10 Rekomendasi Merek Makanan Ikan Cupang Terbaik

303
Merek Makanan Ikan Cupang
Merek Makanan Ikan Cupang

Koran.id – Layaknya jenis ikan lainnya, ikan cupang juga sepatutnya untuk diberi makan agar tetap hidup. Makanan ikan cupang sendiri cukup beragam, mulai dari pakan yang dibuat oleh pabrikan hingga pakan alami yang diambil dari alam. Kedua jenis makanan ini sama baiknya untuk kelangsungan hidup ikan cupang. Namun, ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk diberikan agar ikan cupang sehat dan terlihat cantik. Mengingat, ikan cupang selain sebagai ikan petarung juga merupakan jenis ikan hias. Di pasaran ada banyak sekali merek makanan ikan cupang terbaik yang bisa kita pilih.

Makanan untuk ikan cupang ini umumnya dibuat dari campuran beberapa bahan alami dan buatan. Hal ini dilakukan agar makanan yang diberikan pada ikan cupang dapat memberikan nutrisi yang cukup pada ikan tersebut. Mungkin kamu masih bingung memilih makanan yang bagus untuk ikan cupang dikarenakan pilihannya yang banyak. Tidak perlu bingung, pada artikel kali ini sudah dirangkumkan pilihan makanan terbaik untuk ikan cupang yang direkomendasikan untuk dipilih. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Daftar Merek Makanan Ikan Cupang Terbaik

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang cantik dengan warnanya yang menarik. Ikan cupang memiliki beberapa jenis atau ras yang berbeda-beda, hal ini dapat dilihat dari paduan warna, bentuk ekor, bentuk sirip dan ukuran badannya. Ikan cupang tersebar luas di beberapa negara, termasuk juga di indonesia. Ikan cupang lokal Indonesia dapat ditemukan dengan mudah di parit ataupun sungai, dan populasinya terbilang sangat banyak.

Memilih ikan cupang sebagai ikan hias di rumah atau kantor, sudah semestinya untuk kita memberikan makan secara rutin untuknya. Dalam hal ini, ada banyak jenis makanan ikan cupang berdasarkan tipenya. Mulai dari tipe pakan artemia, pelet, flake, hingga freeze-dried food. Masing-masing tipe makanan ikan cupang tersebut memiliki keunggulan tersendiri, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk jenis ikan cupang hias, pakan yang diperkaya kandungan spirulina dan pigmen karotenoid sangat direkomendasikan. Kedua kandungan tersebut dipercaya dapat memperindah warna dari ikan cupang, yang mana ini akan menambah kecantikannya. Warna dari ikan cupang akan lebih keluar dan tajam, sehingga akan terlihat indah. Meskipun demikian, faktor genetik juga dapat mempengaruhi perubahan warna dari ikan cupang ini.

Memilih pakan untuk ikan cupang juga perlu disesuaikan dengan usia ikan. Untuk ikan cupang yang baru menetas atau usia burayak, disarankan untuk memberikan pakan hidup atau alami. Baru setelah ikan berumur 3 minggu-an, pakan buatan seperti pelet bisa kamu berikan. Adapun beberapa pilihan merek makanan ikan cupang yang bagus selengkapnya, sebagai berikut:

1. BernAqua MeM Prime

BernAqua MeM Prime
BernAqua MeM Prime

Pilihan pakan ikan cupang yang bagus pertama ada pakan pabrikan bernama BernAqua MeM Prime. Pakan ikan satu ini terdiri dari beberapa varian dengan ukuran pelet yang berbeda-beda, mulai dari sangat kecil hingga besar. Ukuran pelet dapat kamu sesuaikan dengan usia atau ukuran dari ikan cupang milikmu.

Pakan BernAqua MeM Prime sendiri memiliki kandungan Protein yang sangat tinggi, yakni mencapai 60%. Kandungan Protein tinggi ini tentunya sangat bagus untuk pertumbuhan ikan cupang. Ditambah lagi dengan kandungan nutrisi lain yang mendukung kesehatan dan pertumbuhan dari ikan cupang.

2. Aqualife Betta Food

Aqualife Betta Food
Aqualife Betta Food

Berikutnya ada pakan ikan cupang terbaik bernama Aqualife Betta Food yang ditawarkan seharga Rp 40 ribuan per bungkusnya. Pakan ikan satu ini termasuk paket komplit, di mana kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan oleh ikan cupang. Di dalamnya terdapat kandungan Vitamin C dan E yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ikan cupang.

Pertumbuhan ikan cupang juga akan lebih cepat jika diberikan pakan Aqualife Betta Food ini. Selain itu, memberikan pakan Aqualife Betta Food dipercaya dapat mendorong mutasi warna pada ikan cupang dengan lebih maksimal. Terdapat beberapa varian pakan yang disediakan oleh brand satu ini, yakni pakan untuk burayak, ikan remaja hingga ikan cupang dewasa.

3. Golden West Artemia Supreme Plus

Golden West Artemia Supreme Plus
Golden West Artemia Supreme Plus

Jika kamu mencari pakan artemia untuk ikan cupang, produk satu ini dapat dijadikan pilihan paling tepat. Golden West Artemia Supreme Plus sangat bagus diberikan pada ikan cupang usia 3-4 hari atau burayak. Memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, pakan satu ini dapat menunjang pertumbuhan burayak agar cepat besar.

Golden West Artemia Supreme Plus memiliki bentuk yang cukup kecil, dan perlu sedikit usaha untuk memberikannya pada ikan cupang kecil. Mula-mula tetaskan artemia selama 24 jam dengan terus mengalirkan udara menggunakan pompa bertekanan tinggi. Setelah menetas, baru lah kamu bisa memberikannya pada burayak ikan cupang.

4. NRD 3/5 Fish Hatchery Diet

NRD 3/5 Fish Hatchery Diet
NRD 3/5 Fish Hatchery Diet

Selanjutnya ada merek makanan ikan cupang bernama NRD 3/5 Fish Hatchery Diet yang juga direkomendasikan untuk kamu pilih. Merek pakan ikan satu ini dapat diberikan pada ikan cupang, mulai dari usia burayak hingga usia dewasa. Kandungan yang dimiliki di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan ikan, sekaligus menjaga metabolisme ikan.

Selain itu, adanya kandungan Sanoguard Aquastim F di dalamnya akan membuat ikan terhindar dari stres dan penyakit. Untuk kandungan Proteinnya mencapai 57%, angka yang cukup tinggi untuk pakan ikan. Proteinnya yang tinggi tersebut tentunya akan membantu memaksimalkan pertumbuhan ikan cupang agar lebih optimal.

5. Atison’s Betta Pro

Atison's Betta Pro
Atison’s Betta Pro

Kali ini ada produk pelet ikan yang dibuat oleh brand asal Amerika Serikat, yakni bernama Atison’s Betta Pro. Pelet ikan satu ini juga cocok diberikan pada ikan cupang untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhannya. Termasuk salah satu pelet ikan dengan harga lumayan mahal, namun sama sekali tidak membuatnya sepi peminat.

Kandungan yang ada di dalam Atison’s Betta Pro ini diklaim sangat efektif untuk membantu pertumbuhan ikan cupang. Selain itu, memberikan pakan pelet ini secara rutin dipercaya dapat membuat warna ikan cupang lebih keluar dan tajam.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Lampu Hias Gantung Murah yang Awet

6. PREMIUM for Color Enhancher

PREMIUM for Color Enhancher
PREMIUM for Color Enhancher

Pilihan makanan yang bagus untuk ikan cupang berikutnya yakni bernama PREMIUM for Color Enhancher. Brand PREMIUM sendiri merupakan salah satu brand pakan ikan hias ternama dan cukup populer di Indonesia. Pakan satu ini dibekali dengan kandungan khusus yang dapat memaksimalkan pertumbuhan warna pada ikan hias, termasuk ikan cupang.

PREMIUM for Color Enhancher dilengkapi dengan nutrisi yang seimbang, membuatnya mampu membantu memaksimalkan pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang. Ditambah lagi dengan kandungan Vitamin sebagai nutrisi tambahannya. Pakan PREMIUM for Color Enhancher ini disarankan diberikan pada ikan yang berusia 3 bulan ke atas.

7. Koukkai Micro Pellets

Koukkai Micro Pellets
Koukkai Micro Pellets

Pakan ikan terbaik yang juga bisa kamu pilihkan untuk ikan cupang selanjutnya yakni Koukkai Micro Pellets. Pakan berbentuk pelet memang lebih praktis untuk diberikan pada ikan cupang, khususnya ikan cupang dewasa. Ukuran peletnya yang kecil, memungkinkan untuk memberikannya pada ikan berukuran kecil, seperti guppy, tetra atau bahkan ikan cupang muda.

Sisa pakan pelet yang tidak dimakan oleh ikan biasanya akan lebur dan membuat air cepat keruh. Namun, berbeda dengan Koukkai Micro Pellets yang sama sekali tidak membikin air menjadi keruh. Terdapat 2 warna pelet yang tersedia untuk Koukkai Micro Pellets, yakni warna hijau dan merah. Masing-masing warna pelet tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Pelet warna hijau berkhasiat untuk mencerahkan warna ikan, sementara pelet merah berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan pertumbuhan ikan.

8. Kyoto Tubifex Worms

Kyoto Tubifex Worms
Kyoto Tubifex Worms

Sama seperti jenis pakan ikan di atas, Kyoto Tubifex Worms juga tidak memberikan efek keruh pada air. Ini karena pakan ikan satu ini termasuk tipe Freeze-Dried Food yang memang tidak akan membuat air menjadi keruh. Dengan demikian kamu tidak perlu sering mengganti air ikan cupang yang tentunya juga berisiko ekor maupun sirip ikan rusak.

Kyoto Tubifex Worms sendiri dibuat dari cacing sutra yang dikeringkan, yang mana cacing sutra ini termasuk salah satu makanan kesukaan dari ikan cupang. Kandungan Proteinnya mencapai 42%, tentunya ini akan memaksimalkan pertumbuhan ikan cupang.

9. Super Mutiara Tropical

Super Mutiara Tropical
Super Mutiara Tropical

Super Mutiara Tropical merupakan salah satu merek makanan ikan cupang terbaik yang juga cocok diberikan pada jenis ikan lainnya. Ukurannya yang kecil, memungkinkan pakan ikan satu ini diberikan pada burayak atau ikan yang baru beberapa hari menetas. Pakan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai pengganti pakan alami untuk ikan cupang.

Super Mutiara Tropical kaya akan kandungan Vitamin C yang akan membantu meningkatkan imunitas tubuh ikan cupang. Dengan demikian, ikan cupang tidak akan mudah stres dan terserang penyakit. Yang menarik lagi, memberikan pakan satu ini juga akan membuat warna ikan cupang lebih berkilau dan tajam.

10. Hikari Tropical Betta Bio-Gold

Hikari Tropical Betta Bio-Gold
Hikari Tropical Betta Bio-Gold

Dan pilihan pakan ikan cupang yang bagus terakhir yakni bernama Hikari Tropical Betta Bio-Gold. Hikari sendiri terkenal dengan pelet ikannya yang cocok untuk berbagai jenis ikan, termasuk ikan cupang. Khususnya untuk varian Hikari Tropical Betta Bio-Gold ini, di dalamnya terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan.

Kandungan nutrisi di dalam pakan Hikari Tropical Betta Bio-Gold ini juga akan membantu memaksimalkan mutasi warna pada ikan cupang. Selain itu, kandungan Protein sebesar 38% di dalamnya akan membantu mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek makanan ikan cupang terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Stroller Bayi Bagus untuk Newborn yang Kuat dan Ringan
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Alami yang Bagus
Abdul Wafi
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini