7 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Tubuh Beserta Pengolahannya

0
144

Koran.id – Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya hidup di tempat yang beriklim panas dan kering. Tanaman kaktus juga memiliki beberapa jenis, mulai dari yang berukuran mini hingga besar. Di Indonesia, tanaman kaktus juga banyak tumbuh dan seringkali dijadikan sebagai tanaman hias di dalam maupun luar rumah. Tetapi tahukah kamu, manfaat kaktus untuk kesehatan tubuh ternyata banyak lho? 

Kaktus yang identik dengan duri-duri di batangnya punya beberapa kandungan nutrisi yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman kaktus tersebut di antaranya, kalori, karbohidrat, lemak, protein, gula, fiber, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan juga kalsium. Dari kandungan nutrisi tersebutlah membuat kaktus punya efek baik jika dikonsumsi.

Ragam Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kaktus untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter bernama Dr. Swapan Banerjee yang dibuktikan melalui penelitian yang dilakukannya. Kandungan alami dalam kaktus bisa menjadi agen hipoglikemik untuk pengobatan diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Kaktus sendiri mampu menekan jumlah penyerapan gula yang ada di lambung dan usus berkat kandungan serat dan pektin yang ada di dalamnya. Selain itu, kaktus juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga nantinya bisa memberikan proteksi bagi hati dan oksidasi.

Selain baik untuk penderita diabetes, tanaman kaktus juga punya efek baik bagi penderita kolesterol tinggi. Kaktus dengan kandungan baik yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. selain itu, kesehatan jantung juga akan lebih dijaga sehingga terhindar dari berbagai masalah.

Manfaat kaktus yang bisa menurunkan kadar kolesterol ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Wina. Mereka memanfaatkan sekitar 68 wanita Prancis untuk mengonsumsi kaktus. Dari hasil tersebut ditemukan kadar kolesterol dan kadar trigliserida yang ada dalam tubuh para wanita tersebut menurun hanya dalam waktu 4 minggu saja atau sekitar 1 bulan.

3. Baik untuk Program Diet

Apa kamu saat ini sedang menjalani program penurunan berat badan? Jika benar, memilih tanaman kaktus bisa menjadi pilihan paling tepat. Pasalnya, kaktus dipercaya mampu menurunkan berat badan secara efektif dan aman pastinya. Tidak hanya itu saja, dalam menurunkan berat badan kaktus juga tidak mengurangi mineral tubuh serta bersifat antioksidan yang baik.

Hanya saja, penelitian yang dilakukan masih menggunakan objek tikus sebagai percobaannya. Dalam penelitian tersebut tikus diberi ekstrak kaktus sebanyak 20 ml selama kurang lebih satu minggu. Ditemukanlah hasil di mana tikus yang diberi ekstrak kaktus tersebut memiliki penurunan berat badan hingga 20%. Masih perlu penelitian lebih lanjut lagi untuk bisa memastikan tanaman kaktus baik untuk program diet.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kaktus untuk kesehatan tubuh lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu membuat sistem pencernaan lebih lancar dan terhindar dari berbagai gangguan. Manfaat ini tidak lain didapat dari kandungan serat tinggi yang ada di dalam tanaman kaktus. Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya mampu mempertahankan air dan meningkatkan kecepatan pergerakan usus.

Mengonsumsi kaktus atau ekstrak kaktus tentunya akan menurunkan risiko gangguan pencernaan seperti, diare, sembelit, sakit perut dan lain sebagainya. Masih ragu dengan khasiat tanaman kaktus tersebut?

5. Sebagai Obat Anti-Kanker

Kanker hingga saat ini masih menjadi salah satu jenis penyakit mematikan yang paling susah untuk ditangani. Munculnya sel kanker disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam melawan radikal bebas. Tanaman kaktus dengan sifat antioksidannya mampu melawan radikal bebas agar tidak menyerang sel-sel penting dalam tubuh.

Hal ini juga sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 lalu. Tim peneliti menemukan fakta bahwa ekstrak kaktus memiliki efek menghambat terhadap pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kaktus juga mampu melindungi sel-sel sehat dalam tubuh sehingga mampu mengurangi dominasi sel-sel kanker.

6. Menjaga dan Melindungi Sel Otak

Seperti dijelaskan sebelumnya, tanaman kaktus memiliki beberapa jenis dan salah satunya adalah Nopal Kaktus. Jenis kaktus satu ini dipercaya punya kemampuan melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Khasiat ini didapat dari kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam Nopal Kaktus tersebut.

Pernyataan ini semakin diperkuat melalui sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 lalu. Di dalam Nopal Kaktus ditemukan kandungan flavonoid anti-oksidatif, di mana kandungan tersebut punya efek baik dalam melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

7. Penetral saat Mabuk Alkohol

Dan khasiat kaktus bagi kesehatan tubuh yang terakhir yaitu mempu menetralkan serta mengurangi efek mabuk alcohol. Manfaat ini didapat dari kandungan nutrisi baik serta antioksidan yang ada di dalamnya.

Hal ini juga sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Ilmu Kesehatan Tulane di New Orleans, La di tahun 2004 lalu. Penilitian tersebut melibatkan 5 orang laki-laki dewasa. Mereka meminum ekstrak kaktus 5 jam sebelum mereka meminum alcohol sebanyak 5 hingga 7 botol. Hasilnya, mereka tidak merasakan efek mabuk berat seperti biasanya.

Cara Mengolah Kaktus untuk Mengambil Manfaatnya

Cara Mengolah Kaktus
Cara Mengolah Kaktus

Selain berbicara manfaat tanaman kaktus bagi kesehatan, perlu kamu tahu juga bagaimana cara pengolahannya. Dengan begitu, manfaat dari kaktus tersebut bisa didapat secara lebih maksimal. Adapun pengolahan kaktus untuk diambil manfaatnya, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, di antaranya 2 Nopal Kaktus (bersihkan terlebih dahulu), 4 buah jeruk, 1 buah lemon, dan secangkir air kelapa.
  2. Potong-potong kaktus nopal tadi, kemudian peras buah jeruk dan lemon dan campurkan semua bahan di dalam sebuah wadah.
  3. Haluskan semua bahan dengan cara diblender selama beberapa menit atau hingga halus.
  4. Sekarang jus kaktus sudah siap untuk diminum.

Itulah tadi beberapa manfaat kaktus bagi kesehatan tubuh dan cara untuk mengolahnya. Tanama kaktus ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias di rumah saja, melainkan juga bisa menjadi minuman sehat bagi tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini