja menimbulkan efek sakit perut pada bayi.

6. Sebagai Obat Radang Tenggorokan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daun kalikiria memiliki sifat antiradang atau antiinflamasi sehingga mampu mengatasi berbagai jenis peradangan di tubuh. Salah satunya adalah radang tenggorokan yang biasanya menjadi kondisi yang sangat mengganggu si penderitanya. Radang tenggorokan yang dialami biasanya juga menjadi indikasi kalau daya tahan tubuh sedang menurun atau kurang fit.

Mengobati radang tenggorokan bisa dengan mengonsumsi air rebusan daun kalikiria ini. Dengan begitu peradangan di tenggorokan akan mampu diatasi dengan mudah dan efektif.

7. Mengatasi Anemia

Anemia atau kurang darah menjadi salah satu kondisi yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Menurunnya produksi sel darah merah membuat tubuh terasa sangat lemas, kurang bersemangat, pusing serta kondisi lainnya. Perlu obat peningkat produksi sel darah merah agar  anemia bisa segera diatasi dengan cepat dan efektif.

Salah satu cara untuk meningkatkan produksi sel darah merah adalah dengan memanfaatkan daun kalikiria. Siapkan daun kalikiria beberapa helai kemudia cuci bersih sebelum nantinya direbus dengan air secukupnya. Minumlah air rebusan daun kalikiria tersebut untuk mengurangi risiko anemia. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan zat besi yang ada di dalam daun kalikiria. Zat besi sendiri memang memiliki peran sangat penting dalam hal produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa manfaat daun kalikiria untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Artikel SebelumnyaCiri-ciri Orang Tidak Bisa Hidup Tanpa Pasangan, Kamu Termasuk?
Artikel Selanjutnya7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini