10 Jenis Oleh-oleh Khas Madura yang Wajib Dibawa Pulang

0
1272
Jenis Oleh-oleh Khas Madura
Jenis Oleh-oleh Khas Madura

Koran.id – Madura dijuluki sebagai Pulau Garam, dikarenakan Pulau Madura menjadi salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia khususnya. Selain kaya akan hasil garamnya, Pulau Madura juga menyimpan pesona alam yang sangat menakjubkan. Tidak heran banyak wisatawan yang memilih berkunjung ke Pulau Madura sebagai tujuan liburan mereka. Jika kebetulan kamu berkunjung ke Madura, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berbicara jenis oleh-oleh khas Madura, ada banyak sekali macamnya. Mulai dari kuliner, cemilan hingga aksesoris fashion khas pulau tersebut.

Membawa oleh-oleh sepulang dari suatu tempat atau kota memang wajib hukumnya. Selain sebagai kenang-kenangan atau bukti kamu sudah berkunjung kesana, juga untuk diberikan kepada kerabat dekat atau tetangga. Adapun jenis oleh-oleh khas Pulau Madura selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

10 Jenis Oleh-oleh Khas Madura yang Paling Populer dan Terkenal

1. Kain Batik Sumenep

Kain Batik Sumenep
instagram.com/batikcantikmadura

Salah satu jenis oleh-oleh khas Madura yang wajib untuk kamu bawa pulang yang pertama adalah kain batik khas Sumenep. Berbeda dengan kain batik pada umumnya, corak yang ditampilkan di batik Sumenep punya ciri khas tersendiri. Selain itu, batik sumenep umumnya penuh dengan corak serta dengan kombinasi warna yang bervariasi. Apalagi jika sudah dijadikan sebuah pakaian, hasilnya sangat memukau dan bisa menunjang penampilan kece kamu.

Batik Sumenep sendiri memang sudah cukup terkenal di Indonesia khususnya. Coraknya yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, khususnya mereka yang pecinta batik nasional. Jika kebetulan kamu berkunjung ke Sumenep, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh batik Sumenep ini. Harganya tidak terlalu mahal kok, hanya sekitar Rp 200 ribuan saja. Harga tersebut ditentukan pula oleh corak dan bahan dari kain batiknya.

2. Buah Siwalan

Buah Siwalan
instagram.com/aura_tg

Selanjutnya adalah buah siwalan atau yang sering juga dikenal dengan nama buah ta’al. Buah siwalan ini sendiri merupakan buah dari tanaman sejenis palma yang banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Indonesia sendiri, buah siwalan ini cukup banyak ditemukan di Pulau Madura. Buah siwalan punya rasa yang manis dan menyegarkan, sangat cocok untuk menangkal dehidrasi.

Selain dikonsumsi secara langsung, siwalan biasanya juga diolah menjadi minuman yang dikenal juga dengan sebutan legen siwalan. Di Pulau Madura, legen siwalan banyak ditemui di pesisir pantai di Sumenep. Tidak hanya menyegarkan, buah siwalan ternyata juga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Sambal Petis

Sambal Petis
instagram.com/dessydeanty

Bagi kamu pecinta petis, wajib membawa pulang sambal petis khas Pulau Madura sebagai oleh-oleh. Sambal petis khas Madura punya cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan sambal petis pada umumnya. Saat disantap, akan memberikan bau ikan yang khas serta dengan rasa gurih dan asin. Saat pertama kali mencobanya pasti membuatmu langsung ketagihan.

Tidak hanya dari cita rasanya yang enak, tekstur serta warna dari sambal petis khas Madura juga berbeda. Sambal petis khas Madura cenderung memiliki warna kecokelatan, berbeda dengan petis jawa yang berwarna hitam pekat. Sambal petis khas Madura paling cocok dijadikan campuran untuk rujak Madura atau bisa juga dimakan langsung bersama nasi.

4. Terasi Udang

Terasi Udang
instagram.com/jaddidstore

Madura juga sangat terkenal dengan kekayaan lautnya yang melimpah. Dari hasil lautnya tersebut, masyarakat Madura mencoba untuk mengolahnya menjadi berbagai macam olahan, salah satunya adalah terasi. Terasi khas Madura memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, paling nikmat saat dijadikan campuran untuk sambal.

Dari beberapa macam olahan terasi khas Pulau Madura, terasi udang menjadi yang paling banyak diminati. Terasi udang dari Madura punya cita rasa yang nikmat dan berbeda dengan terasi khas Pulau Jawa lainnya. Jadi, tidak salah untuk membeli terasi udang untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang dari pulau yang juga terkenal dengan tradisi kerapan sapinya tersebut.

5. Otok

Otok
instagram.com/gb_ully

Otok juga menjadi salah satu jenis oleh-oleh khas Pulau Madura yang wajib untuk dibawa pulang. Otok sendiri merupakan sebutan untuk tanaman kacang-kacangan yang diolah menjadi cemilan khas. Otok biasanya diolah dengan cara digoreng hingga agak mengeras. Biasanya juga dicampur dengan garam atau penyedap rasa agar cita rasanya semakin nikmat.

Cemilan otok ini dibungkus dalam kemasan  plastic sehingga lebih praktis untuk dijadikan oleh-oleh. Selain rasa gurih dan asin, otok biasanya juga tersedia dalam varian rasa lain, seperti rasa pedas, manis dan lain sebagainya. Saat pertama kali mencobanya, kamu akan langsung ketagihan dan tidak mau berhenti mengunyah.

6. Maco

Maco
skyearthworld.blogspot.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Madura yang cocok untuk dibawa pulang berikutnya adalah Maco. Maco juga menjadi salah satu cemilan khas Madura yang cukup terkenal dan sering dijadikan buruan para wisatawan. Maco ini sendiri terbuat dari beras ketan yang punya cita rasa renyah dan empuk saat digit.

Cemilan ini biasanya diolah dengan diberi campuran gula merah untuk menciptakan rasa manis yang khas. Rasanya yang manis dan renyah membuat kamu ketagihan dan ingin mencobanya terus-menerus. Tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, maco juga disukai oleh remaja hingga dewasa.

7. Rengginang Lorjuk

Rengginang Lorjuk
instagram.com/gb_ully

Rengginang merupakan salah satu cemilan sejuta umat yang banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Namun berbeda dengan jenis rengginang yang ada di Pulau Madura satu ini. Dikenal dengan nama rengginang lorjuk, cemilan satu ini punya bentuk yang unik serta cita rasa yang beda dari rengginang lainnya.

Rengginang lorjuk terbuat dari campuran ikan yang membuat cita rasanya menjadi lebih gurih dan renyah. Selain itu, bentuknya dibuat cukup unik yakni lebih mirip seperti gelas kecil. Biasanya rengginang lorjuk dijual dalam keadaan masih mentah dan dibungkus plastik rapi. Untuk mengonsumsinya kamu perlu menggorengnya terlebih dahulu. Rengginang lorjuk paling pas dijadikan teman saat santai bersama keluarga.

8. Petis Madura

Petis Madura
instagram.com/jastipoleholehsby_

Jenis oleh-oleh khas Madura yang paling terkenal berikutnya adalah olahan petis. Berbeda dengan sebelumnya yang diolah menjadi sambal, kali ini masih dalam bentuk petis asli. Petis khas Madura ini umumnya dibuat dari bahan dasar ikan dan udang, dan biasanya disediakan dalam kemasan botol plastik kecil.

Petis Madura punya tekstur kental dan berwarna cokelat mudah serta dengan cita rasa gurih dan asin bercampur menjadi satu. Petis ini sendiri paling pas dijadikan sebagai campuran rujak atau sambal, bisa juga disantap langsung bersama nasi. Selain rasanya yang nikmat, petis khas Madura ini biasanya juga dibanderol dengan harga murah sehingga kamu bisa membeli dalam jumlah banyak tanpa takut kantong jebo.

9. Teri Krispi

Teri Krispi
instagram.com/griyabayisembada

Pilihan oleh-oleh dari Madura yang wajib dibawa pulang berikunya adalah teri krispi. Sesuai dengan namanya, cemilan satu ini terbuat dari ikan teri kecil-kecil yang digoreng kering hingga menjadi krispi. Sebelumnya teri dicampur dengan bumbu khusus dan ditabur ke tepung terlebih dahulu.

Teri krispi sangat pas dijadikan cemilan saat santai bersama anggota keluarga. Tersedia dalam beberapa varian rasa, kamu bisa memilih rasa mana saja yang paling kamu suka. Biasanya juga cemilan teri krispi dibungkus dalam toples kecil sehingga lebih mudah untuk dibawa pulang.

10. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan
bukalapak.com

Ikan menjadi salah satu hasil laut Pulau Madura yang paling banyak. Tidak heran ada banyak sekali jenis olahan berbahan dasar ikan yang bisa ditemukan di Pulau ini. Salah satunya yang juga wajib untuk dijadikan oleh-oleh adalah kerupuk ikan.

Kerupuk ikan punya cita rasa yang gurih, renyah dan bikin ketagihan bahkan saat pertama kali menyantapnya. Karena terbuat dari bahan dasar ikan, sudah pasti saat menyantapnya akan tercium aroma ikan yang sangat khas. Berbeda dengan kerupuk ikan pada umumnya, kerupuk ikan Khas Madura ini biasanya dibentuk layaknya kepangan rambut yang unik. Biasanya juga cemilan ini dibungkus dalam wadah plastik sehingga lebih praktis untuk dibawa pulang. Harganya tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 50 ribuan perbungkus. Jadi, kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak tanpa takut kehabisan uang.

Itulah tadi beberapa jenis oleh-oleh khas Madura yang wajib kamu pilih dan dibawa pulang. Beberapa jenis oleh-oleh di atas bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh yang ada di sana.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini