10 Rekomendasi Merek Obat Cacing untuk Anak yang Bagus

16
Merek Obat Cacing
Merek Obat Cacing

Koran.id – Sebagai orang tua kita memiliki kewajiban untuk merawat anak hingga ia tumbuh dewasa dan mandiri. Di usia dini, anak-anak sangat rentang terserang penyakit yang bisa jadi mengganggu kesehatannya. Memberikan obat khusus untuk anak sesuai gejala yang dialami merupakan tugas penting bagi orang tua. Misalnya saja memberikan obat cacing untuk anak guna untuk mengatasi masalah cacingan. Perihal obat tersebut, saat ini sudah ada banyak merek obat cacing untuk anak terbaik yang bisa ditemukan di pasaran.

Namun, jangan sembarangan memilih obat cacing untuk anak, karena bisa jadi bukan cacingan sembuh yang didapatkan. Justru anak mengalami kondisi kesehatan yang lebih parah dibandingkan sebelumnya. Adapun beberapa rekomendasi obat cacing terbaik untuk anak selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Merek Obat Cacing untuk Anak yang Bagus

Penyakit cacingan atau infeksi cacing memang sering dialami oleh anak, dan hal ini sering membuat orang tua cemas dan khawatir. Cacingan ini sendiri disebabkan oleh telur atau larva cacing parasit yang masuk ke dalam tubuh, bisa melalui mulut atau pori-pori kulit. Bisa jadi karena anak sering memasukkan mainan atau benda lain yang kotor dan terdapat telur atau larva cacing parasit di sana.

Kebiasaan untuk menjaga kebersihan memang harus diterapkan oleh setiap orang tua agar tidak terjadi hal semacam ini. Misalnya saja dengan rutin membersihkan tempat bermain anak, memperhatikan kebersihan mainan anak, hingga membiasakan anak cuci tangan saat sebelum makan atau habis main di luar rumah.

Jika anak sudah terlanjur terkena penyakit cacingan, salah satu cara untuk menanganinya yakni dengan memberikan anak obat cacing. Obat cacing yang diberikan ini harus yang memang dikhususkan untuk anak. Adapun beberapa pilihan merek obat cacing untuk anak yang paling bagus selengkapnya, sebagai berikut:

1. Combantrin Sirup

Combantrin Sirup
Combantrin Sirup

Pilihan merek obat cacingan untuk anak yang pertama yakni bernama Combantrin. Ini merupakan salah satu jenis obat penyakit cacingan terbaik untuk anak yang bahkan direkomendasikan oleh para dokter anak. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di apotek atau toko obat lainnya, bahkan tanpa perlu resep dokter. Obat satu ini diklaim handal dalam membasmi infeksi akibat cacing parasit, baik itu cacing kremi, cacing gelang hingga cacing tambang.

Combantrin sendiri hadir dalam bentuk sirup menggunakan kemasan botol yang mudah dibuka-tutup. Obat cacingan satu ini baik diberikan pada anak mulai dari umur 2 tahun ke atas. Sementara untuk dosisnya sudah tertera di kemasan, beda usia anak tentunya juga berbeda dosis yang dianjurkan.

2. Konvermex tablet 125

Konvermex tablet 125
Konvermex tablet 125

Berikutnya ada obat cacing berbentuk tablet yang juga diklaim ampuh untuk mengatasi penyakit cacingan pada anak. Di dalamnya terdapat kandungan Pyrantel Pamoat 125 mg, yang mana kandungannya ini diklaim sangat ampuh untuk mengobati infeksi cacing di dalam tubuh anak. Kemampuannya tersebut bisa untuk membasmi infeksi cacing tunggal maupun ganda.

Obat cacing Konvermex tablet 125 sendiri bisa kamu beli secara bebas di toko obat atau apotek, atau bisa juga membelinya via online. Konvermex tablet 125 ini baik dikonsumsi oleh anak usia 2 hingga 12 tahun dengan dosis menyesuaikan usia dari anak. Ada juga varian Konvermex tablet 250 yang merupakan obat cacing untuk orang dewasa.

3. Vermoran

Vermoran
Vermoran

Vermoran juga menjadi obat cacing terbaik lainnya yang bisa diberikan pada anak yang terkena infeksi cacing. Meminum obat cacing Vermoran ini diklaim sangat efektif untuk membasmi infeksi cacing di saluran pencernaan anak, bahkan dalam waktu singkat.

Obat cacing Vermoran dapat mengatsi infeksi dari berbagai jenis cacing parasit, mulai dari cacing kremi, cacing cambuk, cacing gelang, hingga cacing tambang. Vermoran sendiri bisa diberikan pada anak usia 5 tahun ke atas, bahkan bisa juga dikonsumsi untuk mengatasi infeksi cacing pada orang dewasa. Hadir dalam bentuk tablet, kamu bisa membeli obat cacing satu ini secara bebas tanpa menggunakan resep dokter.

4. Askamex Levamisole

Askamex Levamisole
Askamex Levamisole

Selanjutnya ada obat infeksi cacing buat anak yang bernama Askamex Levamisole. Obat satu ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia, baik itu anak-anak, remaja ataupun dewasa. Hadir dalam bentuk tablet, obat satu ini sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi cacing yang bahkan sudah parah. Untuk anak-anak usia 1 tahun juga diperbolehkan untuk mengonsumsi obat cacingan ini, namun harus sesuai dengan resep dokter.

Mengonsumsi Askamex Levamisole, obat tersebut akan bekerja dengan cara melumpuhkan cacing parasit di saluran pencernaan. Kemudian cacing parasit yang sudah tidak berdaya akan dikeluarkan melalui gerakan alami usus. Tidak hanya melumpuhkan, obat ini juga menurunkan kemampuan cacing parasit untuk berkembang biak.

5. Upixon suspensi

Upixon suspensi
Upixon suspensi

Obat untuk membunuh dan membasmi infeksi cacing pada anak lainnya bisa dijadikan pilihan yakni Upixon suspensi. Obat satu ini mampu mengatasi infeksi berbagai jenis cacing parasit, mulai dari cacing gelang, cacing tambang hingga cacing kremi. Kemampuannya sangat baik dalam pembasmian berbagai jenis cacing tersebut.

Untuk pengonsumsiannya sendiri diberikan pada anak yang terinfeksi cacing sebelum ataupun sesudah makan. Sementara untuk dosisnya sendiri bisa dilihat di kemasan, yang mana setiap usia anak berbeda dosisnya. Obat cacing Upixon suspensi ini sendiri baik diberikan pada anak usia 2 tahun ke atas.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Vitamin Otak Terbaik untuk Anak

6. Compyrantel

Compyrantel
Compyrantel

Infeksi cacing pada anak juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat cacing bernama Compyrantel ini. Di dalamnya terdapat kandungan bahan aktif Pyrantel Pamoat 125 mg yang memang memiliki kemampuan yang baik dan efektif untuk membasmi infeksi cacing. Cara kerja dari obat tersebut yakni dengan melumpuhkan cacing yang ada di dalam saluran pencernaan.

Obat cacing Compyrantel sendiri bisa diberikan pada anak usia 2 tahun ke atas dengan dosis yang telah tertulis di kemasan obat. Tidak hanya untuk anak-anak, obat cacing Compyrantel ini juga bisa diberikan ke orang dewasa. Setiap kemasaannya terdiri dari 2 tablet obat dengan harga sekitar Rp 5 ribuan saja per kemasannya.

7. Vermox Mebendazole

Vermox Mebendazole
Vermox Mebendazole

Sementara untuk obat mengatasi infeksi cacing berikutnya ini dilengkapi dengan kandungan Mebendazole sebanyak 500 mg di dalamnya. Kandungan bahan aktif tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengatasi infeksi di saluran pencernaan anak yang diakibatkan oleh berbagai jenis cacing parasit. Mulai dari cacing pita, cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang hingga cacing cambuk.

Cara kerja dari obat Vermox Mebendazole ini yakni dengan melumpuhkan cacing parasit, kemudian membunuhnya. Cacing parasit yang menginfeksi saluran pencernaan akan dicegah agar tidak dapat menyerap gula, di mana ini merupakan sumber makanan utama bagi cacing tersebut.

8. Univxon Piperazine

Univxon Piperazine
Univxon Piperazine

Untuk pilihan obat cacingan satu ini memiliki fungsi untuk mencegah dan sekaligus mengobat infeksi cacing. Baik itu, infeksi akibat cacing kremi (Oxyuris Vermicularis) ataupun cacing gelang (Ascaria Lumbricoides). Obat infeksi cacing Univxon Piperazine ini bisa diberikan pada anak-anak, remaja maupun dewasa.

Untuk dosisnya sendiri berbeda-beda untuk setiap usia. Untuk anak usia 1 hingga 2 tahun dosisnya sebanyak 1/3 tutup botol, sementara untuk anak-anak usia 3 hingga 5 tahun diberikan sebanyak 2/3 tutup botol. Dan usia anak 6 tahun ke atas dosisnya lebih banyak lagi, yakni 1 tutup botol per sekali minum. Hadir dalam bentuk sirup, obat ini tentunya lebih mudah untuk diminum.

9. Combantrin Tablet

Combantrin Tablet
Combantrin Tablet

Kali ini ada obat cacing Combantrin yang hadir dalam bentuk tablet, di mana khasiatnya sama dengan varian sirupnya. Obat cacing Combantrin Tablet sendiri memiliki rasa jeruk yang khas sehingga tidak akan membuat anak menolak untuk meminumnya. Rasa manis dari tablet justru akan disukai oleh anak dan cacingan pun akan segera sembuh.

Pada tablet obat infeksi cacing Combantrin sendiri terdapat kandungan Pirantel Pamoat yang efektif untuk membasmi cacing parasit. Mengonsumsinya tidak hanya akan mengatasi 1 jenis cacing parasit saja, melainkan banyak jenis cacing sekaligus. Selain bisa dikonsumsi oleh anak-anak, Combantrin Tablet juga bisa diberikan pada orang dewasa yang terkena infeksi cacing.

10. Walatra Hexabumin

Walatra Hexabumin
Walatra Hexabumin

Dan pilihan merek obat cacing untuk anak yang aman dan ampun yang terakhir yakni Walatra Hexabumin. Berbeda dengan obat infeksi cacing pada umumnya, obat satu ini dibuat dari campuran bahan-bahan alami berkhasiat. Mulai dari madu asli, temulawak, ekstrak albumin ikan gabus, dan juga ekstrak pegagan.

Sudah tedaftar resmi di BPOM, obat cacingan satu ini baik dikonsumsi oleh anak-anak usia 1 tahun ke atas. Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun diberikan 2-3 sendok makan sebanyak 2 kali sehari. Sementara untuk anak usia 4 hingga 12 tahun bisa diberikan Walatra Hexabumin 2-3 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek obat cacing untuk anak terbaik yang ampuh dan aman bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Beras Murah Berkualitas Bagus dan Enak
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Amplifier Murah yang Bagus dan Awet
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini