10 Rekomendasi Merek SSD Terbaik untuk PC dan Laptop

257
Merek SSD Terbaik
Merek SSD Terbaik

Koran.id – SSD atau Solid State Drive merupakan jenis komponen penyimpanan baru untuk perangkat komputer. SSD dianggap lebih cepat dalam hal transfer data, sehingga hal ini juga akan menunjang performa kinerja komputer saat digunakan. Sama halnya seperti HDD, perangkat SSD juga terdiri dari berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Saat ini sudah ada banyak merek SSD terbaik di pasaran yang bisa kamu jadikan pilihan, baik tambahan penyimpanan untuk laptop atau PC.

Untuk perangkat PC atau laptop yang sudah menggunakan HDD, masih bisa diganti dengan penggunaan SSD ini. Atau bisa juga menggunakan keduanya di satu perangkat, misalkan saja SSD difungsikan untuk penyimpanan file sistem (drive C) dan HDD untuk penyimpanan umum. Adapun beberapa rekomendasi produk SSD terbaik yang bisa kamu pasangkan pada PC atau laptop selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Merek SSD Terbaik untuk PC dan Laptop

Ada banyak pilihan SSD yang bisa ditemukan di pasaran saat ini, mulai dari yang berkapasitas 128GB, 256GB, 512GB, 1TB, bahkan hingga kapasitas 2TB. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan perangkat PC atau laptop yang ingin dipasang SSD tersebut. Pastikan spesifikasinya sesuai sehingga SSD bisa berfungsi maksimal di perangkat PC atau laptopmu. 

Selain itu, perhatikan juga soal harga dari SSD yang ingin dibeli. Semakin besar kapasitas SSD, maka harga banderolnya tentu akan semakin mahal. Namun, mahal tidaknya SSD tidak menjamin soal kualitas dari produk tersebut. Adapun beberapa pilihan merek SSD terbaik untuk perangkat PC atau laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. SSD ADATA

SSD ADATA
SSD ADATA

Pilihan merek SSD yang paling bagus dan awet yang pertama yakni SSD ADATA. SSD dari brand satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi soal kualitasnya, di mana SSD-nya tersebut memiliki kecepatan transfer yang sangat cepat. Ada beberapa seri SSD yang dikeluarkan oleh ADATA, salah satunya adalah SSD ADATA Ultimate SU650. SSD satu ini sudah mendukung antarmuka SATA 3 sehingga membuat performa PC atau laptop lebih cepat.

SSD ADATA sendiri terdiri dari berbagai kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, mulai dari kapasitas 120GB, 240GB, 256GB, 480GB, 512GB, hingga 960GB. Sementara untuk kecepata baca yang dimiliki mencapai 520 Mbps dan kecepatan tulis 320 Mbps.

2. SSD V-GeN

SSD V-GeN
SSD V-GeN

Berikutnya ada merek ternama lainnya yang juga mencoba menghadirkan produk SSD tercepat, yakni V-GeN. Merek satu ini memang cukup terkenal dengan produk storage atau memorinya yang berkualitas bagus dan awet. Bahkan sudah digunakan dalam waktu sangat lama, kecepatan transfer data yang diberikan tetap stabil. Kali ini V-GeN mencoba keberuntungannya dengan menghadirkan produk SSD untuk PC dan laptop.

Salah satu seri SSD dari V-GeN yang cukup banyak diminati yakni SSD V-GeN Hyper M.2 NVMe yang juga terdiri dari beberapa varian kapasitas. Ukuran SSD yang disediakannya tersebut mulai dari 128GB, 256GB, 512GB, 1TB dan juga 2TB. Sementara untuk kecepatan bacanya mencapai 3500 Mbps dan kecepatan tulis 2500 Mbps. Bodinya terbilang tipis yakni hanya memiliki ketebalan 0.32cm dengan konektor PCIe Gen 3.0 x 4.

3. SSD RX7

SSD RX7
SSD RX7

Kali ini ada produk SSD terbaik untuk laptop dan PC yang dibesut oleh brand RX7. SSD dari brand RX7 ini sangat pas dipilih bagi kamu yang mencari SSD terbaik yang ramah di kantong. Meskipun ditawarkan dengan harga terjangkau, namun kualitas yang dimilikinya bisa dibandingkan dengan SSD dari brand lain dikelasnya. SSD RX7 ini bahkan diklaim 10X lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD untuk soal transfer data.

PC atau laptop yang menggunakan SSD RX7 akan lebih cepat proses bootingnya, serta lancar saat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game berat. Memiliki ukuran 2.5 Inci, SSD RX7 ini menggunakan interface SATA 3 yang akan menunjang performa cepat dari PC atau laptop. SSD dari RX7 ini juga terdiri dari beberapa varian kapasitas, mulai dari kapasitas 128GB, 256GB, 512GB, 1TB hingga 2TB.

4. SSD SanDisk

SSD SanDisk
SSD SanDisk

Kita tahu brand SanDisk sudah menghadirkan berbagai jenis perangkat penyimpanan, mulai dari SD card, memory card, flashdisk hingga yang terbaru SSD. Perangkat penyimpanan dari SanDisk tersebut terkenal dengan keawetannya dan kecepatannya dalam hal transfer data. Termasuk juga untuk produk SSD-nya ini, yang mana memiliki kecepatan transfer yang luar biasa.

Ada beberapa seri SSD dari SanDisk yang ada di pasaran, salah satunya adalah seri SSD SanDisk Ultra 3D. SSD satu ini memiliki kecepatan baca 550 Mbps dan kecepatan tulis 525 Mbps. Sementara untuk ukurannya sendiri bervariasi, mulai dari 250GB, 500GB, 1TB, 2TB, hingga 4TB.

5. SSD Samsung

SSD Samsung
SSD Samsung

Samsung tidak hanya terkenal dengan produk smartphone dan laptopnya saja, mereka juga menghadirkan produk SSD yang bisa digunakan untuk laptop atau PC. Beberapa jenis SSD sudah dihadirkan oleh Samsung, salah satunya adalah SSD berbasis portable yang mudah untuk dipasang di perangkat PC atau laptop. Untuk seri SSD Samsung yang berjenis portable ini yang paling banyak diminati yakni SSD Portable Samsung T7.

SSD dari Samsung tersebut diklaim sangat cepat dalam hal transfer data, namun suhunya tetap dingin meskipun digunakan dalam waktu lama. Ini karena di dalam SSD sudah dibekali dengan teknologi Dynamic Thermal Guard yang mampu mengontrol panas.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Notebook Murah Terbaik yang Awet

6. SSD VIVAN

SSD VIVAN
SSD VIVAN

Alterntif lain untuk kamu yang mencari SSD portable yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau, maka bisa pilih SSD dari merek VIVAN. SSD portable dari brand VIVAN tidak kalah cepat dibandingkan SSD dari Samsung di atas. Produknya tersebut juga terdiri dari berbagai varian kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untuk produk SSD portable VIVAN dengan kapasitas paling rendah yakni 120GB yang bisa dijadikan sebagai memori internal.

SSD VIVAN Portable ini memiliki kecepatan transfer data yang terbilang cepat, yakni mencapai 550 Mbps. Hal ini tentunya juga akan menunjang performa kinerja laptop atau PC yang juga akan lebih cepat saat proses booting atau menjalankan aplikasi dan game berat.

7. SSD Western Digital (WD)

SSD Western Digital (WD)
SSD Western Digital (WD)

SSD Western Digital atau yang disingkat dengan WD merupakan salah satu SSD dengan performa dan transfer data paling cepat, yakni mencapai 560 Mbps. Ada beberapa varian SSD yang dikeluarkannya, yakni SSD Western Digital Blue dan Green yang paling banyak diminati. Keduanya bisa kamu pasangkan pada perangkat PC atau laptop dengan instalasi yang cukup mudah.

Di dalamnya dibekali dengan teknologo 3D NAND yang membuat performa dan stabilitas SSD tetap terjaga meskipun sudah cukup lama digunakan. Sementara untuk harganya tidak terlalu mahal, kamu bisa membelinya dengan mudah di toko offline maupun online.

8. SSD Kingston

SSD Kingston
SSD Kingston

Kingston merupakan salah satu brand produk penyimpanan yang cukup terkenal, khususnya di Indonesia. Produk dari Kingston ini terkenal dengan ketahanan dan kekokohannya, di mana produknya tersebut tahan banting. Termasuk juga untuk produk SSD yang dibesutnya, yang mana SSD Kingston tersebut dibalut dengan casing berbahan stainless steel yang kuat.

Beberapa mode SSD dihadirkan oleh Kingston, salah satunya adalah SSD Kingston A400 yang memiliki beberapa varian kapasitas. SSD satu ini diklaim 10 kali lebih cepat dibandingkan HDD pada umumnya. SSD Kingston A400 ini juga mudah dipasangkan di PC atau laptop, dikarenakan berjenis SSD plug-n-play.

9. SSD Corsair

SSD Corsair
SSD Corsair

Corsair juga tidak mau kalah bersaing dengan brand lainnya, di mana mereka juga menghadirkan produk SSD dengan kualitas unggulan. Salah satu seri SSD yang diluncurkannya yakni SSD Corsair Force LE200. SSD satu ini bisa kamu pasangkan di perangkat PC ataupun laptop dengan mudah.

SSD Corsair Force Series tersebut menggunakan antarmuka SATA 3 yang tentunya akan membantu memaksimalkan performa kinerja laptop. Untuk kapasitas penyimpanannya sendiri bervariasi, mulai dari 120GB, 240GB, hingga yang terbesar berukuran 1TB.

10. SSD GALAX

SSD GALAX
SSD GALAX

Dan pilihan merek SSD terbaik untuk laptop dan PC yang terakhir yakni bernama SSD GALAX. SSD dari merek GALAX ini lebih cocok dipilih untuk dipasangkan di perangkat PC atau laptop gaming. Penggunaan SSD tersebut akan membantu mengoptimalkan performa kinerja HP saat digunakan untuk menjalankan game berat. Kecepatan transfer data yang dimilikinya terbilang sangat tinggi sehingga akan memaksimalkan performa kinerja PC atau laptop.

Ada beberapa seri SSD yang dihadirkan oleh GALAX, salah satunya adalah seri SSD GALAX Gamer LS11. SSD tersebut didukung dengan antarmuka SATA 3 6GB/s dan memiliki kecepatan baca mencapai 500 Mbps. Sementara untuk kapasitas penyimpanannya sendiri cukup bervariasi, yakni varian yang paling murah yakni berkapasitas 120GB.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek SSD terbaik untuk perangkat PC atau laptop yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek SSD Murah Terbaik untuk Laptop
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Modem Wifi Mifi 4G Murah Tercepat
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini