10 Rekomendasi Merek Cat Kayu yang Bagus dan Tahan Lama

485
Merek Cat Kayu
Merek Cat Kayu

Koran.id – Memilih furniture berbahan kayu memang memberikan kesan tersendiri pada interior rumah. Pemilih bahan kayu ini tidak hanya memperhatikan soal kualitas, melainkan juga cat yang digunakan untuk pelapisnya. Ada banyak jenis dan merek cat kayu yang bisa ditemukan di pasaran, yang tentunya juga memiliki harga yang bervariasi. Ini tergantung dari segi kualitas dan juga hasil akhir yang diberikan oleh cat kayu tersebut.

Cat kayu tidak sama seperti cat tembok, yang mana tekstur dan bahan campuran yang digunakan tentu berbeda. Beberapa cat kayu ada yang memberikan hasil akhir water based dan ada pula yang solvent based, kamu bisa memilihnya sendiri sesuai keinginan. Namun, jika masih bingung memilih, berikut ini ada beberapa rekomendasi cat kayu terbaik dan awet bisa kamu jadikan pilihan.

Daftar Merek Cat Kayu yang Bagus dan Tahan Lama

Memilih cat kayu, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan agar tidak salah memilihnya. Hal yang pertama harus diperhatikan adalah soal jenis cat kayu, apakah kamu menginginkan cat dengan hasil akhir tajam dan mengkilap atau ingin yang tidak terlalu mengkilap. Selain itu, sesuaikan juga pemilihan cat dengan karakter kayu yang akan dicat. Jangan lupakan dengan keberadaan kayu atau furniture yang ingin dilapisi cat, apakah sebagai furniture outdoor atau indoor.

Dan hal penting lainnya yakni soal warna dari cat kayu yang ingin dibeli, kamu bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan. Adapun beberapa pilihan merek cat kayu yang bagus dan tahan lama selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kuda Terbang Synthetic Gloss Enamel

Kuda Terbang Synthetic Gloss Enamel
Kuda Terbang Synthetic Gloss Enamel

Pilihan cat kayu terbaik yang pertama bisa kamu jadikan pilihan yakni Kuda Terbang Synthetic Gloss Enamel. Hadir dengan kemasan praktis dan ekonomis, cat kayu satu ini bisa kamu pilih jika membutuhkan tidak terlalu banyak cat untuk pelapis furniture kayu di rumah. Satu kaleng kemasannya hanya berisi sekitar 100 ml saja dan bisa digunakan untuk melapisi furniture kayu dengan sangat baik.

Saat digunakan, cat kayu Kuda Terbang Synthetic Gloss Enamel ini sangat mudah untuk diratakan menggunakan kuas. Selain itu, cat kayu dari Trico Paint ini juga cukup cepat keringnya, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk hasil kering sentuh. Sementara jika ingin keringnya sempurna, membutuhkan waktu hingga 16 – 24 jam.

2. Dulux V-Gloss

Dulux V-Gloss
Dulux V-Gloss

Brand cat Dulux sudah sangat terkenal di Indonesia dan menjadi pilihan favorit banyak orang. Selain menghadirkan cat tembok, Dulux juga telah menyediakan produk cat kayu dengan kualitas yang bagus dan tahan lama dan diberi nama Dulux V-Gloss. Cat kayu dari Dulux ini bisa kamu aplikasikan dengan mudah menggunakan berbagai alat, baik itu dengan kuas, roll, ataupun spray. Hasil akhirnya tampak berkulai dan menutup sempurna sebuah bagian permukaan kayu.

Cat kayu Dulux V-Gloss ini sendiri termasuk jenis cat solvent based yang diklaim cepat kering dan mudah digunakan. Kamu bisa menggunakannya sebagai cat pelapis berbagai jenis furniture yang ada di rumah, baik itu furniture indoor maupun outdoor. Untuk harga satu kalengnya terbilang cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 49 ribuan.

3. Mataram Paint EMCO LUX

Mataram Paint EMCO LUX
Mataram Paint EMCO LUX

Sebagian besar masyarakat kita pasti sudah tidak asing lagi dengan merek cat kayu satu ini, yakni Mataram Paint EMCO LUX. Namanya sudah terkenal sejak lama dan menjadi pilihan cat kayu favorit bagi banyak orang. Cat kayu satu ini memiliki kualitas yang bagus dan memiliki daya tutup serta daya sebar yang cukup tinggi. Hal ini memungkinkan penggunaan cat tersebut lebih hemat dibandingkan jenis cat kayu dari brand lainnya.

Saat digunakan untuk melapisi furniture kayu, cat tersebut memberikan hasil akhir yang tampak mengkilap dan tahan terhadap berbagai cuaca. Penggunaannya juga bisa untuk furniture outdoor, dikarenakan cat satu ini tidak mudah luntur meskipun sering terkena paparan cahaya matahari. Untuk pelarutnya sendiri, Anda bisa menggunakan tambahan tiner.

4. BITAL BITAGUARD QUICK DRY 605

BITAL BITAGUARD QUICK DRY 605
BITAL BITAGUARD QUICK DRY 605

Selanjutnya ada produk cat kayu bernama BITAL BITAGUARD QUICK DRY 605 yang juga bisa kamu jadikan pilihan. Produk satu ini direkomendasikan bagi kamu yang tidak ingin ribet dalam pengaplikasian cat kayu. Yang mana cat kayu satu ini bisa langsung kamu aplikasikan pada permukaan kayu tanpa perlu melapisinya dengan primer terlebih dahulu. Cat akan merekat sempurna pada kayu meskipun tanpa lapisan primer tersebut.

Saat digunakan untuk melapisi permukaan kayu, cat BITAL BITAGUARD QUICK DRY 605 ini cukup cepat keringnya. Bau yang dihasilkan tidak menyengat, serta diklaim cukup ramah lingkungan, dikarenakan sudah memenuhi standar kesehatan internasional. Catu kayu satu ini bisa digunakan untuk cat indoor maupun outdoor.

5. Indaco Water Based System Belazo A.G.E

Indaco Water Based System Belazo A.G.E
Indaco Water Based System Belazo A.G.E

Kali ini ada produk cat kayu terbaik dari merek Indaco, yakni bernama Indaco Water Based System Belazo A.G.E. Hadir dengan jenis cat water based, cat satu ini bisa kamu gunakan untuk melapisi permukaan kayu dengan sangat baik. Cat satu ini juga sangat mudah dan aman digunakan. Saat terkena kulit, cat lebih mudah untuk dibersihkan hanya dengan menggunakan air saja.

Untuk pengencerannya tidak memerlukan thinner, melainkan cukup menggunakan air saja. Cat akan lebih mudah kering, tidak menimbulkan bau yang menyengat, serta sangat ramah lingkungan. Karena kelebihan inilah banyak orang yang beralih pada cat dengan jenis water-based, salah satunya cat dari Indaco ini. Untuk waktu keringnya sendiri, cat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit setelah diaplikasikan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Cat Plitur yang Bagus dan Tahan Lama

6. Nippon Paint WOODSTAIN

Nippon Paint WOODSTAIN
Nippon Paint WOODSTAIN

Selanjutnya ada cat dari merek ternama Nippon Paint yakni bernama Nippon Paint WOODSTAIN. Sama seperti jenis cat di atas, cat satu ini juga berjenis water based. Anda hanya perlu mengencerkannya menggunakan air, dan nantinya bisa langsung diaplikasikan ke permukaan kayu. Tidak seperti jenis cat kayu lainnya, cat dari Nippon Paint ini memberikan hasil akhir yang sempurna dengan menonjolkan serat asli dari kayu.

Pelapisan cat Nippon Paint WOODSTAIN tidak akan menghilangkan karakter asli dari kayu. Sementara untuk tampilan yang diberikan bisa dipilih sesuai keinginan, apakah ingin tampilan yang glossy, matte ataupun satin. Cat kayu ini sama cocoknya digunakan untuk pelapis furniture outdoor ataupun indoor.

7. Propan GO FAST A-1000

Propan GO FAST A-1000
Propan GO FAST A-1000

Propan merupakan salah satu brand cat ternama di Indonesia khususnya. Ada banyak jenis cat yang dihadirkannya, salah satunya adalah cat kayu Propan GO FAST A-1000. Cat kayu satu ini sangat pas dipilih untuk melapisi furniture outdoor. Pasalnya, cat tersebut diklaim memiliki daya lekat yang sangat kuat serta tahan terhadap cuaca. Cat tidak akan mudah mengelupas meskipun sering terkena paparan sinar matahari.

 Karena merupakan jens cat water based, Anda hanya membutuhkan air sebagai pengencernya. Larutkan air sebanyak 10% hingga 20% untuk mengencerkan cat, kemudian cat bisa langsung kamu aplikasikan ke permukaan kayu. Untuk soal harga, cat kayu Propan GO FAST A-1000 ini terbilang cukup terjangkau, yakni hanya sekitar RP 65 ribuan ke kalengnya.

8. Avian Cat Kayu dan Besi

Avian Cat Kayu dan Besi
Avian Cat Kayu dan Besi

Berikutnya ini ada cat kayu terbaik dari brand Avian, yakni Avian Cat Kayu dan Besi. Sesuai dengan namanya, cat tersebut tidak hanya bisa digunakan sebagai pelapis permukaan kayu, melainkan juga permukaan besi. Cat kayu dan besi dari Avian ini memiliki tampilan hasil akhir yang cerah dan bersih, sangat cocok digunakan untuk melapisi komponen furniture di dalam rumah. Bahkan cat dari Avian ini diklaim lebih putih dibandingkan cat dari brand lainnya.

Saat diaplikasikan, cat Avian ini melekat cukup kuat dan tidak mudah mengelupas. Bahkan cat tersebut diklaim tahan terhadap air, sehingga cat akan lebih awet hingga bertahun-tahun. Jika memang permukaan cat kotor, kamu bisa dengan mudah membersihkannya menggunakan air dan tidak perlu khawatir cat mengelupas.

9. Mowilex Woodstain

Mowilex Woodstain
Mowilex Woodstain

Mencari cat kayu yang punya warna yang bervariasi? Kalau begitu kamu bisa pilih cat dari brand Mowilex ini, yakni Mowilex Woodstain. Pilihan warna yang disediakan sangat banyak, bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Karena variasi warnanya yang banyak tersebut, tidak jarang para pengusaha mebel lebih memilih cat kayu dari Mowilex ini untuk pelapis produk furniturenya.

Mowilex Woodstain sendiri terdiri dari 15 pilihan dengan warna transparan, 4 warna semi-transparan, dan juga 10 warna solid serta bening. Kamu bisa memilihnya sendiri sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, hasil akhir yang diberikannya tampak sangat indah dan mengkilap sempurna. Merupakan jenis cat water based, menggunakannya kamu hanya perlu mencampurkan dengan air saja sebagai pengencer. Sayangnya, cat ini tidak cocok digunakan untuk cat furniture di luar ruangan.

10. Puffin Alkyd Enamel Supergloss

Puffin Alkyd Enamel Supergloss
Puffin Alkyd Enamel Supergloss

Dan pilihan merek cat kayu terbaik yang bagus dan tahan lama yang terakhir yakni Puffin Alkyd Enamel Supergloss. Cat kayu satu ini hadir dengan beragam pilihan ukuran kemasan, bahkan ada kemasan cukup besar dengan berat mencapai 20 kilogram. Kamu bisa memilih ukuran yang pas dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Cat Puffin Alkyd Enamel Supergloss sendiri memiliki tampilan hasil akhir yang mengkilap sempurna, tentunya akan mempercantik tampilan furniture di rumahmu. Tidak hanya bisa digunakan untuk pelapis kayu, melainkan juga untuk lapisan permukaan bahan metal atau bahan konstruksi lainnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek cat kayu yang bagus dan tahan lama bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Test Pack Kehamilan yang Paling Akurat
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Sepatu Pantofel Pria Paling Keren
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini