10 Rekomendasi Merek Oli Mobil Murah yang Bagus

283
Merek Oli Mobil
Merek Oli Mobil

Koran.id – Demi performa mobil yang tetap baik dan maksimal, perawatan yang rutin dan berkala sangat diperlukan. Salah satunya adalah dengan mengganti oli mobil secara rutin untuk membuat performa mesin tetap stabil. Berbicara mengenai oli mobil, saat ini sudah ada banyak merek oli mobil terbaik yang dibanderol dengan harga bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal. Tentunya harga tidak selamanya menjadi patokan, apakah kualitas oli itu bagus atau sebaliknya.

Memilih oli untuk mobil perlu memperhatikan beberapa hal agar fungsi dari oli lebih maksimal. Selain merek oli, kamu juga perlu memperhatikan tempat untuk pembelian oli tersebut. Pastikan kamu membelinya di toko resmi, yang mana sekarang ini sedang marak kenakalan yang dilakukan beberapa oknum yang menjual oli palsu. Oli yang dijual hanya kemasannya saja yang sama dan isinya bukan oli asli dari pabrikan.

Daftar Merek Oli Mobil Murah yang Bagus

Oli merupakan pelumas penting untuk mesin kendaraan bermotor, khususnya mobil. Mengganti oli secara rutin dan berkala bertujuan untuk menjaga performa mesin mobil agar tetap dalam kondisi maksimal. Namun, mengganti oli mobil perlu memperhatikan jenis oli yang digunakan. Pastikan kamu telah menerapkan beberapa penyesuaian antara jenis oli dan mobil yang digunakan agar performa yang dimiliki lebih maksimal.

Yang pertama adalah pemilihan oli sesuai dengan standar oli berdasarkan model mesin. Setiap kendaraan memiliki model mesin yang berbeda-beda, ini juga menentukan oli yang tepat untuk digunakannya. Untuk mengetahui standar oli yang cocok dengan mesin mobil, kamu bisa melihatnya dibuku petunjuk kendaraan atau mencari informasinya di internet. Selain itu, bahan dasar oli juga perlu diperhatikan dan sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Terdapat 3 bahan dasar oli yang ada saat ini, yakni Oli Mineral (untuk penggunaan mobil jarak pendek), Oli Semi-Sintetik (untuk penggunaan mobil jarak jauh), dan Oli Full Sintetik (untuk mobil dengan performa tinggi).

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih oli untuk mobil, yakni jenis kekentalan dari oli. Kekentalan oli ini menentukan kondisi suhu di daerah yang dilaluinya. Pada kemasan oli biasanya tertera kode 5W-30 atau semacamnya, yang mana ini menunjukkan kekentalan dari oli. Angka 5 (sebelum W) menunjukkan tingkat kekentalan oli di suhu dingan dan sebaliknya angka 30 (setelah W) menunjukkan tingkat kekentalan oli di suhu tinggi. Semakin rendah angka setelah W, maka oli akan tetap optimal digunaan di daerah dengan suhu sangat dingin. Dan semakin tinggi angka setelah W, maka oli semakin optimal saat berada di daerah dengan suhu tinggi.

Adapun beberapa rekomendasi merek oli mobil murah yang bagus dan awet bisa kamu pilih selengkapnya, sebagai berikut:

1. Shell Helix HX7

Shell Helix HX7
Shell Helix HX7

Produk oli yang bagus untuk mobil yang pertama datang dari brand Shell yakni bernama Shell Helix HX7. Oli satu ini memiliki kemampuan melumasi komponen mesin dengan sangat baik, sehingga suhu mesin akan tetap optimal meskipun digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Bukan hanya itu saja, oli Shell Helix HX7 ini juga diklaim dapat memberikan lapisan perlindungan pada mesin dan membuat komponen mesin tetap bersih. Ini berkat adanya kandungan bernama Flexi Molecule yang terdapat di dalamnya. Sementara untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup murah, yakni sekitar Rp 200 ribuan saja untuk kemasan 4 liter oli.

2. Castrol Magnatec

Castrol Magnatec
Castrol Magnatec

Berikutnya ada oli Castrol Magnatec yang juga bisa kamu pilih untuk melindungi mesin mobilmu. Merek oli satu ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, performa mesin mobil juga dibuat tetap optimal meskipun usianya sudah tidak muda lagi.

Penggunaan Castrol Magnatec dapat memberikan perlindungan pada setiap komponen mesin, sekaligus dapat mencegah penyumbatan dengan cara membersihkan mesin secara menyeluruh. Kemampuan ini didapat dari adanya bahan sintetik murni dan molekul pintar di dalam oli tersebut. Untuk harganya sendiri, Castrol Magnatec dengan isi 4 liter dijual seharga Rp 200 – 300 ribuan saja.

3. TOP 1 Zenzation

TOP 1 Zenzation
TOP 1 Zenzation

Jika kamu mencari oli mesin mobil yang lebih ramah lingkungan, oli TOP 1 Zenzation ini sangat direkomendasikan untuk kamu pilih. Dibandingkan dengan merek oli lainnya, TOP 1 Zenzation memiliki emisi gas buang yang terbilang sangat rendah sehingga cukup ramah lingkungan. Hal ini sekaligus juga membuat mesin mobil menghasilkan tenaga yang lebih optimal.

TOP 1 Zenzation diformulasikan dengan teknologi Max TBN yang dapat melindungi mesin dari karatan dan membuatnya jadi lebih awet. Selain itu, ada pula tambahan zat aditif di dalam oli yang dirancang khusus untuk membuat laju mobil sangat halus dan responsif saat pertama kali dihidupkan.

4. Fastron Gold Sae

Fastron Gold Sae
Fastron Gold Sae

Satu lagi merek oli mobil ternama yang sudah digunakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia yakni Fastron. Kali ini mereka memperkenalkan produk oli unggulannyan yang diberi nama Fastron Gold Sae yang cocok digunakan untuk berbagai jenis kendaraan. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan oli ini termasuk yang paling populer digunakan oleh para pemilik mobil.

Fastron Gold Sae dengan kandungannya mampu melindungi dan melapisi mesin mobil hingga ke bagian yang tidak bisa dijangkau secara maksimal. Ini karena Fastron Gold Sae dilengkapi dengan teknologi canggih Nano Guard di dalamnya. Performa mesin akan lebih maksimal saat dikendarai, serta membuatnya lebih awet.

5. Castrol GTX Diesel 15W-40

Castrol GTX Diesel 15W-40
Castrol GTX Diesel 15W-40

Sesuai dengan namanya, Castrol GTX Diesel 15W-40 ini hanya disarankan untuk digunakan pada mobil dengan mesin diesel. Penggunaannya dapat melapisi seluruh komponen mesin sehingga performanya tetap optimal dan awet. Tidak hanya itu saja, dengan formual Double-Action yang milikinya oli ini mampu membersihkan endapan di seluruh komponen mesin, serta mencegah terbentuknya endapan baru.

Selain itu, penggunaan Castrol GTX Diesel 15W-40 juga akan memperpanjang usia mesin dan membuat performanya tetap optimal saat digunakan. Sementara untuk harganya sendiri sekitar Rp 50 ribuan untuk kemasan 1 liternya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik untuk Semua Jenis Motor

6. Evalube Helios Super 10W-40

Evalube Helios Super 10W-40
Evalube Helios Super 10W-40

Pilihan oli terbaik untuk mobil selanjutnya adalah Evalube Helios Super 10W-40 yang ditawarkan seharga Rp 76 ribuan saja. Meskipun murah, namun kualitas yang dimilikinya terbilang sangat bagus dan dapat menjaga performa mesin mobil tetap optimal. Menggunakan oli Evalube Helios Super 10W-40 ini akan melindungi seluruh bagian mesin dan membersihkannya secara maksimal.

Salah satu keunggulan dari Evalube Helios Super 10W-40 adalah memiliki kekentalan ganda, yang mana hal ini dapat membuat suhu mesin tetap stabil meskipun digunakan untuk berkendara jarah jauh. Ini karena oli satu ini dibuat dengan Technology Veltec dengan mencampurkan mineral, base oil synthetic dan juga zat aditig berkualitas tinggi.

7. Repsol Elite Injection 10W-40

Repsol Elite Injection 10W-40
Repsol Elite Injection 10W-40

Repsol Elite Injection 10W-40 merupakan salah satu oli mobil terbaik yang cocok digunakan untuk mesin mobil modern sekarang ini. Penggunaannya sangat maksimal pada mesin mobil, sehingga dapat memberikan perlindungan optimal dan membuat performa mesin tetap stabil.

Repsol Elite Injection 10W-40 dapat membersihkan seluruh komponen mesin dan mencegahnya dari karat dan aus, serta membuat pemakaiannya lebih tahan lama. Performa mesin akan terasa lebih halus saat pertama kali dinyalakan. Beberapa pabrikan mobil yang disarankan untuk menggunakan oli Repsol Elite Injection 10W-40, seperti mobil VW, Mercedes dan lain sebagainya.

8. Daihatsu Genuine Oil 0W-16

Daihatsu Genuine Oil 0W-16
Daihatsu Genuine Oil 0W-16

Ditawarkan seharga Rp 200 ribuan untuk kemasan 4 liter, Daihatsu Genuine Oil 0W-16 juga menjadi pilihan oli murah lainnya yang recommended untuk dipilih. Oli mesin mobil satu ini dibekali dengan formulasi seimbang sehingga membuat mobil lebih hemat bahan bakar. Selain itu, formulasinya ini juga membuat akselerasi mobil lebih baik dibandingkan biasanya.

Ditambah lagi dengan dukungan Cool Max Technology yang membuat oli mampu memberikan perlindungan secara menyeluruh pada komponen mesin mobil, sekaligus mencegahnya dari aus. Daihatsu Genuine Oil 0W-16 ini dibekali dengan teknologi aditif terbaru sehingga cocok digunakan untuk mesin modern.

9. STP SMO 10W-40

STP SMO 10W-40
STP SMO 10W-40

Kali ini ada merek oli mobil STP SMO 10W-40 yang lebih cocok digunakan untuk mobil yang digunakan di iklim tropis, seperti di Indonesia. Ini karena memiliki kemampuan tahan panas yang sangat baik, cocok dengan iklim tersebut. Selain itu, oli satu ini memiliki tingkat kekentalan yang stabil, sehingga mampu melumasi seluruh bagian komponen mesin dengan sempurna.  

Menggunakan STP SMO 10W-40 untuk mesin mobil diklaim dapat memaksimalkan performanya, di mana tarikan mesin akan lebih ringan dan mulus. Yang menarik lagi, penggunaan oli STP SMO 10W-40 ini dapat mencegah oksidasi pada mesin mobil.

10. Fastron Techno 10W-40

Fastron Techno 10W-40
Fastron Techno 10W-40

Dan pilihan oli mesin mobil terbaik yang terakhir yakni bernama Fastron Techno 10W-40. Merupakan oli dari brand lokal, namun untuk kualitas yang dimilikinya mampu bersaing ketat dengan oli dari brand internasional. Menggunakan Fastron Techno 10W-40 diklaim dapat memperpanjang umur dari mesin mobil, serta membuat performanya tetap stabil.

Fastron Techno 10W-40 diformulasikan dengan teknologi Nano Guard yang dapat melindungi seluruh bagian mesin tanpa terkecuali, bahkan hingga area yang sulit dijangkau. Hal ini tentunya akan membuat mesin dapat bekerja dengan lebih maksimal, serta tetap awet. Oli ini cocok digunakan untuk berbagai jenis kendaraan, baik itu mobil SUV, MPV, sedan hingga mobil Hatchback.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek oli mobil murah terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Alami yang Bagus
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Essence Terbaik untuk Berbagai Masalah Kulit
Abdul Wafi
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini