10 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Paling Terkenal Wajib Dibawa Pulang

0
242

Koran.idMengunjungi Kota Jakarta memang memberikan kesan yang menyenangkan, pasalnya kota Jakarta sebagai kota metropolitan modern ternyata juga banyak di kunjungi para wisatawan yang sedang liburan. Setiap daerah di Jakarta memang memiliki tempat hiburan yang menarik baik itu wahana maupun wisata alamnya, di samping itu bagi para pengunjung yang berada di Jakarta rugi sekali jika tidak membawa oleh-oleh khas Jakarta yang paling terkenal wajib dibawa pulang.

Ketika berwisata di Jakarta tentu saja bertujuan untuk refreshing pikiran yang suntuk dan bersenang-senang, namun kalian pastinya jangan melupakan keluarga yang ada di rumah atau teman yang selalu merindukan kehadiranmu setelah pulang nanti. Oleh sebab itu yang paling pas untuk menyenangkan mereka yaitu membawa oleh-oleh khas Jakarta paling terkenal, apa sajakah? Yuk langsung saja simak daftarnya berikut di bawah ini :

10 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Paling Terkenal Wajib Dibawa Pulang

1. Jajanan Dodol Betawi

instagram.com/dapur_mama_qu

Yang pertama oleh-oleh khas Jakarta yang wajib di bawa pulang adalah dodol Betawi, kue ini sejenis jajanan yang paling terkenal di Jakarta. Teksturnya yang kenyal ketika dikunyah namun rasanya juga sangat enak dan manis, untuk membeli jajanan dodol Betawi ini mudah untuk kalian temukan di setiap daerah di Jakarta.

Jajanan dodol Betawi juga tersedia varian rasa seperti durian dan gula merah, bahan dasar pembuatan dodol Betawi ini dari ketan putih dan hitam. Jadi buat kamu yang ingin membeli untuk oleh-oleh keluarga di rumah, ada baiknya untuk membeli kedua varian rasa tersebut agar bisa merasakan semua jajanan dodol Betawi ini.

2. Kue Roti Buaya

instagram.com/jimboybakery

Berikutnya oleh-oleh paling terkenal khas Jakarta salah satunya yaitu Roti Buaya, kue ini begitu populer di Jakarta biasanya sajiannya di jadikan seserahan acara pernikahan adat Betawi. Roti ini memang unik sekali bentuknya yang mirip sekali dengan buaya, namun ukurannya juga lebih jumbo dari roti-roti pada umumnya.

Alasan menciptakan roti buaya ini karena anggapan warga Jakarta Buaya melambangkan kesetiaan pada pasangannya, sehingga bukan aneh lagi jika roti tersebut dibentuk mirip sedemikian rupa. Untuk soal rasa roti buaya gurih dan terbilang manis, mungkin untuk membeli roti seperti ini alangkah baiknya untuk berpesan dahulu ya?

3. Kue Semprong Jakarta

instagram.com/storeateller

Salah satu kue yang tekturnya kering dan renyah ketika di kunyah, kue semprong ini sudah menjadi kue favorit untuk oleh-oleh khas Jakarta. Bentuknya yang unik seperti spidol tulis memanjang, namun teksturnya terbilang sedikit kasar. Kue semprong memang berbeda dari kue pada umumnya karena harum dan ketika di makan rasanya lezat sekali.

Jika kalian membeli kue semprong ini ada baiknya untuk di bedakan dengan barang bawaan lainnya, karena kue satu ini jika bebenturan dengan benda keras pastinya akan hancur dan tidak lonjong lagi. Oleh karena itu di sarankan untuk membawa tas khusus, biasanya kue semprong dikemas dengan plastik sebagai pengaman agar tekstur renyahnya tetap terjaga.

4. Kue Kembang Goyang Jakarta

instagram.com/kembanggoyangmpomar

Jenis kue ringan yang cukup terkeenal yang ada di Jakarta yang saat ini menjadi oleh-oleh para wisatawan, kue kembang goyang memang terbilang cukup menarik bentuknya seperti bunga mekar atau kembang. Bahan utama kue kembang goyang terbuat dari tepung diberi gula setelah itu di cetak dengan bentuk kembang, mengenai rasa kue satu ini terbilang manis gurih dan renyah.

Buat kalian yang ingin memborong kue kembang goyang khas Jakarta, tak perlu khawatir akan ketahanan kue satu ini. pasalnya kue kembang sangat awet sehingga aman untuk dikonsumsi dan pas sekali untuk oleh-oleh keluarga dirumah ya? yang perlu diingat kamu harus memperhatikan kemasan agar tidak bocor agar kerenyahan kue tetap terjaga.

5. Jajanan Kue Geplak

instagram.com/jakartadulukala

Mungkin bagi kalian yang jarang tahu tentang oleh-oleh khas Jakarta satu ini yaitu kue geplak, salah satu jajanan tradisional yang masih ada di wilayah Jakarta namun keberadaan kue geplak tidak semuanya ada di setiap daerah Jakarta. Biasannya kue geplak sepaket dengan kue roti buaya yang biasannya dijadikan acara seserahan pengantin.

Harganya yang murah kue geplak rasannya begitu manis dan terasa lembut sekali ketika di kunyah, jadi tak heran jika pembuatan kue geplak masih bersifat tradisional dengan menggunakan tangan. Kue geplak juga masih dibuat oleh orang rumahan saja, sehingga kalau ingin pesan bisa boking terlebih dahulu.

6. Jajanan Keripik Aneka Buah

instagram.com/mantabrasa_

Satu-satunya jajanan paling diminati oleh warga Jakarta maupun wisatawan yang sedang liburan ke Jakarta, keripik aneka buah memang sudah menjadi langganan untuk di jadikan oleh-oleh. Selain simpel membawannya, juga ketahanan keripik aneka buah terjamin ketika di bawa pulang. Buat kamu yang ingin memborong keripik satu ini bisa memilih varian rasa seperti nanas, apel, salak dan nangka.

Sekilas memang keripik aneka buah ini sama dengan keripik pada umumnya, namun banyaknya varian rasa sekaligus warna keripik yang berwarna-warni membuat para wisatawan tertarik dan ingin membelinya untuk di bawa pulang. Untuk masalah rasa keripik ini gurih, renyah dan rasannya 100 persen seperti bahan aslinya yang terbuat dari buah.

7. Souvenir Ondel-ondel Jakarta

instagram.com/asrigaleri

Ketika kalian berada di Jakarta tak afdol bila tidak membeli boneka atau sovenir ondel-ondel asli adat Betawi ini, ondel-ondel memang sudah menjadi salah satu icon budaya warga Jakarta. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang terus mengincar souvenir ini sebagai oleh-olehnya untuk di bawa pulang ke rumah.

Souvenir yang bertemakan ondel-ondel ini memiliki bentuk yang beragam, mulai dari gantungan kunci, hiasan kulkas, miniatur patung, topeng, kostum ondel-ondel bahkan boneka-nya. Untuk harga tergantung menyesuaikan bentuk dan besarnya ondel-ondel, jadi jangan sampai lewatkan ya membeli souvenir ini.

8. Minuman Bir Pletok

instagram.com/babeh.boyo

Sekilas memang nama minuman satu ini terdengar membahayakan, namun jangan sampai salah paham dulu minuman bir pletok ini sangat aman untuk diminum. Bahan untuk membuat bir pletok terbuat dari bahan alami seperti jahe, dedaunan pandan dan daun serai sebagai pelengkapnya, jadi jika diminum bir platok bisa menghangatkan tubuh ketika sedang deman dan lainnya.

Minuman bir Platok sudah lama familiar dan menjadi konsumsi orang Betawi, warna minuman ini menarik karena ada campuran seperti kayu secang sehingga air berwarna kemerahan. Mungkin buat kamu yang ingin membawa pulang untuk dijadikan buah tangan, alangkah baiknya membeli dari satu botol ya? agar kalian bisa membagikan minuman sehat ini ke sanak saudara.

9. Kebaya Betawi

instagram.com/vinona_id

Setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas yang berbeda termasuk pada kebaya Betawi ini, jika berkunjung ke Jakarta jangan sampai melewatkan untuk membeli oleh-oleh kebaya betawi. Kebaya Betawi khas Jakarta nama tersohornya yaitu kebaya encim, dimana biasannya batik ini dipakai oleh nona Jakarta pada lomba Abang None.

Menariknya kebaya Betawi ini memiliki ciri khas yang menarik, selain model yang kekinian warna kebaya Betawi begitu beragam warnanya. Jika kalian ingin membelinya untuk dijadikan oleh-oleh bisa mengunjungi Pasar Tanah Abang, atau juga di pusat belanja ITC dan Thamrin City di daerah Jakarta.

10. Jajanan Kue Telur Gabus

instagram.com/anispergi

Salah satu camilan yang paling terkenal dengan bentuk kue telur gabus, biasannya camilan yang rasannya gurih ini sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Jakarta. Bentuknya yang unik seperti tai kucing namun kue telur gabus warnanya putih bersih, dan camilan ini membuat para penikmatnya ketagihan.

Cita rasa yang tersaji di kue telur gabus di padukan dengan keju, ketika di kunyah kue yang menyerupai tai kuncing ini halus namun renyah. Jadi pas sekali untuk berbagi keluarga di rumah, dan kue-nya juga awet meski sampai berhari-hari. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli di pusat oleh-oleh di daerah Jakarta, dan untuk masalah harga jangan khawatir ya? karena tergantung beratnya timbangan kemasan kue telur gabus, jadi tergantung selera kalian ingin membeli porsi kecil atau besar.

Nah, itulah tadi mengenai 10 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Paling Terkenal Wajib Dibawa Pulang. Gimana apakah ada nih oleh-oleh incaran kalian ketika berada di Jakarta? Semoga rekomendasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini