Bukan Hanya Penyakit! Ini 7 Penyebab Anak Kurus yang Sebenarnya

0
251
Penyebab Anak Kurus

Koran.id – Sebagai orangtua pastinya akan sangat memperhatikan tumbuh kembang anak. Ketika tumbuh kembangnya tidak sama seperti anak kebanyakan, misalnya saja postur tubuh anak terlalu kurus mungkin hal tersebut akan membuat para orangtua khawatir. Beberapa akan berpikir penyebab anak kurus tersebut dikarenakan oleh suatu penyakit. Tetapi ternyata tidak, faktor yang menyebabkan postur tubuh anak yang terlalu kurus bisa dari hal lainnya.

Tubuh anak yang terlalu kurus atau kurang ideal juga bisa disebabkan oleh gaya hidup mereka yang kurang sehat. Karenanya, perlu menerapkan gaya hidup sehat agar tubuh anak berkembang dengan normal dan berat badannya menjadi ideal.

7 Penyebab Anak Kurus yang Sebenarnya Perlu Orangtua Tahu

1. Anak mengidap penyakit tertentu

Penyebab anak kurus yang pertama adalah dikarenakan anak mengidap suatu penyakit. Penyakit yang diidapnya tersebut membuat selera atau nafsu makannya menurun, sehingga akhirnya memicu tubuh telat untuk berkembang dan tubuh pun menjadi kurus. Beberapa jenis penyakit yang menyebabkan tubuh anak kurus seperti, TBC, gangguan saraf motorik mulut, dan juga infeksi saluran kemih.

Untuk mengetahui bahwa anak mengidap suatu penyakit atau tidak, kita bisa melihat dari kebiasaan dan gejala yang dialami anak. Beberapa gejala tersebut seperti, menurunnya nafsu makan, tubuh lesu dan lemas, kulit pucat, mengalami demam tidak biasa dan lain sebagainya.

2. Kurangnya asupan nutrisi untuk anak

Selain penyakit, faktor lain yang menjadi penyebab anak kurus adalah karena kurangnya asupan nutrisi yang diterima tubuh si anak. Kekurangan asupan nutrisi atau disebut juga malnutrisi membuat tumbuh kembang si anak melambat. Alhasil membuat tubuhnya semakin kurus seiring berjalannya waktu.

Anak yang kekurangan asupan nutrisi tidak hanya membuat proses pertumbuhannya melambat atau tidak normal, juga berdampak pada tubuhnya yang sering mengalami sakit. Ini karena sistem imunitas tubuhnya yang tidak mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit yang menyerang. Untuk menyelamatkan si anak, orangtua perlu membawanya ke ahli gizi untuk penanganan yang lebih lanjut.

3. Gangguan sistem pencernaan

Gangguan pada sistem perncernaan anak juga bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan tumbuh kembang anak terhambat dan membuat tubuhnya menjadi sangat kurus. Gangguan pencernaan yang terjadi akan membuat proses mencerna makanan menjadi kurang optimal, sehingga nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tidak bisa disalurkan secara normal.

Salah satu indikasi bahwa anak mengalami gangguan pada sistem pencernaannya adalah  porsi makan anak banyak tetapi tidak membuatnya cepat gemuk. Jika hal ini terjadi pada anak, sebaiknya periksakan ia ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

4. Makanan yang dikonsumsi kurang sehat

Anak yang terlalu kurus dan sulit untuk tumbuh mungkin juga diakibatkan oleh pemilihan jenis makanan yang salah. Salah satunya adalah anak yang suka sekali mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Makanan jenis ini punya kandungan kadar gula yang cukup tinggi, dan sedikit sekali mengandung nutrisi baik. Jika ini terus dibiarkan maka akan membuat anak mengalami malnutrisi, dan alhasil membuat tubuhnya sangat kurus dan sulit gemuk.

Boleh saja membiarkan anak mengonsumsi jenis makanan junk food, asalkan masih dalam porsi yang wajar. Selain itu, imbangi pula dengan memberikan anak jenis makanan bergizi seperti buah dan sayur.

5. Hidup dilingkungan kurang sehat

Selain karena masalah asupan makanan, penyebab anak kurus yang perlu diwaspadai adalah lingkungan yang kurang sehat. Walaupun si anak banyak makan tapi hal tersebut tidak kunjung membuatnya cepat gemuk, justru sebaliknya. Lingkungan yang tidak higienis umumnya menyebarkan virus dan bakteri yang bisa membuat anak mengalami infeksi.

Di karenakan hal tersebut maka akan membuat anak terserang penyakitn terterntu yang bisa memicu kekurusan pada anak. Sebaiknya orangtua memastikan lingkungan di sekitarnya selalu dalam keadaan bersih. Kalau perlu lakukan kerja bakti setidaknya 1 minggu sekali agar lingkungan sekitar rumah menjadi lebih sehat.

6. Stress

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami stress, anak-anak pun bisa juga mengalaminya. Stress yang dialami oleh si anak memberikan dampak kurangnya nafsu makan sehingga membuat tubuhnya kekurangan nutrisi. Selain itu, stress juga bisa menyebabkan anak lebih mudah terserang penyakit, dimana ini juga bisa menjadi faktor tubuh anak menjadi kurus.

Stress pada anak sendiri bisa diakibatkan oleh pelajarannya di sekolah atau juga masalah yang ia hadapi di rumah atau lingkungan sekitar.

7. Faktor genetik

Dan penyebab anak terlalu kurus dan sulit gemuk yang terakhir adalah karena faktor genetik atau keturunan. Jika postur tubuh orangtua si anak juga kurus dan susah gemuk, maka tidak heran jika anak juga mengalami hal yang sama. Sekalipun anak banyak makan tapi karena faktor genetik tetap membuatnya kurus.

Itulah tadi beberapa penyebab anak kurus yang perlu kamu tahu. Mengetahui beberapa penyebabnya tersebut, nantinya kita sebagai orangtua bisa melakukan pencegahan agar tumbuh kembang si anak menjadi lebih normal dan sama dengan anak pada umumnya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini