10 Wisata Pantai di Madura yang Paling Cantik dan Wajib Dikunjungi

0
405
Wisata Pantai di Madura
piknikdong.com

Koran.id – Madura merupakan salah satu pulau yang ada di Jawa Timur yang menyimpan pesona keindahan alam yang menakjubkan. Pulau Madura dikenal juga sebagai salah satu pulau penghasil garam terbesar di Indonesia. Karena hal tersebutlah Pulau Madura mendapat julukan sebagai Pulau Garam. Ada garam tentu tidak terlepas dari adanya laut, di mana garam memang dihasilkan dari air laut. Pulau Madura punya beberapa pantai dengan view yang indah, membuat banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahannya tersebut. Wisata pantai di Madura tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, melainkan juga dari mancanegara.

Apakah dalam waktu dekat ini kamu berencana untuk liburan ke Madura? Jika iya, wajib untuk mendatangi beberapa pantai cantik yang di Madura. Berikut ini sudah saya rangkumkan rekomendasi wisata pantai di Madura yang paling cantik dan menjadi favorit wisatawan. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini!

10 Wisata Pantai di Madura Paling Indah Favorit Wisatawan

Wisata Pantai di Madura tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai-pantai di wilayah lain di Indonesia. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai, pastinya membuat pengunjung betah berlama-lama di Madura. Adapun rekomendasi wisata pantai paling indah di Madura wajib kamu kunjungi, antara lain:

1. Pantai Lombang

Pantai Lombang
instagram.com/madura.took

Wisata pantai di Madura yang paling indah dan menjadi favorit wisatawan yang pertama adalah Pantai Lombang. Pantasi yang berlokasi di Sumenep ini memang cukup terkenal, tidak hanya sering dikunjungi masyarakat lokal, melainkan juga para turis berkunjung kesini. Salah satu keunikan dari Pantai Lombang ialah di tepian pantai banyak tumbuh pohon cemara udah. Di katakana cemara udang karena bentuk dari pohon tersebut agak membungkuk layaknya udang.

Tidak hanya itu saja, pasir pantainya berwarna putih dan membentang sepanjang 12 kilometer. Berpadu dengan air lautnya yang jernih dan berwarna kebiruan, dihiasi pula dengan deburan ombak laut yang semakin membuatnya tampak indah.

Lokasi: Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

2. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak
instagram.com/hajja_bynia

Masih di wilayah Sumenep, Gili Labak juga menjadi salah satu objek wisata paling populer di Pulau Madura. Gili Labak semakin terkenal karena banyaknya foto keindahan pulau kecil tersebut di platform media sosial. View alam di Gili Labak ini sangatlah menakjubkan, membuat siapa saja terpana saat memandangnya.

Gili Labak punya hamparan pasir putih berpadu dengan air lautnya yang sangat jernih berwarna kehijauan. Di tepian pantai juga dikelilingi oleh pepohonan kelapa serta perahu-perahu nelayan yang sedang parkir. Tidak hanya alam luarnya saja, keindahan bawah laut Gili Labak juga sangat mempesona. Bersnokeling di Gili Labak akan sangat menyenangkan karena ditemani oleh beragam biota laut dan view yang indah.

Lokasi: Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

3. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng
instagram.com/_ansftryh

Pantai Slopeng juga menjadi salah satu pantai terindah di Pulau Madura, lebih tepatnya berada di daerah Sumenep. Pantai satu ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan promosi pariwisata Pulau Madura. Untuk soal pemandangan di Pantaid Slopeng sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai satu ini punya hamparan pasir putih seluas 6 km yang berpadu dengan air lautnya yang jernih berwarna kebiruan.

Di sekeliling pantai juga ditumbuhi beberapa jenis pepohonan seperti pohon kelapa, cemara hingga siwalan. Namanya memang sudah sangat terkenal, karenanya fasilitas yang disediakan di pantai ini sudah sangat lengkap. Beberapa fasilitas tersebut seperti gazebo untuk bersantai, area bermain anak, tempat makan, toilet, toko oleh-oleh, penyewaan kuda dan lain sebagainya.

Lokasi: Desa Sama’an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

4. Pantai Nepa

Pantai Nepa
instagram.com/exploremadura

Pilihan pantai di Madura yang paling indah dan populer dikalangan wisawatawan berikutnya adalah Pantai Nepa. Pantai Nepa sendiri berada di wilayah Sampang, di mana pantai tersebut berada di pesisir utara Pulau Madura dengan menghadap langsung ke Laut Jawa. Keindahan Pantai Nepa sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, berada di tempat ini akan membuatmu betah berlama-lama.

Hamparan pasir putah yang luas berpadu dengan air laut biru, menghasilkan view alam yang menakjubkan. Dilengkapi pula dengan fasilitas memadai, membuat pengunjung semakin betah berada di sini. Puas bersantai di pantai, kamu juga bisa mengunjungi Hutan Kera Nepa dan Hutan Bakau yang masih berada di kawasan Pantai Nepa ini.

Lokasi: Desa Batioh, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

5. Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy
instagram.com/titim_nuraini

Beralih ke Kabupaten Pamekasan, di sini juga terdapat salah satu pantai unik dan indah favorit wisatawan. Pantai tersebut diberi nama Pantai Batu Kerbuy, di mana pantai satu ini mampu menghadirkan suasana menenangkan bagi pengunjung. Kamu yang sedang ingin melepas penat karena beban pikiran, berkunjung ke pantai di Pamekasan ini akan membuat pikiran lebih tenang dan meningkatkan rasa bahagia.

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Pulau Madura, Pantai Batu kerbuy dihiasi oleh hamparan batu karang. Berpadu dengan air laut yang sangat jernih serta dengan hiasan ombak yang cukup tenang. Ombaknya yang tenang tentu memungkinkan pengunjung bermain air, berenang, snorkeling hingga memancing seru. Tersedia pula penyewaan speedboat yang akan membawamu menjelajahi laut di pantai ini.

Lokasi: Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

6. Pantai Mamburit

Pantai Mamburit
instagram.com/visitsumenepcom

Pantai Mamburit merupakan salah satu pantai terindah yang berada di Kepulauan Kangean. Pantai ini punya hamparan pasir putih luas dan berpadu dengan air lautnya yang sangat jernih. Selain itu, alam bawah laut dari Pantai Mamburit ini juga tidak kalah menakjubkan. Untuk menikmati keindahan bawah lautnya tersebut bisa dengan cara snorkeling ataupun diving. Tetapi jika ingin lebih hemat lebih baik memilih cara snorkeling.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa bersantai ria di tepian pantai dan di bawah pohon sukun yang rindang. Ya, di tepian Pantai Mamburit memang banyak tumbuh pohon sukun yang sangat cocok dijadikan tempat untuk berteduh sambil bersantai.

Lokasi: Pulau Mamburit, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

7. Pantai Batu Malang

Pantai Batu Malang
instagram.com/dhalebay

Sekarang kita menuju ke Pulau Bangkalan yang terkenal dengan jembatan terpanjangnya yakni Jembatan Suramadu. Tidak jauh dari Jembatan Suramadu yang terkenal tersebut, kamu bisa berkunjung ke Pantai Batu Malang. Dari pantai ini kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang Jembatan Suramadu yang megah.

Diberi nama Pantai Batu Malang karena dulunya di pantai ini terdapat sebuah batu besar yang malang, atau dalam Bahasa Indonesia berarti melintang. Tidak seperti pantai-pantai lainnya, di sini kamu tidak akan menemukan hamparan pasir putih, melainkan hamparan bebatuan karang. Meski begitu, hal ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Lokasi: Desa Sukolilo, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

8. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning
instagram.com/berline_casillas

Masih berada di Kabupaten Bangkalan, ada lagi pantai indah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai tersebut memiliki nama Pantai Siring Kemuning yang juga menjadi tempat liburan favorit warga lokal. Suasana di pantai ini masih sangat tenang karena memang belum banyak yang mengunjunginya.

Tempat seperti ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang mencari tempat sepi untuk menenangkan diri. Di sekeliling pantai juga banyak tumbuh pepohonan hijau yang semakin melengkapi keindahan di pantai ini.

Lokasi: Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

9. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan
tempat.me

Satu lagi pantai indah yang bisa kamu temukan di daerah Bangkalan yakni Pantai Sambilangan. Berada di sebelah barat Pulau Madura, pantai satu ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Bangkalan ke arah selatan.

Salah satu daya tarik dari Pantai Sambilangan adalah adanya sebuah mercusuar tua yang merupakan peninggalan Belanda. Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 78 meter dengan terdiri dari 17 lantai. Diperkirakan mercusuar tersebut sudah ada sejak tahun 1879 silam dan tetap kokoh hingga sekarang ini.

Lokasi: Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

10. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang
instagram.com/potretmadura

Dan wisata pantai di Madura yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi terakhir adalah Pantai Jumiang. Pantai Jumiang sendiri berada di wilayah Pamekasan dan menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Tidak seperti pantai lainnya, Pantai Jumiang memiliki dua spot menarik bagi pengunjung yakni Pantai Jumiang Atas dan Pantai Jumiang Bawah.

Pantai Jumiang Atas memungkinkan wisawatan memungkinkan pengunjung menyaksikan kemegahan tebing curam dengan pepohonan hijau dan mercusuar tua. Sementara di Pantai Jumiang Bawah terdapat hamparan pasir putih luas dengan jajaran pohon cemara di sekelilingnya. Selain bersantai menikmati keindahan pantai, di sini kamu juga bisa mencoba aktivitas seru yakni menaiki banana boat.

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata pantai di Madura yang paling indah dan menjadi favorit wisatawan. Yuk kunjungi beberapa pantai di Pulau Madura di atas!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini