Ciri-Ciri Hamil Anggur dan Penyebabnya yang Harus Kamu Tahu

0
624
Ciri-ciri Hamil Anggur

Koran.id – Tahukah kamu apa itu hamil anggur? Hamil anggur merupakan kondisi dimana sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma namun tidak tumbuh berkembang menjadi seorang bayi. Dikatakan hamil anggur dikarenakan sel telur yang gagal tumbuh ini bentuk mirip seperti anggur, namun warnanya putih. Meskipun ini merupakan kondisi kesehatan yang jarang dialami, tapi tidak menutup kemungkinan semua wanita bisa mengalaminya. Adapun ciri-ciri hamil anggur yang perlu diketahui. Karena jika kondisi dialami oleh seorang wanita, maka dibutuhkan penanganan yang tepat agar tidak terjadi hal yang lebih serius.

Penyebab hamil anggur ini sendiri cukup banyak, beberapa diantaranya mungkin diabaikan oleh semua wanita. Padahal kelainan kesehatan satu ini cukup berbahaya jika dibiarkan, apalagi sampai mengakibatkan komplikasi yang akan semakin memperparah keadaannya.

Ciri-Ciri Hamil Anggur yang Harus Kamu Tahu

Ciri-ciri Hamil Anggur

Mengetahui ciri-ciri hamil anggur sejak dini akan membuat kita lebih waspada dan bisa melakukan penangan dengan lebih cepat. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika hamil anggur tidak ditangan lebih cepat maka akan meningkatkan risiko komplikasi. Dan apabila hal tersebut terjadi maka akan mengancam nyawa seorang wanita. Adapun ciri-ciri hamil anggur tersebut, antara lain:

1. Sering mual dan muntah

Ciri-ciri hamil anggur yang pertama adalah ibu hamil sering mengalami mual dan muntah. Tetapi kondisi ini tidak sama dengan mual dan muntah seperti ibu hamil normal biasanya. Mual dan muntah akibat hamil anggur bisa dibilang lebih parah, bahkan sampai membuat siapa saja khawatir akan kondisi tersebut. Bisa dibilang juga kondisinya tersebut tidak normal.

2. Terasa nyeri di area panggul

Rasa nyeri di area panggul mungkin dirasakan oleh semua ibu hamil. Tetapi untuk rasa nyeri di panggul akibat hamil anggur juga terbilang lebih parah. Nyeri yang dirasakan tak kunjung hilang meskipun sudah dilakukan pemijatan. Bahkan rasa nyerinya tersebut sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil.

3. Terjadi pendarahan selama trimester pertama

Ciri-ciri ibu hamil anggur berikutnya adalah ibu hamil mengalami pendarahan vagina yang hebat disaat masa trimester pertama. Darah yang keluar tersebut biasanya berwarna cokelat hingga merah terang yang disertai juga dengan sekumpulan benjolan mirip anggur.

4. Ibu mengalami tekanan darah tinggi dini

Ibu hamil yang biasanya mengalami Preeklampsia atau tekanan darah tinggi ketika sudah memasuki usia kehamilan mencapai sekitar 20 minggu. Namun pada ibu hamil anggur ini hal ini lebih dini dari biasanya, yakni dialami di minggu-minggu awal usia kehamilan.

5. Kadar hCG yang meningkat

Hormon hCG atau Human Chorionic Gonadotropin merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta selama masa kehamilan berlangsung. Pada ibu hamil anggur, produksi hormon hCG ini mengalami peningkatan yang cukup tajam. Kadarnya lebih banyak dibandingkan dengan yang dialami oleh ibu hamil normal.

6. Rahim yang tidak tumbuh secara normal

Ciri-ciri hamil anggur yang cukup nampak pada ibu hamil selanjutnya adalah pertumbuhan rahim yang tidak terjadi secara normal. Rahim pada ibu hamil anggur mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dari biasanya, hal ini menyebabkan perut ibu hamil cepat membesar. Bahkan jika dibandingkan dengan perut ibu hamil normal, ukuran perut ibu hamil anggur bisa lebih besar. Ukurannya yang terlalu besar sama sekali tidak sebanding dengan usia kehamilannya.

7. Janin tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan

Pada janin normal, biasanya sang akan merasakan adanya tanda-tanda kehidupan dari janin yang dikandungnya tersebut. Misalnya saja janin yang bergerak atau juga detak jantung janin yang terasa oleh ibu. Namun pada hamil anggur, hal yang demikian ini sama sekali tidak dirasakan oleh ibu.

8. Anemia

Anemia juga menjadi ciri-ciri hamil anggur yang patut untuk diwaspadai. Kondisi ini akan membuat seorang ibu hamil kekurangan yang namanya sel darah merah sehat. Jika hal ini terjadi maka juga akan membahayakan nyawa sang ibu.

9. Kista ovarium

Dan ciri hamil anggur yang terakhir adalah munculnya kista ovarium pada seorang ibu. Kista ini sendiri terbentuk oleh plasenta yang tidak bisa berkembang secara normal seperti pada ibu hamil normal. Kista ini sendiri akan terbentuk di ovarium dengan wujud menyerupai kantung yang berisi cairan.

Penyebab Hamil Anggur yang Harus Kamu Tahu

Selain mengetahui ciri-ciri hamil anggur, penyebab dari kondisi satu ini wajib untuk wanita ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa meminimalkan risiko mengalami hamil anggur.

Penyebab dari hamil anggur ini sendiri adalah dikarenakan terjadinya ketidakseimbangan kromoson di waktu masa kehamilan. Hal ini bisa terjadi jika 1 sel telur pada wanita dibuahi oleh dua sel sperma dalam waktu yang bersamaan. Atau bisa juga diakibatkan oleh sel telur yang dibuahi tersebut tidak memiliki informasi genetika.

Itulah tadi ciri-ciri hamil anggur dan penyebabnya yang harus kamu ketahui. Lakukan penanganan lebih cepat jika memang terindikasi mengalami hamil anggur. Penanganan yang cepat akan membuat ibu terhindar dari risiko komplikasi dan bahaya lain yang mengancam.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini