Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kepala Agar Aman

0
403
Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kepala

Koran.id – Beraktivitas di bawah terik matahari menuntut kita menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit. Sunscreen akan membuat kulit terhindar dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkannya terbakar. Penggunaan sunscreen sendiri biasanya diaplikasikan pada kulit wajah dan kulit badan. Tapi apa kamu tahu, kulit kepala juga perlu perlindungan lho? Namun demikian, tidak boleh sembarangan dalam memilih sunscreen untuk kulit kepala. Perlu kamu tahu bagaimana tips memilih sunscreen untuk kulit kepala yang benar dan aman.

Sekarang ini sudah ada banyak pilihan sunscreen yang memang dikhususkan untuk melindungi kulit kepala. Sama seperti produk kesehatan kulit lainnya, ada beberapa produk yang kurang aman digunakan karena efek yang ditimbulkannya. Karena itulah penting untuk kamu mengetahui tips memilih sunscreen untuk kulit kepala tersebut. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kepala Supaya Aman

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kepala

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak hanya kulit wajah dan badan saja yang perlu perlindungan dari sunscreen saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Kulit kepala juga perlu dilindungi dengan sunscreen. Meskipun sudah terlindungi oleh rambuh, kulit kepala juga bisa terbakar oleh sengatan sinar matahari.

Selain itu, sengatan sinar matahari juga bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit di kulit kepala. Kita pasti sudah tahu seberapa bahayanya penyakit kanker kulit jika diderita oleh seseorang. Paparan sinar matahari juga bisa berdampak terhadap rusaknya folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok dan rusak. 

Penggunaan sunscreen untuk kulit kepala membuatnya tetap terjaga kesehatannya. Adapun tips memilih sunscreen untuk kulit kepala supaya aman, antara lain:

1. Memilih sunscreen minimal SPF 30

Tips memilih sunscreen untuk kulit kepala yang pertama adalah dengan melihat nilai SPF yang dimiliki sebuah sunscreen. SPF atau yang memiliki kepanjangan Sun Protection Factor merupakan nilai yang menentukan sebarapa lama kulit terpapar sinar matahari tanpa terbakar berkat penggunaan sunscreen. Untuk perlindungan kulit kepala yang lebih bagus, sebaiknya kamu memilih sunscreen dengan nilai SPF minimal 30.

Produk sunscreen dengan nilai SPF 30 berarti kulit punya waktu 30 kali lebih lama dari seharusnya hingga kulit akhirnya terbakar oleh sinar UV. Tidak hanya kulit kepala, produk sunscreen untuk kulit wajah dan tubuh juga sebaiknya mempunyai nilai SPF minimal 30. Agar lebih efektif dalam memberikan perlindungan pada kulit, sebaiknya kamu pilih produk sunscreen yang tahan air dan keringat.

2. Pilih sunscreen yang memang khusus untuk kulit kepala

Tips memilih sunscreen untuk kulit kepala berikutnya adalah dengan memilih produk sunscreen yang memang diformulasikan secara khusus untuk kulit kepala. Jangan pernah mengaplikasikan sunscreen untuk wajah atau badan pada kulit kepala. Ini tentunya akan sia-sia, dikarenakan sunscreen tersebut tidak mempunyai efek melindungi yang baik bagi kulit kepal.

Mungkin itu tidak tahu atau karena kepepet, tapi kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang. Sebaiknya pilih produk sunscreen yang memang dirancang khusus untuk melindungi kulit kepala. Produk sunscreen tersebut akan mampu melindungi kulit kepala secara maksimal dan efektif.

3. Sesuaikan dengan jenis rambut

Menyesuaikan produk sunscreen dengan tipe atau jenis rambut sangatlah penting. Pemilik rambut tebal, tipis, atau botak punya pilihan tekstur sunscreen tersendiri yang cocok untuk digunakan. Jika kamu pemilik rambut yang tebal, sebaiknya memilih produk sunscreen yang bertekstur cair. Pemilihan sunscreen bertekstur cair ini sendiri membuatmu lebih mudah dalam mengaplikasikannya ke kulit kepala. Sunscreen jenis ini juga bisa mencegah kulit kepala berminyak lebih baik.

Sementara bagi pemilik rambut tipis atau bahkan botak, sunscreen dengan tekstur krim tampaknya lebih cocok untuk dipilih. Penggunaannya lebih mudah serta efektif dalam melindungi kulit kepala dari paparan sinar UV yang menyengat.

4. Pilih sunscreen yang lebih mudah diaplikasikan

Dan tips memilih sunscreen untuk kulit kepala yang terakhir adalah mengetahui jenis sunscreen apa yang paling mudah diaplikasikan. Ada banyak sekali jenis sunscreen yang bisa kamu temukan di pasaran, mulai dari yang berbentuk gel, losion, krim, hingga semprotan.

Sebenarnya ini hampir sama dengan tips di atas, dimana pemilihan sunscreen juga bisa disesuaikan dengan jenis atau tipe rambut yang kamu miliki. Namun terlepas dari itu semua, selama produk sunscreen untuk kulit kepala punya efek melindungi yang sangat baik, hal tersebut tidak perlu dijadikan pertimbangan.

Itulah tadi beberapa tips memilih sunscreen untuk kulit kepala agar aman dan efektif dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Agar perlindungan terhadap kulit kepala bisa lebih efektif, sebaiknya kamu gunakan topi saat beraktifitas di luar ruangan. Penggunaan topi akan memberikan perlindungan ekstra yang mampu menangkal sinar UV. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini