Bukan Melulu Hamil! Ini 7 Penyebab Telat Menstruasi yang Umum Terjadi

0
149
Penyebab Telat Menstruasi yang Perlu Anda Ketahui
Penyebab Telat Menstruasi yang Perlu Anda Ketahui

Koran.idBingung menstruasi selalu telat? Pada umumnya haid ini datang dalam sehari sekali waktu lama sekitar 28 hari, namun tak sedikit wanita yang selalu telat datang bulan terkadang beberapa hari ini selalu tidak tepat waktu, dan lebih parahnya lagi telatnya sampai beberapa minggu lamannya. Namun, tak perlu khawatir dulu karena pasti ada penyebab telat menstruasi yang umum terjadi.

Tak lepas dari telat menstruasi seperti itu memang tak bisa dibuat sepele, karena jadwal haid yang tidak teratur bisa membuat kondisi anda memburuk. Pastinya tepat atau tidaknya waktu datang bulan tergantung oleh kinerja hormon di dalam tubuh, nah dari pada penasaran nih alangkah baiknya anda simak penjelasan dibawah ini :

Ini 7 Penyebab Telat Menstruasi yang Umum Terjadi

Penyebab Telat Menstruasi yang Umum Terjadi
Penyebab Telat Menstruasi yang Umum Terjadi

1. Bisa Jadi Hamil

Pertama, yang mempengaruhi anda sering telat datang bulan salah satunya adalah hamil. Tak semua telat haid ini dinyatakan buruk karena bisa jadi anda saat ini akan memiliki buah hati, pada umumnya setelah berhubungan badan yang dialami oleh wanita yakni tiba-tiba kurang teraturnya jadwal haid. Sebelumnya memang selalu normal bisa dikatakan tepat waktu ketika haid, tetapi saat ini sudah sering telat jadi anda tak perlu bingung apalagi khawatir ya?

Siklus haid yang lancar memang terjadi sekali dalam sebulan, tapi tanda ketika haid ini juga bisa dirasakan kalau memang telah dinyatakan hamil seperti kondisi badan yang kurang enak sehingga terjadi mual atau muntah, kondisi payudara lebih besar dan nyeri dari biasannya, kondisi tubuh sering lelah & lemas dan adanya timbul bercak warna kecoklatan. Jadi jika anda belum sepenuhnya yakin ada baiknya untuk di tes dengan test pack atau bisa cek kepada ahlinya seperti dokter.

2. Kondisi Stres

Berikutnya, tanda sering telat haid biasannya anda saat ini mengalami stres. Kondisi stres ini memang bisa terjadi pada siapa saja, karena stres tak hanya mempengaruhi pada pikiran seseorang saja tetapi juga dapat membuat hormon kortisol pada tubuh meningkat. Sehingga dengan meningkatnya hormon tadi akan mengalahkan hormon lainnya seperti gonadotropin (GnRH), hormon estrgen dan progesteron.

Dari ketiga fungsi hormon tersebut bergerak bik untuk mengatur ovulasi pada wanita, dimana prosesnya yang terjadi ketika pelepasan sel telur akan tertundan dan penyebabnya datang bulan akan menjadi terhambat. Jadi hndarilah pikiran yang tak karuan yang menyelimuti anda, sebaiknya isilah hari kosong anda dengan berolahraga, liburan dan bersenang bersama keluarga.

3. Berat Badan Bertambah

Salah satu yang menyebabkan anda sering datang bulan bisa jadi angka berat tubuhmu bertambah, tubuh yang gemuk memang begitu mempengaruhi secara signifikan pada kinerja hipotalamus. Dimana hipotalamus ini merupakan sebuah kelenjar yang berada di dalam otak sekaligus mengatur penuh pada tubuh termasuk proses perjalanan ketika haid.

Sebenarnya mempunyai tubuh yang berat badannya lebih dan juga berkurang alias kurus, akan mengganggu kinerja sel telur untuk melakukan proses. Jadi solusinya kini anda yang memiliki badan kurus lebih baik berat badannya di tambah, begitu pun sebaliknya ketika badanmu gemuk usahakan dikurangi segera agar ideal. Hal ini akan mampu membantu proses perjalanan haid anda menjadi lancar dan normal kembali.

4. Padatnya Aktivitas

Banyaknya tugas pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah akan membuat tubuh ini menjadi lelah, fisik yang kurang fit seperti itu akan mempengaruhi proses siklus haid anda menjadi kurang lancar. Lemahnya fisik yang kurang fit ini terjadi karena pengaruh beberapa hormon seperti estrogen serta progesteron. Yang pada akhirnya proses tersebut akan semakin lambat dan jadwal haid menjadi terlambat.

Untuk memperbaiki masalah seperti itu sebaiknya anda selalu menjaga stamina dengan cara memperbanyak waktu istirahat dan olahraga, yang perlu di garis bawahi disini ketiga melakukan olahraga jangan sampai melakukannya berlebihan, akibatnya nanti lemak di dalam tubuh berkurang banyak. Jika lemak menurun drastis otomatis proses ovulasi akan terganggu, jadi alangkah baiknya anda melakukan olahraga ringan saja ya?

5. Memiliki Penyakit Bawaan

Datang bulan telat juga bisa dipengaruhi oleh penyakit bawaan yang ada di tubuh, penyakit bawaan ini disebut sebagai penyakit keturunan dari sanak keluarga. Karena hubungan antara kondisi fisik yang kurang stabil, akan dapat menyerang kelenjar tiroid dimana perannya begitu vital untuk proses metabolisme. Disini ada beberapa penyakit yang dapat mengganggu siklus haid anda menjadi tidak normal, seperti diabetes dan juga penyakit Celiac.

Dari kategori penyakit di atas tersebut memang divonis dapat menimbulkan gejala lainnya, seperti mual, sering pusing dan lain sebagainnya. Solusi-nya agar tidak terus menerus mengganggu stabilitas tubuh anda, sebaiknya selalu konsultasi ke dokter secara rutin agar jelas nantinya yang membuat haid anda sering terganggu.

6. Hormon Terpengaruhi

Pemicu yang membuat haid anda menjadi sering telat juga bisa karena hormon terganggu, gangguan hormon ini memang dipengaruhi oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). Pada akhirnya akan menumbuhkan kista pada ovarium, jadi sangat miris sekali jika penyakit kista ini sudah mempengaruhi maka proses pelepasan sel telur tidak akan teratur dan bisa dibilang terhenti.

Jika memang keadaannya seperti iti maka cepatlah untuk pergi ke dokter ahlinya, anda juga akan mendapatkan resepnya agar hormon yang mengalami gangguan tersebut dapat di atasi. Lakukanlah perawatan secara rutin, agar nantinya datang bulanmu bisa berjalan dengan normal sesuai jadwal yang ditentukan.

7. Mengkonsumsi Pil KB

Ternyata tanpa kalian sadari alat kontrasepsi yang berbentuk pil ini dapat memperlambat datang bulan, hal ini di karenakan hormon estrogen juga progestin dapat memberikan hasil yang negatif pada hormon di dalam tubuh. Jika kondisi seperti itu sering telat haid, maka hindarilah terlebih dulu pemakaian pil KB ini selama 6 bulan penuh.

Anda juga bisa berkonsultasi ke para ahli seperti dokter, untuk meminta resepnya agar haid menjadi normal kembali. Dan perlu diingat lagi jangan sampai terlalu sering mengkonsumsi pil KB, atau bahkan jangan suka tidak teratur ketika meminumnya. Hal ini akan membuat bahaya pada kondisi badanmu, yang pada akhirnya mempengaruhi datang bulan selalu telat.

Nah, itulah tadi tentang Penyebab Telat Menstruasi yang Umum Terjadi. Jadi anda tak perlu khawatir dan saat ini sudah tahu permasalahannya. Semoga bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini