10 Rekomendasi Merek VGA Terbaik untuk Gaming

28
Merek VGA Terbaik
Merek VGA Terbaik

Koran.id – Kartu VGA merupakan salah satu komponen penting pada sebuah perangkat komputer. Perangkat satu ini bisa dijadikan sebagai komponen tambahan untuk memaksimalkan performa komputer saat digunakan untuk bermain game ataupun rendering video editing. Penggunaannya tersebut dapat membuat pengolahan grafis menjadi lebih optimal dan cepat. Dan di pasaran sudah ada banyak merek VGA terbaik dengan harga bervariasi, khususnya dengan fitur untuk memaksimalkan aktivitas gaming.

VGA sendiri biasanya dilengkapi pula dengan ruang penyimpanan data, di mana kapasitasnya tersebut juga bervariasi. Kecepatan yang dimiliki tergantung dari spek yang disematkan pada perangkat VGA card tersebut. VGA card umumnya dijual secara terpisah dengan PC, dan lebih sering digunakan oleh para gamer atau editor video. Bagi kamu yang tertarik membelinya, berikut ada daftar rekomendasi VGA untuk gaming terbaik bisa dijadikan pilihan.

Daftar Merek VGA Terbaik untuk Gaming

VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Adapter yang fungsinya untuk membantu pengolahan grafis pada perangkan komputer untuk nantinya ditampilkan hasilnya di layar monitor. Semakin besar spek dari VGA tentunya akan semakin bagus pula tampilan grafis yang dihasilkan. Karena fungsinya ini kebanyakan para gamer PC memilih untuk menambahkan VGA dengan spek tinggi di perangkat komputernya. Hasilnya, grafis game akan semakin tampak nyata, khususnya saat main game AAA.

Tidak hanya untuk urusan gaming, penggunaan VGA tambahan biasanya sering dilakukan oleh para editor video. Penggunaannya tersebut akan membantu mengoptimalkan proses rendering video. Hasilnya video tampak jernih, smooth, dan beresolusi HD, tentunya juga proses rendering menjadi lebih cepat.

Memilih VGA untuk perangkat PC gaming khususnya, tidak boleh sembarangan. Kamu harus menyesuaikan VGA yang dibeli dengan penggunaan GPU dan komponen lain di perangkat komputer. Hal ini berkenaan dengan kompatibilitas perangkat VGA dengan komponen lain di PC tersebut. Mengenai beberapa merek VGA terbaik untuk gaming selengkapnya, sebagai berikut:

1. VGA MSI

VGA MSI
VGA MSI

MSI merupakan salah satu brand ternama yang sudah menghadirkan berbagai produk untuk mendukung aktivitas gaming. Produk yang dihadirkannya tersebut sangat berkualitas dan mampu menghasilkan performa gaming yang maksimal. Salah satunya adalah VGA card yang sudah hadir dalam beberapa seri. Tentunya seri VGA dari MSI ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

MSI sudah menghadirkan seri VGA dari harga yang terjangkau hingga yang cukup mahal. Salah satu seri VGA terlaris dari MSI yakni MSI GeForce RTX 2060 VENTUS GP OC yang didukung dengan penyimpanan 6GB DDR6. VGA tersebut memiliki kecepatan GPU mencapai 14 Gbps dengan Power Connector 8-Pin.

2. VGA Gigabyte

VGA Gigabyte
VGA Gigabyte

Berikutnya ada merek Gigabyte yang merupakan produsen asal Taiwan dan sudah menjadi produsen VGA paling terkenal di dunia. Produk VGA dari Gigabyte termasuk yang paling diunggulkan, di mana performa yang dihasilkannya sangat maksimal. Baik itu untuk aktivitas gaming, rendering video maupun aktivitas yang membutuhkan pengolahan grafis lainnya.

Setidaknya ada 3 seri VGA yang diluncurkan oleh Gigabyte, yakni Nvidia Series, AORUS dan juga AMD Series. Kamu bisa memilih salah satu seri VGA dari Gigabyte tersebut menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga budget yang kamu miliki. Untuk seri paling tinggi dan termasuk produk high-end yakni seri VGA AORUS. Performa pengolahan grafis yang dihasilkannya sangat maksimal, khususnya untuk urusan gaming.

3. VGA ASUS

VGA ASUS
VGA ASUS

ASUS bisa dibilang sebagai salah satu brand yang cukup terkenal di Indonesia, di mana produk elektronik yang dihadirkannya kebanyakan dibanderol dengan harga terjangkau. Meski begitu, terdapat beberapa produk yang dikhususkan untuk kalangan menengah ke atas dari Asus. Tentu kualitas yang diberikannya tidak kalah dari brand lainnya. Salah satunya adalah perangkat VGA card dari ASUS yang diklaim sangat maksimal dalam menunjang aktivitas gaming.

Seperti yang kita tahu, ASUS menghadirkan produk khusus untuk menunjang gaming yang bertajuk ROG atau Republic of Gaming. Termasuk salah satunya adalah VGA ASUS ROG, di mana ada beberapa sub seri yang dirilis. Mulai dari VGA ROG Matrix, ROG Strix, dan juga ROG Poeseidon.

4. VGA ZOTAC

VGA ZOTAC
VGA ZOTAC

Bagi kamu yang mencari produk VGA gaming terbaik yang dibanderol dengan harga terjangkau, produk dari ZOTAC ini bisa dijadikan pilihan. ZOTAC menghadirkan seri VGA yang khusus untuk komputer dengan GPU Nvidia saja. Ada beberapa pilihan VGA yang bisa kamu beli, pastinya dengan banderol harga serta spesifikasi yang berbeda. Merupakan produsen yang berasal dari Hong Kong, produk VGA dari ZOTAC sudah bisa kamu temukan dengan mudah di marketplace.

Dari beberapa seri VGA yang dihadirkan, salah satunya yang paling banyak diminati yakni ZOTAC GAMING GeForce RTX 3080 AMP Holo LHR. VGA satu ini merupakan seri terbaik dari ZOTAC dengan menjadi pemenang pada ajang Penghargaan Reddot 2021 lalu. Spesifikasi yang didukungnya terbilang cukup tinggi dengan performa yang super cepat.

5. VGA ASRock

VGA ASRock
VGA ASRock

Untuk kamu yang mencari VGA card yang berbasis AMD Radeon, kartu VGA dari ASRock ini bisa dijadikan pilihan. Berbanding terbalik dengan brand VGA di atas, ASRock hanya berfokus untuk menghadirkan VGA untuk GPU AMD Radeon saja. VGA yang dihadirkannya memiliki kualitas yang bagus dan dan bertenaga. Aktivitas gaming akan sangat dimanjakan oleh penggunaan produk satu ini.

VGA dari ASRock ini sendiri termasuk produk kelas menengah dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Beberapa seri VGA juga sudah dirilisnya, semua produk tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di marketplace atau lewat situs resminya. Tidak hanya cocok untuk aktivitas gaming saja, VGA ASRock juga sangat handal dalam hal rendering video editing.

Baca Juga: 10 Rekomendasi VGA untuk Gaming Murah Terbaik 2022

6. VGA EVGA

VGA EVGA
VGA EVGA

Kali ini ada brand VGA terbaik bernama EVGA yang khusus menghadirkan VGA berbasis GPU Nvidia. Meskipun namanya belum se-terkenal ASUS, MSI dan lainnya, namun kualitas VGA yang dihadirkan oleh EVGA cukup diperhitungkan. Khususnya untuk performa gaming, VGA dari EVGA cukup cepat dan dapat menghasilkan tampilan grafis game yang memukau.

Sama seperti brand lainnya, EVGA menghadirkan beberapa seri VGA untuk segmen low-end, mid-end hingga high-end. Dalam hal ini, seri VGA K|NGP|N merupakan VGA flagship dari EVGA, di mana kartu VGA tersebut mampu menghasilkan performa gaming yang menakjubkan. Dibekali pula dengan dukungan pendinginan sub-zero yang bakal memaksimalkan kinerja dari VGA tersebut.

7. VGA Sapphire

VGA Sapphire
VGA Sapphire

Sapphire juga termasuk salah satu brand asal Hong Kong yang sudah menghadirkan berbagai jenis perangkat elektronik berkualitas, khususnya perangkat untuk komputer. Salah satunya yakni kartu VGA yang berkualitas bagus, namun dengan banderol harga cukup terjangkau. Menjalin kemitraan dengan AMD, Sapphire menghadirkan kartu grafis berbasis AMD Radeon.

Produk VGA AMD Radeon dari Sapphire ini hadir dengan rentang harga yang menjangkau semua kalangan, mulai dari harga murah, menengah hingga yang lumayan mahal. Untuk urusan gaming, disarankan untuk memilih VGA Sapphire dengan spek gahar dari rentang harga menengah hingga mahal. Tidak hanya cepat, VGA dari Sapphire juga dibekali dengan sistem pendingnan yang sangat baik dan efektif mendinginkan. Hal ini tentunya yang akan menunjang performa apik yang dihasilkannya.

8. VGA Palit

VGA Palit
VGA Palit

Palit termasuk salah satu brand produk VGA untuk gaming yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Banyak orang yang lebih memilih VGA gaming dari brand satu ini, karena memang masih ramah di kantong. Meski begitu, performa yang dihasilkannya sangat cepat dan tampilan grafisnya sangat memukau. Game sekalas AAA bahkan dapat dilibas dengan mudah oleh kartu grafis satu ini.

Palit sendiri merupakan brand yang berbasis Taiwan, di mana sudah ada beberapa seri VGA terbaik yang dirilisnya. Salah satu seri VGA paling laris dari Palit yakni Palit GeForce RTX 3050 Dual 8GB GDDR6. Perangkat VGA satu ini dibanderol seharga Rp 7 jutaan dan cocok dipasangkan pada komputer gaming dengan dukungan GPU Nvidia. Hampir semua seri VGA dari Palit bisa kamu temukan dengan mudah di marketplace lokal.

9. VGA PNY

VGA PNY
VGA PNY

Selanjutnya ada produk VGA untuk komputer gaming terbaik dari merek PNY. Di mana brand satu ini menjalin kemitraan dengan Nvidia dalam produksi kartu grafisnya ini. Sudah pasti VGA dari PNY sangat cocok dipilih bagi kamu yang menggunakan PC gaming dengan GPU Nvidia. Termasuk salah satu VGA terbaik saat ini, produk dari PNY tersebut menjadi pilihan favorit banyak pecinta game khususnya.

PNY sendiri sudah menghadirkan beberapa seri VGA yang punya kualitas bagus, mulai dari yang dibanderol dengan harga terjangkau hingga mahal. Salah satu seri VGA murah yang bagus dari PNY ini yakni PNY NVIDIA GeForce GT 1030 2GB DDR4 64BIT, yang mana perangkat satu ini dibanderol seharga Rp 1.4 jutaan saja.

10. VGA GALAX

VGA GALAX
VGA GALAX

Dan pilihan merek VGA terbaik untuk komputer gaming yang terakhir yakni bernama GALAX. Brand satu ini berfokus menghadirkan kartu grafis berbasis Nvidian dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Meski begitu, kualitas yang diberikannya terbilang sangat bagus. Baik dari segi desain, kualitas komponen yang digunakan, hingga spesifikasi yang didukungnya.

Ada beberapa seri VGA terbaik untuk gaming dari GALAX, salah satunya yang paling banyak diminati yakni GALAX GTX 1060 OVERCLOCK 3GB DDR5 192BIT. VGA satu ini didukung dengan kapasitas penyimpanan sebesar 3GB RAM DDR5, serta dengan kecepatan yang optimal.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek VGA terbaik untuk aktivitas gaming yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi VGA untuk Gaming Murah Terbaik 2022
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Keyboard Gaming Murah Terbaik 2022
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini