10 Tempat Wisata di Samarinda yang Instagramable Banget

2388

Koran.id – Kalimantan Timur sangat terkenal dengan pesona alamnya yang masih asri dan terjaga. Beberapa tempat wisata alam tersebar di sana, salah satunya yang menjadi favorit wisatawan adalah wisata yang ada di Samarinda. Samarinda sendiri merupakan salah satu kota terbesar di Kaltim dengan luas mencapai 718 Km2. Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kaltim juga punya banyak sekali tempat wisata menarik. Tempat wisata di Samarinda juga ada yang mengusung konsep kekinian dan instagramable banget.

Tempat wisata instagramable seperti ini sangat disukai oleh kalangan muda-mudi, khususnya mereka yang suka berburu foto kekinian. Tidak hanya wisata alam saja yang menarik dikunjungi saat datang ke Samarinda, tapi juga ada objek wisata lain seperti, wisata budaya, sejarah, dan destinasi hiburan seru lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai rekomendasi tempat wisata di Samarinda bisa kalian simak di bawah ini.

10 Tempat Wisata di Samarinda yang Instagramable Banget

1.  Air Terjun Pinang Seribu

instagram.com/mairiramuhammad

Pilihan tempat wisata di Samarinda yang paling ramai dikunjungi yang pertama adalah Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun satu ini punya pesona alam yang menakjubkan dengan air terjunnya yang sangat jernih dan dingin. Dihiasi pula dengan bebatuan padas serta pepohonan hijau yang menjadikan suasana di tempat ini semakin asri.

Berkunjung ke tempat ini kami bakalan bisa merasakan ketenangan dan keseruan sekaligus. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, mulai dari gazebo, tempat parkir, hingga wahana permainan perahu bebek. Akses jalan menuju Air Terjun Pinang Seribu juga sudah diperbaiki sehingga sangat nyaman dilewati.

Lokasi: Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75127

2. Bendungan Benanga Lempake

instagram.com/hrdy_aldisyah

Khusus untuk kamu yang sedang mencari tempat yang tenang untuk merefresh otak, Bendungan Benanga Lempake bisa kamu jadikan pilihan. Warga setempat juga menyebutnya sebagai Waduk Benanga. Pemandangan di sini sangat bagus, apalagi hanya untuk sekedar dijadikan sebagai background foto. Lebih cantik lagi saat menjelang petang, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

Fasilitas di Bendungan Benanga Lempake ini juga terbilang lengkap, mulai dari tempat parkir luas hingga beberapa penjual makanan dan juga minuman tersedia di sana. Akses jalan menuju ke tempat ini juga sangat mudah dan nyaman. 

Lokasi: Lempake, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75121

3. Jembatan Mahakam

instagram.com/sitoshidjalalii

Tempat wisata di Samarinda yang instagramable selanjutnya adalah Jembatan Mahakam. Jembatan satu ini dibuat di atas Sungai Mahakam yang merupakan sungai terbesar di Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini sendiri menjadi penghubung antara kawasan Kota Samarinda dengan wilayah Kecamatan Samarinda di seberangnya.

Jembatan ini sebenarnya sudah dibangun sejak lama, dan menjadi tempat favorit bagi muda-mudi kekinian yang ingin mengabadikan foto unik. Yang semakin membuat Jembatan Mahakam ini semakin unik adalah dengan adanya tulisan “MAHAKAM”raksasa yang ada di tengah-tengah tiang jembatan.

Lokasi: Jalan Jembatan Mahakam, Sungai Keledang, Samarinda Seberang, Kota Samarinda

4. Bukit Batu Putih

Tribunnews.com

Wisata Bukit Batu Putih juga sempat viral dan menjadi pembicaraan hangat di berbagai media. Tempat ini viral karena keberadaan batu puith yang cukup besar dengan bentuknya yang unik. Bukit Batu Putih ini juga menjadi bukti sejarah Kota Samarinda yang harus tetap dilestarikan. Karena keunikannya tersebut, batu putih tersebut sering dijadikan spot foto favorit untuk mengabadikan momen.

Berada di tempat ini kamu juga bisa merasakan ketenangan, karena suasananya yang menenangkan. Berkunjung bersama teman atau gebetan pasti lebih seru lagi, kamu bisa nembak si doi di tempat ini. Bakal menjadi momen yang tidak bakal terlupakan jika cintamu diterima si doi.

Lokasi: Batu Putih, Samarinda, Kalimantan Timur

5. Mahakam Lampion Garden

instagram.com/han_han_7789

Tempat wisata di Samarinda satu ini bisa kamu jadikan refrensi wisata malam saat berada di sana. Wisata dengan konsep lampion seperti ini memang sedang hits dan menjadi tren di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Samarinda ini. Kamu akan disuguhkan berbagai bentuk lampion yang unik, mulai dari hewan, tumbuhan, dan masih banyak lagi.

Mengabadikan foto kekinian dengan background taman lampion pastinya sangat menarik dan bisa mendatangkan banyak like. Suasana malam di tempat ini cukup sejuk dan seru pastinya. Apalagi mengunjunginya bareng pasangan, suasana romantis pasti sangat mudah tercipta.

Lokasi: Jl. Slamet Riady No.75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

6. Kolam Wisata Tjiu’s Palace

jalanwisata.id

Kolam Wisata Tjiu’s Palace menjadi salah satu tempat wisata di Samarinda yang berkonsep unik dan menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai spot menarik dan kekinian banget, mulai dari jembatan, taman, hingga spot perahu unik dengan berbagai bentuk.

Kamu bisa menyewa perahu air unik untuk bisa mengabadikan momen seru dan menyenangkan. Naik perahu bersama pasangan juga menjadi momen romantis tersendiri yang pastinya susah untuk dilupakan. Tiket masuk ke tempat ini juga tidak terlalu mahal, yakni hanya Rp 15 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75115

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bontang yang Paling Hits dan Rekomended Banget

7. Jungle Water World

Travelingyuk.com

Wisata satu ini khusus untuk kamu yang suka sekali dengan wahana permainan air. Ya, wisata Jungle Water World merupakan wahana permainan air dengan banyak sekali fasilitas seluncuran seru. Kamu bisa mencoba satu persatu wahana seluncuran yang disediakan di sana.

Tempatnya juga sangat asri karena banyaknya tumbuhan hijau yang dilestarikan di tempat ini. Wisata seperti ini lebih seru lagi dikunjunginya bersama keluarga tercinta. Abadikan momen seru bersama keluarga di wisata Jungle Water World ini.

Lokasi: Km. 24, Guntunglai, Jalan Bontang – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75117

8. Masjid Islamic Center Samarinda

instagram.com/sandysetiawanss

Tempat wisata di Samarinda satu ini lebih cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin mengenal islam yang lebih mendalam. Masjid Islamic Center Samarinda merupakan masjid terbesar dan termegah kedua di Asia Tenggara. Bisa dibayangkan sendiri betapa megahnya masjid di Samarinda ini.

Masjid Islamic Center Samarinda ini sendiri punya luas bangunan utama 43.500 meter persegi dan bangunan penunjang seluas 7.115 meter persegi. Yang unik dari masjid ini adalah adanya 7 menara unik, dengan menara utama tingginya mencapai 99 meter. Tingginya mencapai 99 meter ternyata memiliki makna tersendiri yakni menggambarkan Asmaul Husna yang jumlahnya juga 99. Karena hal tersebut, banyak yang menyebutnya sebagai menara Asmaul Husna.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

9. Teluk Lerong Garden

instagram.com/callmequina

Tempat wisata di Samarinda yang tidak kalah unik dan menarik untuk dikunjungi adalah Teluk Lerong Garden. Teluk Lerong Garden ini sendiri merupakan ikon baru Kota Samarinda dan menjadi tempat paling hits sekarang ini.

Tulisan Teluk Lerong Garden terpampang jelas dengan diberi lampu yang semakin menambah keunikannya saat malam hari. Beberapa pengunjung sering juga mengabadikan foto di spot unik satu ini. Dengan adanya spot tersebut semakin membuat kota Samarinda semakin indah saat malam hari.

Lokasi: Jl. RE Martadinata, Tlk. Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75128

10. Desa Budaya Pampang

sukmaap.student.umm.ac.id

Desa Budaya Pampang menjadi salah satu tempat wisata budaya paling hits dan juga ramai dikunjungi wisatawan.  Berkunjung ke tempat ini tidak hanya seru, melainkan juga bisa mengedukasi pengunjungnya. Kamu bisa lebih tahu mengenai Suku Dayak yang merupakan  suku asli Kalimantan.

Beberapa spot menarik bisa kamu temukan di tempat ini, mulai dari rumah Lamin khas suku Dayak, lokasi pertunjukan tarian dayak kenyah, hingga tempat untuk oleh-oleh khas di sana. Berkunjung ke tempat ini pasti akan membuat pengunjung merasa senang dan menjadi momen paling tidak terlupakan.

Lokasi: Jl. Dahlia No. 69, Sungai Siring, Samarinda Ulu, Sungai Siring, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Samarinda yang paling hits dan seru untuk dikunjungi. Masukkan beberapa tempat wisata di atas ke list kunjunganmu saat akan liburan ke Samarinda. Jangan lupa siapkan perbekalan yang lengkap agar momen liburan lebih menyenangkan dan berkesan.

Artikel SebelumnyaAda yang Mirip Tas, Ini Dia Laptop Berdesain Unik dan Aneh yang Harus Kamu Tahu
Artikel Selanjutnya10 Tempat Wisata di Bontang yang Paling Hits dan Rekomended Banget
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini