7 Manfaat Arugula untuk Kesehatan Tubuh Wajib Kamu Tahu

0
234

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin masih sangat asing dengan nama sayuran Arugula. Padahal jenis sayuran ini punya kandungan gizi yang cukup lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Saat dikonsumsi, sayuran arugula ini punya rasa yang enak dengan sensasi rasa sedikit pedas. Manfaat arugula untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak dan masih jarang orang tahu. Untuk mendapatkan manfaat dari Arugula ini sendiri, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau sebagai campuran makanan lain.

Sayur arugula punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dikarenakan kandungan gizi lengkap yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut mulai dari Vitamin A, C, E, dan K, asam folat, fosfor dan juga kalsium. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat arugula bagi kesehatan tubuh, bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

7 Manfaat Arugula untuk Kesehatan Tubuh Wajib Kamu Tahu

Manfaat Arugula Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membuat tulang tetap kuat dan sehat

Manfaat sayur arugula untuk kesehatan tubuh yang pertama yakni memiliki kemampuan untuk menguatkan tulang serta menjaga kesehatannya. Mengonsumsi sayur arugula secara rutin akan membantu menghindarkan kamu dari kekeroposan tulang atau lebih familiar disebut osteoporosis.

Khasiat ini sendiri didapat dari kandungan vitamin K yang cukup tinggi di dalam sayuran arugula. Selain itu, kandungan kalsium di dalam arugula juga ikut andil dalam menjaga kesehatan tulang sehingga membuatnya tetap kuat.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain membuat tulang kuat, sayur arugula juga punya khasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat tentunya akan membuat tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Manfaat satu ini dari kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada di dalam sayur arugula. Untuk vitamin A sendiri bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menjaga sistem imun dan pertembuhan sel agar tetap sehat dan baik. Sementara untuk vitamin C, juga sebagai antioksidan baik untuk membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh serta membantu penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

3. Baik untuk perkembangan janin

Manfaat sayuran arugula berikutnya yakni berperan penting dalam menjaga dan membantu perkembangan janin ibu. Ini karena di dalam sayur arugula terdapat kandungan folat dan vitamin B yang memang baik untuk ibu hamil. Kedua kandungan tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan DNA dan juga materi genetik lain yang ada pada janin.

Seperti yang kita tahu, folat menjadi salah satu gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dalam menjaga perkembangan janin. Ibu hamil yang kekurangan folat bisa membuat janin lahir dalam keadaan cacat atau tidak normal. Tentunya hal ini sama sekali tidak diinginkan oleh semua orang tua di dunia.

4. Mampu mencegah kanker

Manfaat arugula untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa menjadi zat pencegah kanker alami. Sayur arugula diklaim memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, khususnya kanker usus dan juga kanker patu-paru. Bahkan hebatnya lagi, kemampuan mencegah tumbuhnya sel kanker dari sayuran arugula diklaim labih baik dibandingkan dengan sayuran lain seperti brokoli, kubis dan juga selada.

Khasiat ini sendiri didapat dari kandungan sulforaphane yang terdapat dalam sayur arugula. Senyawa ini sendiri punya kemampuan mencegah pertumbuhan enzim histone deacetylase atau disingkat HDAC, yang mana enzim tersebut termasuk salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker. Sel kanker yang sudah terbentuk bisa dihancurkan oleh sulforaphane yang ada dalam arugula.

5. Membantu menyehatkan mata

Membantu menjaga kesehatan mata juga merupakan salah satu manfaat arugula untuk kesehatan tubuh. Kemampuan tersebut didapat dari kandungan vitamin A, vitamin K dan juga beta karoten yang cukup tinggi di dalam arugula.

Seperti yang kita tahu, ketiga kandungan nutrisi tersebut memang sangat baik dalam menjaga mata agar tetap sehat. Peran sayur arugula dalam menjaga kesehatan mata yakni dengan menghindarkan retina mata dari serangan radikal bebas, serta menjaga kesehatannya secara keseluruhan. Jadi, untuk mendapatkan mata yang sehat tidak melulu dengan mengonsumsi wortel. Sayur arugula juga punya khasiat yang sama jika dikonsumsi secara rutin.

6. Membuat tubuh selalu sehat dan bugar

Manfaat arugula bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting adalah mampu membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Di dalam sayuran hijau kaya manfaat ini terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan saraaf, serta membantu otot tubuh agar bekerja dengan baik.

Saat otot bekerja dengan baik, aktivitas apapun pasti bisa dilakukan dengan maksimal, termasuk juga saat berolahraga. Mengonsumsi sayuran arugula akan membuat otot tidak cepat lelah saat berolahraga. Dengan begitu, secara otomatis tubuh senantiasa sehat dan bugar karena aktivitas olahraga yang baik dan maksimal.

7. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh banyak orang. Pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan kematian terhadap si penderitanya. Tetapi tenang saja, menjaga jantung agar tetap sehat bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan adalah sayur arugula.

Sayur arugula diklaim ampuh mencegah penyakit jantung dan membuatnya selalu dalam keadaan sehat. Manfaat ini sendiri didapat dari adanya kandungan vitamin C dan vitamin K yang cukup tinggi di dalam sayur arugula.

Itulah tadi beberapa manfaat arugula untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Mulai sekarang, konsumsi sayur arugula untuk mendapatkan manfaat luar biasanya. Imbangi pula dengan gaya hidup yang baik agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini