10 Tempat Wisata di Madura yang Paling Hits dan Populer

0
186
Tempat Wisata di Madura yang Paling Hits dan Populer
Tempat Wisata di Madura yang Paling Hits dan Populer

Koran.idMadura yang terkenal dengan kerapan sapi ini ternyata memiliki daya tarik bagi wisatawan, salah satunya yaitu obyek wisata alam di Madura. menariknya di Madura ini memang potensinya sangat bagus, dalam segi pariwisatanya pun juga sudah berbicara banyak dan tak kalah saing dari daerah lainya. Di antaranya ada tempat wisata di Madura yang paling hits dan populer untuk kalian kunjungi.

Singkat mengenai profil Kabupaten Madura yang wilayahnya di Jawa Timur, dengan keluasan mencapai 5.168 km2. Madura juga berdekatan dengan salah satu kota besar di Indonesia yaitu Surabaya, untuk sampai ke Pulau Madura pastinya melewati jembatan nan megah bernama Suramadu yag artinya penghubung Surabaya Madura. Jadi ketika kamu menjadwalkan untuk refreshing di Madura, terlebih dahulu untuk menyimak rekomendasi dibawah ini :

10 Tempat Wisata di Madura yang Paling Hits dan Populer

1. Wisata Pantai Siring Kemuning

Wisata Pantai Siring Kemuning
Instagram.com/yusrinatsabitaa

Yang pertama ketika kamu liburan di Madura jangan sampai lewatkan pantai siring kemuning, menariknya pantai satu ini memiliki garis pantai yang begitu luas, ditambah pasirnya yang bersih membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama disini. Tak hanya itu saja fasilitas yang disediakan pengelola cukup memadai seperti tempat bilas maupun warung untuk mencicipi kuliner khas Madura.

Aktivitas yang bisa dilakukan para pengunjung ketika liburan di pantai siring kemuning, bisa sekedar melepas penat untuk bersantai, dan juga buat yang ingin basah-basahan bisa berenang. Lokasi pantai siring kemuning letaknya di Mecajah, Tanjungbumi, Bangkalan Madura. agar liburanmu tambah seru, maka ajak rame-rame teman ataupun sanak saudara.

2. Wisata Bukit Jaddih Bangkalan

Wisata Bukit Jaddih Bangkalan
Instagram.com/andii.putranto

Berikutnya, yang harus kalian kunjungi ketika berada di Madura adalah Bukit Jaddih Bangkalan. Menariknya disini bukit Jaddih sebagai lokasi penambangan yang masih aktif digunakan, tetapi meski sebagai penambangan batu kapur view-nya sangat menakjubkan sekali. tak hanya kamu bisa menyaksikan batu dinding yang kokoh, namun bisa juga melihat kolam renang dengan air yang berwarna biru itu.

Lokasi wisata Bukit Jaddih berada di Parseh, Socah Bangkalan, Madura. biasanya dibuka sekitar pagi jam 8  sampai dengan jam 4 sore setempat, untuk masalah harga tiket masuk murah meriah pastinya pas banget untuk dijadikan rekomendasi. Fasilitas yang sudah tersedia di obyek bukit kapur ini mulai dari gazebo, toilet maupun warung kuliner.

3. Wisata Masjid Agung Sumenep

Wisata Masjid Agung Sumenep
Instagram.com/andii.putranto

Salah satu destinasi yang mengusung tema religi tepatnya di Masjid Agung Sumenep, Madura. masjid yang didirikan sejak tahun 1779 sampai 1787 ini tercatat menjadi bangunan tertua. Uniknya masjid Agung gaya arsitekturnya mengusung dari negara maju seperti Eropa, Tiongkok, Jawa dan Madura.

Mungkin jika melihat sekilas mengenai Masjid Agung Sumenep banyak di tampilkan dengan teman budaya Jawa, Madura. sedangkan dari sisi gerbangnya atau pintu depan mengambil unsur ala budaya Tiongkok dan Eropa. Lokasi masjid Agung ini terletak di Jalan Manikam No. 184 Bangselok, Sumenep. Jadi untuk kalian yang sudah berkeliling Madura, jangan sampai dilewatkan untuk mensucikan diri di Masjid ini.

4. Wisata Pantai Slopeng Sumenep

Wisata Pantai Slopeng Sumenep
Instagram.com/photomadura

Pesona keindahan pantai Slopeng ini memang menjadi daya tarik para wisatawan yang datang, mulai dari pasir putihnya yang halus disekitar pantainya juga dikelilingi pepohonan cemara yang masih rindang. Oleh karena itu pantai Slopeng memang sudah menjadi pilihan untuk melepas penat dengan menikmati segarnya udara dan pemandangan alamnya.

Lokasi pantai Slopeng yang berada di Jalan Slopeng Sema’an, Dasuk Sumenep, Madura. fasilitas di dalamnya begitu lengkap. Mulai dari permainan anak-anak, spot tempat berfoto dan lain sebagainnya. Keseruan liburan di pantai satu ini pas sekali bersama keluarga tercinta, pasalnya di malam hari semakin bagus di area pantai dengan pernak-pernik lampu warung makan.

5. Wisata Pantai Lombang Sumenep

Wisata Pantai Lombang Sumenep
Instagram.com/infomadurans

Wisata pantai di Madura yang terindah selanjutnya berada di Sumenep, tepatnya di Lombang, Batang, Kabupaten Sumenep Madura. obyek wisata pantai lombang selalu ramai oleh wisatawan baik lokal hingga dari luar pulau Madura. namun juga tak sedikit yang penasaran dari warga mancanegara yang ingin liburan di pantai Lombang ini.

Istimewanya pantai Lombang terdapat pada hamparan pasir putihnya yang sangat luas, ditambah suara angin yang sepoi-sepoi seakan mata ini menjadi mengantuk. Tapi jangan khawatir meski terik matahari selalu menyorot luasnya pantai ini, kamu bisa berteduh di hijaunya pohon cemara. Untuk fasilitasnya seperti pada umumnya selalu menyediakan warung makan dan juga tempat pembilasan.

6. Wisata Gua Blaban

Wisata Gua Blaban
Instagram.com/shella_ell_mathilda

Buat kalian yang memiliki jiwa petualang untuk meyusuri ke suatu tempat, maka pas sekali jika berkunjung ke Gua Blaban. Lokasinya tidak begitu jauh tepatnya berada di Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan Madura. Keunikan Gua Blaban ini terletak pada pintu masuknya yang menyerupai sumur tua dengan kedalaman hampir 4 meter.

Akan tetapi kalian jangan khawatir karena untuk menuruni sudah tersedia seperti tangga buatan yang aman melingkar dan di sampingnya terdapat pegangan besi. Gua Blaban juga semakin baik dalam segi perawatannya, tak heran jika didalam goa pengunjung bisa tertarik dengan kilaunya bebatuan kristal dan merupakan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk pengunjung yang ingin menjelajahi ke dalam gua, oleh petugas diberikan waktu kurang lebih hanya 15 menit saja.

7. Wisata Bukit Kapur Arosbaya

Wisata Bukit Kapur Arosbaya
Instagram.com/zaimatul_umami

Awal mula destinasi wisata satu ini berawal dari galian atau tambang batu kapur, sangking lamanya aktivitas penggaliannya kini batu yang tinggi itu membentuk sebuah relief yang unik sekali. terbukti tekstur dari bebatuannya bekas dari tangga pekerja, hingga sampai saat ini lokasinya viewnya membuat mata terpanah akan eindahan batu kapur tersebut.

Buat para pengunjung yang ingin liburan di bukit kapur Arusbaya ini, sebaiknya di waktu pagi hari atau sore hari saja. Pasalnya jika siang hari panas matahari begitu menyengat dan untuk kalian yang memilih sore hari tutup operasi wisata ini jam 17.00 WIB. Lokasi wisata ini sendiri berada di Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya Bangkalan.

8. Wisata Bukit Geger Madura

Wisata Bukit Geger Madura
Instagram.com/a.rosi7

Madura memang banyak terdapat keindahan alam yang menyajikan bebukitan, salah satunya seperti wisata bukit Geger ini. saranya jika kalian ingin menjelajah ke atas bukit ini, harus memiliki stamina yang fit ya? meski tidak terlalu jauh namun perjalanan ke puncak selalu melelahkan. Lokasi wisata ini berada di Geger, bangkalan Madura, Jawa Timur.

Di setiap kawasan bukit Geger kalian akan selalu menemui monyet untuk melihat pengunjung yang datang, tetapi jangan takut dulu karena kawanan monyet ini tidak akan mengganggu refreshing kalian kok. di area wisata bukit tak hanya bisa melihat pemandangan dari puncak saja, akan tetapi kalian bisa mampir ke beberapa Goa Petapan, Pancong, Ular, Potre, dan Pote.  

9. Wisata Pantai Rongkang Bangkalan

Wisata Pantai Rongkang Bangkalan
Instagram.com/potretmadura

Salah satu pantai yang tak pernah sepi dari wisatawan adalah pantai Rongkang di Bangkalan, letaknya berada di Desa Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar – Kab. Bangkalan Madura. view dari pantai ini pada pasir putihnya yang begitu luas sekali, ombaknya yang tak terlalu besar membuat suasana di kawasan ini selalu menenangkan.

Sebenarnya untuk menuju ke lokasi pantai Rongkang ini tidak terlalu jauh dari Jembatan Suramadu yang megah itu, karena dari atas jembatan yang kamu lewati juga sudah terlihat pantai satu ini. jika liburanmu ingin bertambah ramai dan menambah keseruan, maka ajaklah semua teman dan sanak saudaramu.

10. Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Edu Wisata Selamat Pagi Madura
Instagram.com/wisata.madura

Letaknya berada di Jalan Lawangan Daya, Sentol Pademawu, Pamekasan Madura menyajikan wisata Edukasi untuk keluarga. Banyak sekali fasilitas yang tersedia mulai dari area berkuda, bukit cinta, lokasi memancing, permainan flying fox, playground dan lain sebagainnya.

Wahana lain yang bisa diandalkan disini seperti hiburan tukang sulap dan pastinya beberapa spot yang dapat di foto untuk diabadikan. Destinasi wisata keluarga ini tak pernah sepi setiap harinya, karena selain fasilitasnya memadai suasana di kawasan wisata begitu menenangkan sekali. wahana ini dibuka mulai dari jam 8 pag sampai jam 4 sore saja.

Nah, itu tadi tentang 10 Tempat Wisata di Madura yang Paling Hits dan Populer. Jika kalian liburan di Madura, mana nih yang menjadi wisata favoritmu. Semoga referensi di atas bermanfaat dan selamat liburan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini