7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu

0
335
Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Koran.id – Buah plum merupakan salah satu jenis buah unik yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah yang punya warna kulit ungu, merah, hijau hingga kuning ini punya kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Tidak heran manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Mulai dari melangsingkan tubuh hingga mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Umumnya buah plum memiliki bentuk bulat dengan ukuran agak kecil, serta memiliki daging buah berwana kuning, merah muda hingga oranye. Untuk soal rasa, buah plum punya rasa yang manis dan asam bercampur manjadi satu. Mengonsumsi buah plum secara rutin tentu akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Informasi selengkapnya mengenai manfaat buah plum bagi kesehatan bisa kamu simak di bawah ini.

Table Of Contents

7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu

Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan
Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Buah plum ini sendiri termasuk jenis buah yang masuk dalam keluarga Rosaceae. Lebih dikenal dengan buah terbaik untuk menyukseskan program diet, ini karena kemampuannya yang sangat bagus dalam menurunkan berat badan. Selain itu, buah plum juga mampu mengatasi berbagai penyakit serius berkat kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya, seperti Alzheimer, Diabetes, hingga penyakit kanker.

Kandungan nutrisi lain juga terdapat dalam buah kaya khasiat satu ini, di antaranya kalium, magnesium, fosfor, kalsium, folat, vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin K. Adapun manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh, antara lain:

Manfaat buah plum untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Karena itulah, khusus untuk kalian yang sedang menjalankan program diet atau penurunan berat badan sangat direkomendasikan mengonsumsi buah satu ini. Khususnya buah plum merah yang diklaim lebih bagus dan efektif untuk program diet.

Karena kemampuannya ini, para penderita obesitas juga sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Dari sebuah penelitian yang dilakukan, penderita obesitas yang mengonsumsi buah plum akan membantunya melawan sindrom metabolik. Buah plum sendiri mengandung flavonoid dan beberapa komponen fenolik, di mana kandungan ini punya efek antiobesitas dan juga antiinflamasi pada sel lemak.

2. Baik bagi Penderita Diabetes

Selain mengatasi obesitas, buah plum juga memiliki kemampuan untuk mengontrol diabetes. Manfaat ini didapat dari efek antihiperglikemik yang dimiliki oleh buah manis dan asam satu ini. Penderita diabetes sangat disarankan mengonsumsi buah plum agar gula darah dan trigliserida di dalam tubuhnya semakin menurun.

Di dalam buah plum juga terdapat kandungan flavonoid yang akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan juga memberi perlindungan terhadap retensi insulin. Untuk mendapatkan manfaat buah plum sebagai pengontrol diabetes sangat mudah. Bisa dengan memakan buahnya secara langsung atau juga dengan mengonsumsi ekstrak buah tersebut.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah plum juga punya efek yang baik dalam melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Ini karena buah plum termasuk jenis buah kaya serat alami. Khususnya buah plum merah, kandungan serat yang ada di dalamnya sangatlah tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar juga ada hubungannya dengan program diet, di mana mengonsumsinya secara rutin akan membuat tubuh lebih langsing dalam waktu cepat.

Dalam sebuah penilitian yang dilakukan, ditemukan di dalam buah plum terdapat kandungan kadar sorbitol dan isatin. Kedua kandungan tersebut mampu meregulasi saluran pencernaan sehingga berbagai risiko gangguan pencernaan akan diminimalkan. Misalnya saja sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah plum untuk tubuh berikutnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Sistem imun tubuh yang kuat tentu akan mencegah tubuh mengalami sakit atau masalah kesehatan lainnya.

Tidak hanya itu saja, dalam sebuah penelitian ditemukan buah plum juga memiliki kandungan nitric oxide. Kandungan tersebut diklaim mampu menjadi penghalang bagi pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh.

5. Mencegah Penyakit Tulang

Mengonsumsi buah plum secara rutin juga akan membantu kamu mencegah penyakit tulang dan menghambat kerusakan jaringan di dalamnya. Salah satunya ada osteoporosis, yang mana penyakit ini sering diderita oleh wanita pascamenopause. Manfaat ini didapat dari kandungan flavonoid yang ada di dalam buah plum tersebut.

Usia yang semakin tua biasanya akan memberikan dampak menghilangnya kepadatan tulang. Dengan mengonsumsi buah plum secara rutin akan membantu mengembalikan kepadatan tulang yang telah hilang tersebut. Selain mengonsumsi buah plum dalam kondisi segar, buah plum kering juga punya efek yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Ini berkat kandungan plifenol dan kalium yang ada di dalamnya.

6. Memaksimalkan Produksi Sel Darah Merah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah plum juga kaya akan kandungan mineral penting di dalamnya. Mineral penting seperti besi dan tembaga di dalam buah plum punya efek baik dalam pembentukan sel darah merah. Tembaga khususnya, di mana kandungan mineral tersebut akan membantu penyerapan zat besi sehingga akan memaksimalkan produksi sel darah merah.

Selain itu, tembaga di dalam buah plum juga akan mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti anemia dan juga osteoarthritis. Tidak hanya membantu pembentukan sel darah merah, kandungan mineralnya tersebut juga memberikan efek sirkulasi darah yang sehat.

7. Sebagai Antioksidan

Dan manfaat buah plum bagi tubuh yang terakhir adalah membantu melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah plum akan mencegah kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal oksigen atau superoxide anion radicals.

Dengan begitu, berbagai risiko penyakit serius yang bisa disebabkan oleh rusaknya sel tubuh akan mampu diminimalkan dengan sangat baik. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kalian mengonsumsi buah plum secara rutin, khususnya buah plum merah.

Itulah tadi beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Ternyata selain baik untuk program penurunan berat badan, buah plum juga punya khasiat yang lain. Mulai sekarang rutinlah mengonsumsi buah plum, baik dalam kondisi buah masih segar, bauh plum kering atau dalam bentuk ekstraknya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Artikel Sebelumnya7 Manfaat Daun Kalikiria untuk Kesehatan Tubuh
Artikel Selanjutnya7 Jenis Shuttlecock yang Paling Bagus untuk Badminton
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini