10 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Alami yang Bagus

331
Makanan Ikan Cupang Alami
Makanan Ikan Cupang Alami

Koran.id – Ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan primadona bagi kalangan pecinta ikan hias saat ini. Ikan cupang selain mudah perawatannya, ketahanan tubuhnya juga terbilang sangat bagus. Namun, untuk semakin membuatnya tampil indah, makanan ikan cupang sangat perlu diperhatikan. Selain memberikan pakan dari pabrikan, makanan ikan cupang alami juga bisa dipilih untuk diberikan pada ikan cupang. Pakan alami ini akan memberikan nutrisi yang bagus pada ikan cupang, sehingga ia menjadi lebih sehat, mengeluarkan warna indah dan tidak mudah terkena penyakit.

Makanan alami ikan cupang sebenarnya ada banyak jenisnya, bahkan kita dapat menemukannya dengan mudah di alam. Apalagi jika kamu tinggalnya di pedesaan yang masih asri, akan lebih mudah untuk menemukan makanan alami untuk ikan cupang ini. Namun, jangan sembarangan memberikan pakan untuk ikan cupang, yang mana ini akan berpengaruh pada kesehatan dan warnanya. Di bawah ini sudah dirangkumkan pilihan pakan alami terbaik untuk ikan cupang bisa kamu pilih.

Daftar Makanan Ikan Cupang Alami yang Bagus

Lebih mudah memberikan ikan cupang dengan pakan yang dibeli dari toko atau produksi pabrikan. Pakan ikan cupang buatan pabrikan ini sudah dibuat sedemikian rupa dengan komposisi tepat untuk memberikan nutrisi bagus untuk ikan. Beberapa kandungan nutrisi biasanya disediakan di dalam pakan buatan tersebut, misalnya saja kandungan vitamin C, protein, lemak dan lain sebagainya. Masing-masing kandungan tersebut dapat memberikan efek berbeda-beda pada ikan cupang.

Namun, untuk menunjang kebutuhannya kita dapat memvariasikan pakan ikan cupang dengan pakan alami yang didapat dari alam. Bagaimana pun juga pakan alami ikan ini selain dapat memberikan nutrisi yang bagus pada ikan, tidak kalah dengan pakan buatan. Terlebih lagi pakan alami lebih mudah ditemukan dan didapatkan dari alam. Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk sekedar memberi pakan pada ikan cupang, sehingga lebih menghemat pengeluaran.

Kamu yang ingin membuat warna ikan cupang lebih keluar, tajam dan terlihat indah, pakan alami ini sangat penting untuk diberikan. Kita tahu ikan cupang hidup liar dan tersebar di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia. Ikan cupang masuk dalam kategori ikan karnivora yang cukup agresif dalam mengintai mangsa hidupnya. Jadi, secara naluri ikan cupang akan lebih suka melahap pakan hidup yang didapatkan dari alam.

Adapun beberapa pilihan makanan ikan cupang alami yang bagus dan bergizi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kutu Air

Kutu Air
Kutu Air

Pakan alami untuk ikan cupang yang pertama bisa kamu pilih dan berikan yakni kutu air. Hewan satu ini cukup mudah ditemukan di berbagai tempat, baik itu di genangan air sawah, saluran air, dan beberapa tempat lainnya. Kutu air menjadi pakan alami terbaik untuk berbagai jenis ikan kecil, termasuk ikan cupang.

Selain mudah untuk ditemukan, kutu air juga sangat disukai oleh ikan cupang dan merupakan salah satu mangsa alami di habitat aslinya. Kutu air kaya akan nutrisi yang baik ikan cupang agar warnanya lebih tajam dan indah. Kutu air ini termasuk jenis makanan ikan dengan kandungan lemak rendah, sehingga perlu divariasikan dengan jenis pakan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan cupang.

2. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk
Jentik Nyamuk

Jentik bisa menjadi pilihan pakan alami lainnya yang bagus diberikan pada ikan cupang. Jentik nyamuk dapat ditemukan di berbagai tempat, bahkan dapat dibudidaya sendiri dengan mudah. Kamu bisa mencarinya di got atau saluran air, genangan air, dan tempat lainnya.

Untuk mendapatkan jentik-jentik secara alami, kamu bisa menyiapkan wadah yang berisi air dan biarkan di ruang gelap selama beberapa hari tanpa penutup. Lebih bagus lagi jika menggunakan air bekas cucian beras untuk menarik nyamuk agar mau menaruh telurnya di sana. Jentik-jentik nyamur sendiri kaya akan kandungan protein yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan cupang, baik ikan cupang kecil hingga remaja.

3. Cacing Sutra

Cacing Sutra
Cacing Sutra

Cacing sutra terkenal sebagai salah satu jenis pakan alami untuk burayak atau ikan yang baru menetas. Bagi para pembudidaya, cacing sutra akan menjadi pakan wajib untuk ikan burayak yang baru saja menetas hingga berumur beberapa hari. Cacing sutra cocok diberikan pada semua jenis ikan, baik itu burayak ikan lele, nila, hingga ikan cupang.

Dikenal juga dengan sebutan cacing rambut, karena karakter dari ikan ini yang tipis dan panjang serta bergerombol layaknya rambut. Cacing sutra banyak ditemukan di sawah-sawah, saluran air dan perairan kotor lainnya. Cacing sutra kaya akan kandungan protein yang tinggi, tentunya akan membantu mempercepat pertumbuhan ikan.

4. Artemia

Artemia
Artemia

Makanan ikan cupang alami lainnya yang bisa kamu berikan yakni Artemia. Ini merupakan hewan kecil sejenis udang yang hidup di laut. Ukurannya yang cukup kecil membuatnya sering dijadikan sebagai pakan alami untuk berbagai jenis ikan budidaya, termasuk ikan cupang. Selain itu, Artemia juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang.

Sekarang kita tidak perlu lagi susah payah mencari Artemia di laut. Pasalnya, sudah banyak penjual Artemia yang bisa kita temukan, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan ada pabrikan pakan yang menjual Artemia dalam kemasan yang dapat dikirim ke berbagai daerah di Indonesia. Artemia juga sering dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan pakan ikan sehingga nutrisi yang didapat lebih bervariasi.

5. Cacing Darah

Cacing Darah
Cacing Darah

Dikenal dengan nama cacing darah, dikarenakan jenis cacing satu ini yang memiliki tubuh berwarna merah menyala layaknya darah. Namun demikian, cacing darah atau bloodworn ini bukanlah jenis cacing yang memakan darah seperti namanya. Memberikan cacing darah sebagai pakan ikan cupang dipercaya dapat membuat warna dari ikan cupang lebih keluar dan tajam.

Cacing darah sendiri kaya akan kandungan Protein yang cukup tinggi, bahkan setara dengan jenis pakan alami ikan lainnya. Cara mendapatkannya yang mudah menjadi alasan lain kenapa banyak orang memilih jenis cacing ini untuk pakan alternatif ikan cupang miliknya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Makanan Ikan Cupang Terbaik

6. Infusoria

Infusoria
Infusoria

Berikutnya ada jenis pakan alami ikan cupang bernama Infusoria yang juga direkomendasikan untuk kamu pilih. Infusoria sendiri sejenis invertebrata kecil yang hidup di air yang sering digunakan sebagai pakan burayak dan jenis ikan-ikan kecil. Termasuk ikan cupang, Infusoria dapat diberikan pada ikan cupang usia burayak hingga tumbuh dewasa. Bahkan Infusoria ini sedang menjadi pakan alami paling populer yang diburu para pecinta ikan cupang.

Selain dengan membeli dan mencarinya, Infusoria juga memungkinkan untuk dibudidayakan sendiri. Untuk caranya bisa dengan menyiapkan sayuran kol atau sawi yang direbus lalu diperas airnya. Campurkan sari dari sawi atau kol tersebut dengan air dari akuarium dan ampas dari kol atau sawi yang sudah diperas tadi. Diamkan selama beberapa hari di tempat teduh hingga nantinya akan muncul hewan-hewan kecil yang tak lain adalah Infusoria.

7. Spirulina

Spirulina
Spirulina

Spirulina juga sering dijadikan sebagai pakan ikan cupang terbaik untuk mempercepat mutasi warna pada ikan cupang hias. Spirulina ini bahkan sering dijadikan sebagai campuran untuk pembuatan pakan ikan hias. Selain itu, khasiat lain dari jenis pakan satu ini adalah untuk menjaga kesehatan ikan cupang.

Spirulina sendiri merupakan tumbuhan sejenis alga yang berwarna hijau kebiruan. Tentunya tidak bisa dengan begitu saja memberikannya pada ikan cupang, karena ikan ini termasuk jenis ikan karnivora atau pemakan daging. Solusinya kamu bisa mencampurkan Spirulina pada pakan lain, misalnya saja campuran pelet.

8. Ikan Guppy

Ikan Guppy
Ikan Guppy

Guppy merupakan salah satu jenis ikan kecil yang cukup banyak dibudidaya di Indonesia. Dibandingkan jenis ikan hias lainnya, ikan guppy termasuk salah satu jenis ikan yang cukup murah. Pengembangbiakannya terbilang sangat mudah, bahkan tidak perlu perawatan khusus. Burayak atau ikan guppy kecil yang baru menetas beberapa hari juga dapat diberikan sebagai pakan ikan cupang.

Burayak ikan guppy ini termasuk salah satu jenis mangsa favorit bagi ikan cupang. Tentunya pakan jenis ini lebih cocok diberikan pada ikan cupang yang sudah besar agar lebih mudah melahapnya. Kandungan gizi yang tinggi dari ikan guppy akan mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

9. Microworms

Microworms
Microworms

Microworms atau cacing micro merupakan jenis cacing yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil. Microworms ini juga sangat disukai oleh ikan cupang dan beberapa jenis ikan kecil lainnya. Kandungan nutrisi yang tinggi di dalam hewan ini juga menjadi alasan lain kenapa para pecinta ikan hias lebih memilihnya untuk diberikan pada ikan peliharaan.

Microworms bisa kamu beli di penjual ikan hias, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu juga memungkinkan untuk membudidayakan sendiri Microworms di rumah. Bali dulu Microworms kemudian taruh dalam toples dan berikan remahan roti tawar sebagai makanannya. Mereka akan berkembangbiak dengan sendirinya dan kamu bisa langsung memberikannya pada ikan cupang.

10. Lalat Buah

Lalat Buah
Lalat Buah

Dan jenis pakan ikan cupang alami terakhir yakni lalat buah yang tentunya bisa dengan mudah kamu jumpai di sekitar. Kamu bisa menangkap lalat buah ini dan memberikannya langsung pada ikan cupang. Namun, sebelumnya kamu perlu membuang bagian sayap dan kepala dari lalat sebelum memberikannya pada ikan cupang.

Lalat buah termasuk salah satu pakan ikan cupang paling bergizi dan dapat menunjang pertumbuhannya. Namun, sebaiknya berhati-hati dalam memilih lalat buah untuk pakan ikan cupang. Dikarenakan sering kali hewan ini membawa penyakit atau bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ikan cupang.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan ikan cupang alami yang bagus bisa kamu jadikan pilihan. Beberapa bahkan bisa kamu dapatkan secara gratis di alam sehingga lebih menghemat pengeluaran. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Makanan Ikan Cupang Terbaik
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Oli Mobil Murah yang Bagus
Abdul Wafi
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini