10 Tempat Wisata di Flores yang Paling Populer 2019

0
1548

Koran.id – Flores merupakan salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan pesona alam menakjubkan. Banyak sekali tempat wisata di Flores yang menarik dan menjadi favorit para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja, banyak pula wisatawan dari luar negeri datang ke Flores yang menikmati pesona keindahan alam yang disuguhkannya. Tempat wisata terbaik di Flores tidak melulu soal pantai, ada pula wisata goa, danau, hingga puncak gunung yang cantik.

Apa dalam waktu dekat ini kamu berencana untuk berlibur ke Flores? Jika iya, coba deh kunjungi beberapa rekomendasi tempat wisata di Flores paling hits yang akan saya bahas di bawah ini. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Daftar Tempat Wisata di Flores yang Paling Populer 2019

Mungkin kamu menyangka Flores hanya terkenal dengan Pulau Komodo-nya yang memang sangat favorit. Ternyata, selain Pulau Komodo masih ada banyak lagi tempat wisata di Flores yang tidak kalah menarik dan perlu kamu kunjungi. Berikut ini adalah daftar tempa wisata di Flores yang paling direkomendasikan, di antaranya:

1. Pulau Komodo

instagram.com/hikeindonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pulau Komodo memang menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Flores, Nusa Tenggara Timur. Sesuai namanya, di pulau ini menjadi tempat habitat hewan purba asli Indonesia yang bernama Komodo. Berkat hal tersebut, membuat Pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia yang masih terjaga hingga saat ini.

Berkunjung ke Pulau Komodo, kamu bisa melihat secara langsung hewan unik yang hanya ada di Indonesia ini. Tetapi perlu diingat, saat berkunjung ke sini kamu harus mematuhi petunjuk yang sudah diarahkan oleh pemandu. Mengingat air liur Komodo mengandung racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Tidak hanya melihat Komodo, pulau ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

2. Pantai Pink

instagram.com/hoboh

Mungkin selama ini kamu hanya tahu pantai memiliki hamparan pasir putih atau hitam. Tetapi berbeda dengan pantai yang ada di Flores ini, di mana Pantai Pink mempunyai hamparan pasir bersih berwana agar kemerahan alias pink. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini, di mana keunikan tersebut juga menjadi latar belakang diberinya nama Pantai Pink. Lokasinya masih berada di kawasan Pulau Komodo, jadi kamu sekalian mampir ke sini jika sudah puas melihat Komodo.

Sebenarnya pasir di Pantai Pink sama dengan pantai-pantai lainnya yakni berwarna putih. Namun dikarenakan adanya campuran serpihan cangkang kerang yang berwarna merah dan jumlahnya cukup banyak, akhirnya membuat pasir pantai ini berwarna kemerahan atau pink. Pemandangan alam di sini sangat menakjubkan, air laut jernih dengan ombaknya yang landai menjadi tempat yang seru untuk bermain di tepian pantai.

3. Danau kelimutu

instagram.com/pesonaid_travel

Dari wisata pantai, kita menuju ke tempat wisata yang lebih asri yang Dana Kelimutu. Nama Danau kelimutu sendiri sudah sangat terkenal, bahkan hingga ke luar negeri. Setiap waktunya tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan keindahannya. Tidak lain ini karena keunikan yang dimiliki oleh Danau kelimutu ini.

Danau yang berada di ketinggian 1.631 mdpl ini memiliki tiga warna yang berbeda, yakni warna merah, putih dan biru. Inilah salah satu keunikan dari Danau Kelimutu yang jarang ditemukan di Negara manapun. Pemandangan alam yang disuguhkan juga sangat menakjubkan dengan suasananya yang masih sangat asri. Lokasi Danau kelimutu ini sendiri berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

4. Pantai Koka

instagram.com/karolinafilipowska

Rekomendasi tempat wisata di Flores yang paling populer berikutnya adalah Pantai Koka. Pantai Koka ini sendiri memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya di Flores. Pantai Koka memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dengan air lautnya yang sangat jenih berwarna kebiruan. Dikelilingi juga oleh perbukitan dengan pepohonan hijau yang rindah, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Uniknya lagi, Pantai Koka ini lokasinya cukup dengan jalan raya Maumere – Ende, yakni hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Berkunjung ke Pantai Koka lebih seru lagi bersama keluarga atau pasangan.

5. Pulau Rinca

labuanbajotour.com

Pulau Rinca masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, sehingga tidak heran jika kamu juga bisa menjumpai hewan Komodo di pulau ini. Karena itulah, mengunjunginya kamu perlu berhati-hati dan harus mengikuti petunjuk dari pemandu yang ada di sana. Tidak berbeda jauh dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Salah satu aktivitas paling favorit di Pulau Rinca adalah melakukan trekking seru, apalagi melakukannya bersama sahabat atau keluarga. Di sini kamu juga bisa menyaksikan kemegahan padang savan layaknya di Afrika Utara. Manarik sekali, bukan?

6. Labuan Bajo

instagram.com/biramutiara

Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu tempat wisata favorit yang menjadi pintu masuk Taman Nasional Komodo. Labuan Bajo juga sangat tekenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang sangat indah dan menakjubkan. Tidak heran banyak para pecinta diving baik dari dalam maupun luar negeri yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya tersebut.

Puas diving di laut Labuan Bajo, sekarang kamu bisa bersantai di pinggir pelabuhan untuk menyaksikan panorama sunset yang menakjubkan. Meskipun bukan termasuk dalam wilayah Flores, tapi Labuan Bajo ini adalah salah satu akses untuk menuju ke Flores. Jadi kamu bisa sekalian mampir untuk menyaksikan keindahan di tempat ini.

7. Pulau Padar

instagram.com/yell4skyven

Rekomendasi tempat wisata di Flores yang paling populer berikutnya adalah Pulau Padar. Pulau Padar ini sendiri merupakan pulau terbesar ketiga di Flores setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar mempunyai keunikan tersendiri sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pulau Padar memiliki spot yang sangat unik dan instagramable, dimana latar belakang lukisan alam menajubkan dari pulau dan langit biru menjadi daya tarik utamanya. Berkunjung ke Flores akan kurang lengkap jika tidak mampir ke Pulau megah nan indah satu ini. Selain perbukitan, lautnya juga sangat indah dengan hiasan ombak yang landai.

8. Danau Sano Nggoang

instagram.com/firman_photography

Satu lagi wisata danau paling cantik dan populer di Flores wajib kamu kunjungi yakni Danau Sano Nggoang. Danau Sano Nggoang ini sendiri merupakan salah satu danau terbesar yang juga menyuguhkan keindahan alam menakjubkan. Air danaunya sangat jernih dan khas dengan warna kehijauan.

Di sekeliling danau terdapat pepohonan rindang yang masih terjaga keasriannya, menjadikan Danau Sano Nggoang ini semakin menarik untuk dikunjungi. Luas dari danau ini sendiri sekitar 513 hektar dengan pesona alamnya yang tidak boleh dilewatkan.

9. Pulau Kanawa

instagram.com/pamelanbn_

Pilihan tempat wisata di Flores yang paling populer dan wajib dikunjungi berikutnya adalah Pulau Kanawa. Nama Pulau Kanawa semakin populer setelah foto-foto keindahannya tersebar di berbagai media sosial. Pulau yang memiliki luas sekitar 32 hektar ini sendiri memiliki panorama keindahan yang sangat menakjubkan.

Berkunjung ke Pulau Kanawa, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Mulai dari melakukan trekking seru mengelilingi pulau, menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling, hingga bersantai menikmati keindaha alam yang disuguhkannya.

10. Air Terjun Cunca Rami

instagram.com/ardhyand69

Tempat wisata di Flores yang tidak kalah menarik dan tidak boleh dilewatkan yang terakhir adalah Air Terjun Cunca Rami. Air terjun satu ini punya keindahan alam menakjubkan dengan suasana alamnya yang sejuk dan masih sangat terjaga keasriannya. Air Terjun Cunca Rami sendiri memiliki ketinggian air terjun sekitar 70 meter dengan debit airnya yang cukup deras. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang sering pengunjung jadikan tempat untuk menikmati kesegaran mandi di air terjun.

Di sekeliling air terjun terdapat paduan batuan tebing curm dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang menjadi hiasannya. Namun, untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Cunca Rami kamu masih harus melakukan sedikit usaha. Kamu masih harus melakukan trekking melewati perkebunan dan persawahan warga dengan akses jalan yang tidak terlalu sulit. Namun semua kelelahan pasti akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Cunca Rami ini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Flores yang paling populer dan wajib untuk kamu kunjungi. Siap untuk pergi liburan ke Flores?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini