7 Bahaya Vape Bagi Kesehatan Tubuh, Hindari Mulai Sekarang!

0
838

Koran.id – Vape merupakan nama lain dari rokok elektrik yang sedang banyak digandrungi di era modern sekarang ini. Tidak sama seperti rokok pada umumnya yang menggunakan tembakau dan cengkeh, vape menggunakan liquid atau cairan khusus yang bisa menghasilkan uap air. Uap air yang keluar tersebut mirip seperti asap, namun berbeda tentunya. Meskipun bukan menggunakan tembakau dan cengkeh, bahaya vape bagi kesehatan tubuh ternyata juga sangat serius.

Liquid yang digunakan pada rokok elektrik juga diketahui mengandung nikotin, propilen glikol, dan juga tobacco-specific nitrosamine (TSNA). Ketiga kandungan tersebut sama dengan yang ada pada rokok konvensional yang menggunakan tembakau dan cengkeh sebagai bahan utamanya. Adapun bahaya rokok elektrik bagi kesehatan tubuh selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Table Of Contents

7 Bahaya Vape Bagi Kesehatan Tubuh yang Patut Diwaspadai

Bahaya Vape Bagi Kesehatan

Dibandingkan dengan rokok konvensional, vape bisa dibilang lebih nikmat menurut beberapa orang. Karena biasanya, liquid yang tersedia memiliki berbagai varian rasa, mulai dari rasa buah, cokelat, vanilla dan lain sebagainya. Meskipun nampaknya aman-aman saja, tetapi ternyata bahaya vape bagi kesehatan tubuh sama dengan rokok konvensional pada umum. Tak lain karena kandungan berbahaya yang ada di dalam liquid vape sama dengan yang ada rokok konvensional.

Beriku ini beberapa bahaya vape bagi kesehatan tubuh yang harus diwaspadai, di antaranya:

1. Menyebabkan Kanker Paru-Paru

Bahaya vape bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah vape atau rokok elektrik bisa menyebabkan seseorang menderita kanker paru-paru. Bahaya ini disebabkan oleh kandungan zat berbahaya di dalam vape yang bernama zat formaldehid. Zat tersebut memang dikenal sebagai zat berbahaya yang memiliki sifat pemicu kanker. Temuan ini sendiri merupakan hasil penelitian yang dilakukan di University of Nevada.

Proses pembentukan sel kanker oleh zat formaldehid ini bisa dibilang sangat cepat. Hal ini karena zat kimia tersebut langsung terserap oleh paru-paru saat kamu menghisap vape. Tentu hal tersebut tidak ingin kamu alami bukan?

2. Menyebabkan Paru-Paru Meradang

Selain kanker, rokok elektrik atau vape juga bisa menyebabkan peradangan pada paru-paru. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin sangat tinggi yang ada di dalam liquid vape. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di University of Athens, bahaya perdangan paru-paru yang disebabkan oleh liquid vape lebih parah dibandingkan dengan rokok yang menggunakan tembakau pada umumnya.

Tidak hanya berdampak pada kesehatan paru-paru, kandungan nikotin tersebut bisa juga menyerang organ vital lainnya seperti jantung dan otak. Jika kebiasaan rokok dengan vape tetap berlanjut, hal ini juga bisa menurunkan sistem imun tubuh. Jadi, tubuh akan lebih mudah terserang berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi secara normal.

3. Berdampak pada Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan nikotin yang ada di dalam liquid vape bisa berdampak buruk pada organ jantung. Kandungan zat nikotin yang terhirup akan berdampak pada penyempitan pembuluh darah arteri. Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan fungsi jantung terganggu. Dan apabila dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa berujung pada komplikasi serangan jantung.

Seperti yang kita tahu, semakin besar kandungan nikotin yang ada pada rokok, maka akan semakin besar pula dampak bahaya yang ditimbulkan. Meskipun kadar nikotin pada rokok elektrik tidak sebanyak rokok konvensional, tapi bahaya yang ditimbulkan sama.

4. Merusak Fungsi Otak

Selain jantung, bahaya vape bagi kesehatan tubuh juga bisa berdampak pada fungsi otak. Mengapa demikian? Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin yang ada di dalam liquid vape.

Nikotin yang terhirup saat merokok menggunaka vape, akan berdampak meningkatkan produksi dopamine dari otak. Dalam kadar yang tepat, dopamine bisa menghadirkan perasaan tenang dan juga senang. Tetapi, produki dopamine yang terus-terusan meningkat bisa membuat fungsi otak menjadi terganggu, bahkan rusak.

5. Melemahkan Sistem Imun Tubuh

Bahaya vape bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting selanjutnya adalah bisa menyebabkan menurunnya fungsi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Jika hal ini tejadi maka tubuh akan lebih rentan terserang penyakit, bahkan penyakit ringan sekalipun. Seperti yang kita tahu, sistem imun tubuh ini memiliki peranana cukup penting dalam melawan microorganisme yang bisa mengancam kesehatan.

Hal ini juga dibenarkan dengan temuan yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of North Carolina, Amerika Serikat. Mereka menyebutkan, pada tubuh perokok baik itu rokok vape atau rokok konvensional bisa menurunkan aktivitas sel 594 gen.

6. Baterai Vape Meledak

Kasus meledaknya rokok elektrik bukan menjadi rahasia lagi, bahkan beritanya sempat viral di jagat dunia maya. Layaknya baterai pada sebuah smartphone, baterai pada rokok elektrik juga bisa meledak saat terjadi overheat. Bahkan efek ledakan yang ditimbulkan sangatlah besar, bisa menyebabkan hancurnya gigi, membuat lidah berlubang bahkan menyebabkan luka bakar serius di area mulut.

7. Menyebabkan Bayi Terlahir Cacat

Dan bahaya vape bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah bisa menyebabkan bayi lahir tidak normal alias cacat. Seorang ibu hamil yang menghirup asap dari rokok elektrik bagi secara aktif atau pasif, berisiko melahirkan bayi cacat. Ini karena kandungan yang ada di dalam liquid vape bisa mengganggu proses perkembangan dan pertumbuhan janin yang dikandung.

Pernyataan ini juga semakin diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Virginia Commonwealth University atau disingkat VCU. Mereka menemukan tumbuh kembang yang kurang baik pada janin ibu yang meruapakan perokok aktif maupun pasif.

Itulah tadi beberapa bahaya vape bagi kesehatan tubuh yang harus kamu waspadai. Mulai sekarang, sebaiknya hindari rokok baik itu rokok konvensional ataupun rokok elektrik. Mengingat bahaya yang bisa ditimbulkan sangat serius dan berdampak fatal bagi kesehatan tubuh.

Artikel SebelumnyaTips Mengatasi Bosan Dalam Hubungan, Lakukan Sebelum Putus!
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Cemburu Saat Lihat Mantan Bersama Orang Lain
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini