10 Tempat Wisata Baru di Dieng yang Paling Hits Wajib Dikunjungi

0
571

Koran.idDieng yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, menjadi salah satu kawasan vulkanik aktif yang letaknya berada di antara gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Menariknya ketika ke Dieng bisa melihat pemandangan yang eksotis dari ketinggian puncak, sekaligus kamu bisa ke tempat wisata baru di Dieng yang paling hits wajib dikunjungi.

Di samping Dieng keindahan alamnya yang luar biasa, namun ternyata mempunyai wisata sejarah dan budaya yang terkenal. Sehingga tak heran jika pengunjung yang sedang liburan di Dieng tertarik untuk bisa dijadikan referensi dan sekaligus menjadi sangat populer saat ini. nah buat kamu yang merencanakan liburan di Dieng jangan khawatir untuk mencari rekomendasi obyek wisata, langsung saja yuk simak selengkapnya di bawah ini :

10 Tempat Wisata Baru di Dieng yang Paling Hits Wajib Dikunjungi

1. Wisata Bukit Sikunir

instagram.com/defit_riyan

Yang pertama, tempat wisata paling diminati oleh wisatawan yaitu bukit sikunir, lokasi wisata ini memang untuk melihat sunrise di pagi hari yang cerah. Selain itu di atas ketinggian bukit sikunir sebagai lokasi yang strategis dan dipercaya untuk bisa menyaksikan golden sunrise terbaik se Asia Tenggara.

Ketinggian puncak bukit Sikunir mencapai 2.263 Mdpl, selain kamu bebas menikmati keindahan alam sekitar suhu di puncak bukit Sikunir begitu dingin. Lokasinya letak bukit Sikunir berada di Timur Sembungan, Kaecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo dan di gadang-gadang wilayah itu sebagai desa tertinggi se Nusantara.

2. Wisata Bukit Scooter Dieng

instagram.com/dockyiwin

Berikutnya destinasi wisata bukit scooter telah banyak diminati oleh wisatawan, tak hanya itu pemandangan indah ketika kamu mencapai bukit pasti akan takjub akan view yang eksotis. Buat kalian yang hobi banget berfoto ada baiknya untuk membawa kamera, tentu saja banyak sekali spot terbaiknya sekaligus diabadikan untuk mengisi story sosmed kamu.

Bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 2.200 Mdpl mempunyai tempat untuk bersantai yang di fasilitasi seperti gazebo sekaligus pengunjung bisa merasakan semilir angin yang sejuk. Buat kalian yang ingin menyaksikan view dimalam hari seperti lautan bintang, lebih baik menunggu momen pada cuaca cerah atau tidak mendung. Lokasi wisata bukit scooter sendiri berada di Desa WISATA Dieng Kulon, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara.

3. Wisata Telaga Warna

instagram.com/wisata_jateng

Salah satu wisata yang perlu kamu perhitungkan di Dieng, wisata telaga warna memang begitu populer, dengan tampilan pemandangan alamnya yang indah dan spot di kawasan telaga warna bisa diandalkan. Menariknya obyek wisata ini meski hanya terlihat telaga, namun warna airnya selalu berubah-ubah tergantung cuaca yang mempengaruhinya. Warna air telaga itu terkadang menampilkan seperti warna kebiruan, hijau, agak kemerahan dan warna lembayung.

Pengaruh dasar warna selain terjadi karena cuaca, juga terkena sinaran matahari yang mantul pada dasar telaga. Sehingga kondisi air pada permukaan sering memunculkan warna indah, terkadang air telaga tersebut tak jarang menjadi spot terbaik ketika di jadikan background belakang.

4. Wisata Sejarah Candi Dieng

instagram.com/wisatadieng.id

Komplek wisata yang menampilkan wisata sejarah dan budaya di Dieng, candi Dieng ini bekas dari peninggalan orang Hindu sampai sekarang masih terawat dengan baik. Di area tempat wisata Candi terdapat tiga kelompoknya seperti Candi Gatotkaca, Candi Arjuna dan Candi Dwarawati. Sedangkan Candi Bima bangunannya kokoh dengan tegak berdiri sendirian.

Aktivitas yang dilakukan di wisata candi ini selain mengabadikan momen bangunan sejarah, juga sekaligus menyaksikan even DCF (Dieng Culture Festival) setiap tahun selalu diselenggarakan. Lokasi wisata Candi Dieng terletak di Batur, Banjarnegara Jawa Tengah. bagi wisatawan yang datang ke Candi diharapkan untuk menjaga kebersihannya, karena Candi Arjuna masih aktif dijadikan tempat upacara umat Hindu.

5. Wisata Tuk Bimo Lukar

instagram.com/pdsasmita

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Dieng tidak mampir ke obyek wisata Tuk Bimo Lukar, lokasinya berada di Kejajar, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. menariknya wisata Tuk Bimo Lukar adalah air mata air yang titik airnya berasal dari Gunung Prahu, dari cerita dahulunya tempat sumber air ini sering dijadikan tempat suci Bimo.

Meski obyek wisata satu ini hanya sumber mata air saja, akan tetapi pengunjung selalu berdatangan untuk sekedar membersihkan muka. Karena air suci ini dipercaya untuk membuat awet muda, kepercayaan tersebut bukanlah dari masyarakat setempat yang berada di daerah kawasan wisata ini, namun dari story di masa lalunya.

6. Wisata Dieng Plateu Theater

instagram.com/laelatul_emmy.k

Jika kalian liburan ke Dieng maka jangan sampai obyek wisata satu ini terlewatkan, Dieng Plateu Theater merupakan tempat melihat sebuah film dan dokumenter mengenai Dieng. Film terkenalnya berjudul Bumi Khayangan Dieng Plateu Theater, dengan lama durasi waktu tayang sekitar 20 menit lamannya.

Seperti halnya pada bioskop pada umumnya, Dieng Plateu Theater bisa menampung pengunjung sebanyak 60 kursi. Selain itu aktifitas di dalam ruangan bioskop tak hanya sekedar menonton film menarik saja, akan tetapi juga menambah wawasan pengetahuan yang diangkat judul tersebut. Yang berbeda di Dieng Plateu Theater tempatnya sangat menarik kamu sebelum masuk ruangan bisa menikmati ruangan luar yang sangat sejuk sekali, lokasinya Dieng Plateu Theater terletak di Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

7. Wisata Air Terjun Sirawe

instagram.com/varidavalva

Dieng ternyata juga memiliki destinasi alam yang masih alami loh, wisata itu menyuguhkan sebuah curug atau yang dikenal air terjun bernama Sirawe. Suasana yang sejuk di kawasan air terjun Sirawe, sangat cocok untuk dijadikan refreshing. Tak heran jika wisata curug Sirawe selalu memikat para pengunjung yang ingin sekedar melepas penat.

Air terjun Sirawe memiliki ketinggian mencapai 80 meter, yang di sisi sampingnya dikelilingi bukit warna hijau karena masih banyak dedaunan yang tumbuh disitu. Aktifitas yang dilakukan ketika berada di air terjun pengunjung bisa sekedar cuci mata di area pancuran air yang sangat deras, sekaligus bisa sekedar membasahkan diri untuk menikmati dinginnya air dari dari sumber pegunungan.

8. Wisata Museum Kailasa

instagram.com/wisatasemarang

Museum Kailasa merupakan obyek wisata edukasi sekaligus tempat hiburan untuk para keluarga, lokasinya terletak di Dieng Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Banyak sekali hal yang menarik untuk bisa di temukan di tempat ini, berbagai macam bangunan sejarah seperti candi yang berasal dari kawasan dataran tinggi Dieng.

Selain itu destinasi wisata Museum Kailasa luas lahan mencapai kurang lebih 560 m2, letaknya yang strategis berada di hutan alam yang masih terjaga kealamiannya. Selain itu aktivfitas lain yang bisa di ciptakan disini bisa berfoto bersama dengan view dedaunan hijau dan jangan sampai lupa untuk post gambar tersebut di sosial media.

9. Wisata Curug Winong

instagram.com/wonosobohitz

Curug Winong memiliki ketinggian mencapai 70 meter, uniknya air terjun ini bentuknya tidak lurus ketika airnya jatuh ke permukaan. Pasalnya dari atas bukit bentuknya miring jalan airnya terdapat padas bebatuan yang mengahalanginya, sehingga laju air yang deras bentuknya berbelok-belok sesuai bebatuan tersebut.

Menariknya pengunjung disini selalu terpikat oleh berbagai spot indah untuk di abadikan, sebelum mencapai ke tempat curug kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu jaraknya kurang lebih sekitar 500 meter. Buat wisatawan yang ingin berkunjung ke curug Winong, namun posisinya saat ini di Wonosobo kalian bisa langsung ambil arah seperti Selomerto – menuju Balaikambang – selanjutnya ambil jurusan Winongsari.

10. Wisata Pemandian Air Hangat Kalianget

instagram.com/analaila11_

Jika kalian seharian berjalan-jalan ke daerah Wonosobo, bisa sekalian untuk refreshing ke tempat pemandian air hangat Kalianget. Di tempat ini kamu bisa merefleksi tubuh yang memanjakan dengan air hangat. Selain itu air hangat ini yang memiliki kandungan belerang, bermanfaat untuk bisa menyehatkan tubuh secara alami.

Lokasi obyek wisata pemandian air hangat Kalianget berada di Desa Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap sekali, mulai dari ruang pembilasan/ kamar mandi, mushola, kuliner, dan tempat olahraga dengan ruangan terbuka seperti lapangan tenis. Untuk tiket masuk murah meriah dan pas sekali buat pengunjung yang berasal dari luar kota.

Nah, itulah tadi tentang 10 Tempat Wisata Baru di Dieng yang Paling Hits Wajib Dikunjungi. Semoga rekomendasi daftar wisata diatas bermanfaat untuk kalian yang akan berkunjung ke datara tinggi Dieng dan selamat akhir pekan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini