10 Tempat Wisata di Sekitar Pelabuhan Ratu Paling Menarik Dikunjungi

0
380

Koran.id – Pelabuhan Ratu merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang namanya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Salah satu daya tariknya adalah Pantai Pelabuhan Ratu, yang tidak hanya indah, tapi juga sangat kental dengan nuansa mistis. Di pantai ini erat kaitannya dengan mitos tentang penguasa laut selatan yakni Nyi Roro Kidul. Selain itu, ada pula beberapa tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Puas menikmati pemandangan indah dari Pantai Pelabuhan Ratu, kamu juga bisa menjelajahi tempat lain yang tidak kalah indah dan menarik. Adapun pilihan tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu bisa kamu simak di bawah ini.

Tempat Wisata di Sekitar Pelabuhan Ratu yang Paling Hits

Pelabuhan Ratu memang menyimpan pesona alam yang sangat menakjubkan, sehingga tidak heran banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke sini. Tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan juga banyak turis yang datang ke Pelabuhan Ratu. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu, di antaranya:

1. Pantai Pelabuhan Ratu

instagram.com/dillaaadel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu daya tarik utama bagai wisatawan yang ingin datang ke sini. Pantai satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Terdapat hamparan pasir putih yang luas serta air lautnya yang jernih. Ombak laut di pantai ini terbilang cukup ganas, tetapi ini menjadi lokasi favorit bagi para peselancar.

Salah satu daya tarik lain dari Pantai Pelabuhan Ratu adalah adanya hotel mewah bernama Inna Samudra Beach Pelabuhan Ratu Hotel. Hotel tersebut bukan hanya sekedar tempat penginapan saja, tetapi juga memiliki sisi mistis. Konon salah satu kamar di hotel tersebut merupakan kamar dari Nyi Roro Kidul. Kamar tersebut berada di lantai 3 nomor 308, pengunjung bisa memasukinya dengan tarif tersendiri.

2. Pantai Cimaja

instagram.com/tri_arief_wibowo

Sama seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja juga memiliki ombak laut yang cukup ganas. Gulungan ombak di Pantai Cimaja mencapai tinggi 4 meter, membuatnya sangat favorit bagi penyuka olahraga surfing atau selancar. Karena hal tersebutlah di Pantai Cimaja ini sering diadakan kompetisi surfing yang seru dan menyenangkan.

Daya tarik dari Pantai Cimaja tidak hanya terfokus pada ombak lautnya yang pas untuk berselancar, tetapi juga pemandangannya yang menakjubkan. tidak seperti pantai lainnya, di Pantai Cimaja ini kamu akan menemukan hamparan batu-batu kali disepanjang tepian pantai, membuatnya semakin unik dan indah.

3. Pantai Karang Hawu

instagram.com/sitimucel

Tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu paling indah berikutnya adalah Pantai Karang Hawu. Pantai satu ini juga memiliki pemdangan yang sangat indah dan menakjubkan. Air lautnya tampak sangat jernih serta dengan ombak laut yang tidak henti-hentinya berlarian. Garis pantai dari Pantai Karang Hawu ini cukup panjang, sekitar 4 km.

Selain indah, Pantai Karang Hawu juga memiliki sisi unik tersendiri. Keunikan tersebut terdapat pada garis pantainya yang tergabung dari dua sisi berbeda. Sisi yang pertama dihiasi dengan hamparan pasir putih agak kecoklatan, dan sisi satunya lagi dihiasi bebatuan karang. Fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap sehingga membuat pengunjung merasa betah.

4. Pantai Citepus

instagram.com/exploresukabumi

Satu lagi pantai yang ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat musim liburan yakni Pantai Citepus. Pantai Citepus menjadi pilihan dikarenakan pesona alam yang disuguhkannya sangatlah indah dan menakjubkan. Selain itu, hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih menjadikan tempat ini semakin menakjubkan. 

Tidak seperti pantai lainnya, ombak laut di Pantai Citepus ini bisa dibilang lebih landai sehingga aman bagi wisatawan yang ingin bermain air. Garis pantainya juga cukup panjang yakni mencapai 5 km. Satu lagi yang menarik dari Pantai Citepus ini yakni lokasinya yang sangat strategis, sehingga tidak heran banyak wisatawan yang datang ke sini.

5. Pemandian Air Panas Cisolok

instagram.com/arezcahyadi

Puas seru-seruan di pantai, sekarang waktunya menenangkan diri dan pikiran dengan mencoba datang ke Pemandian Air Panas Cisolok. Berendam di air panas alami dipercaya akan membuat tubuh lebih rileks dan beban dipikiran akan hilang dalam sekejap. Panasnya sendiri didapat dari kandungan belerang yang juga cukup baik buat kesehatan kulit khususnya.

Tidak hanya berendam saja, kamu juga bisa sambil menyaksikan panorama alam yang indah dan menakjubkan. Jadi semakin lengkap deh bersantai sambil berendam dan ditemani dengan pesona alam indah. Tetapi perlu diingat, karena air panas ini bersumber dari geyser sehingga pengunjung tidak diperbolehkan terlalu dekat dengan titik sembur geyser tersebut karena suhu airnya yang mencapai 80 derajat celcius.

6. Goa Lalay

instagram.com/mtma_majalengka

Tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu yang tidak kalah menarik berikutnya adalah Goa Lalay. Di Goa Lalay ini memungkinkan kamu berjumpa dengan ribuan bahkan jutaan ekor kelelawar yang menjadi penghuni tetap goa tersebut. Saat siang hari, segerombolan kelelawar tersebut akan berada di dalam goa hingga petang menjelang.

Pada waktu petang menuju malam tersebut pengunjung akan disuguhi dengan fenomena kelelawar yang berhamburan keluar dari goa untuk melanjutkan aktivitasnya. Selain itu, karena lokasi goa tersebut berada di pinggir pantai, kamu juga bisa menyaksikan panorama sunset yang menawan. Jadi semakin lengkap liburan ke Pelabuhan Ratu jika sudah berkunjung ke tempat ini.

7. Pantai Cibangban

instagram.com/dinhamuhyidin

Khusus untuk kamu yang suka dengan tempat sepi, Pantai Cibangban bisa menjadi pilihan liburanmu saat berkunjung ke Pelabuhan Ratu. Meskipun tidak terlalu ramai pengunjung, tapi bukan berarti pesona alam di pantai ini kurang memuaskan. Pantai Cibangban memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan pantai lain di Pelabuhan Ratu.

Di Pantai Cibangban ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam menakjubkan. Terdapat hamparan pasir hitam ke abu-abuan yang berpadu dengan air lautnya yang sangat jernih. Selain itu, ombak laut di Pantai Cibangban ini cukup landai sehingga aman bagi pengunjung yang ingin bermain air.

8. Pantai Loji

padiciti.com

Hampir sama seperti Pantai Cibangban, Pantai Loji ini juga tidak terlalu ramai pengunjung seperti pantai di Pelabuhan Ratu lainnya. Meski begitu, pesona keindahan alam di pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Pelabuhan Ratu. Hanya saja Pantai Loji ini belum dikelola dengan baik. Selain itu, kurangnya informasi tentang pantai tersebut, membuatnya tidak terlalu dikenal oleh wisatawan.

Di tepian pantai dipenuhi dengan bebatuan karang yang tidak henti-hentinya dihempas oleh ombak laut. Salah satu aktivitas menarik di tempat ini adalah memancing ikan di atas batu-batu karang yang memenuhi setiap sudut pantai.

9. Dermaga Pelabuhan Ratu

instagram.com/cbs_oldnewstock

Dermaga Pelabuhan Ratu merupakan pintu masuk utama menuju laut atau pantai selatan. Di tempat ini kamu bisa berfoto dengan background kapal parkir atau spot lainnya. Dijamin hasil jepretannya tidak kalah unik dan kekinian dengan di tempat lainnya.

Berjalan-jalan di sekitaran dermaga menjadi aktivitas paling menarik bagi wisatawan. Kamu juga bisa menyaksikan aktivitas masyarakat lokal dan berinteraksi langsung dengan mereka. Di samping pelabuhan juga tersedia tempa pelelangan ikan yang cukup favorit bagi wisatawan. Kmau bisa membeli ikan segar dari berbagai jenis di tempat ini.

10. Gado Bangkong

inisukabumi.com

Pilihan tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu yang tidak kalah menarik berikutnya adalah Gado Bangkong. Gado Bangkong dulunya berfungsi sebagai tempat kapal nelayan singgah, baik nelayan lokal maupun nelayan bugis bahkan dari bangsa lain juga. Tetapi sekarang Gado Bangkong sudah menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Pelabuhan Ratu.

Sekarang hanya ada perahu-perahu nelayan yang sedang singgah. Terdapat banyak sekali spot foto menarik yang bisa kamu temukan di tempat ini. Pemandangan alam yang indah ditunjang dari air laurnya yang berih serta hamparan pasir laut yang luas. Salah satu aktivitas paling menarik di sini adalah memancing ikan. Ada berbagai jenis ikan yang masih hidup dengan baik di tempat ini karena terjaga kebersihan pantai.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di sekitar Pelabuhan Ratu yang paling menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa mampir ke tempat-tempat tersebut jika liburan ke Pelabuhan Ratu Sukabumi.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini