Tips Ampuh Mengusir Lalat di Rumah dengan Mudah

0
6482
Tips Ampuh Mengusir Lalat di Rumah

Koran.id – Lalat seringkali menjadi gangguan kenyamanan bagi masyarakat, apalagi jumlahnya yang semakin banyak. Banyaknya lalat di rumah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari lingkungan yang kurang bersih, dekat dengan kandang ternak unggas, atau yang lain sebagainya. Meskipun lalat bukanlah hewan berbahaya, tetapi kehadirannya akan membawa bakteri yang nantinya berdampak pada kesehatan kita. Karena itulah, penting untuk kita mengetahui bagaimana tips ampuh mengusir lalat di rumah.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai alat atau media untuk mengusit lalat supaya tidak mengganggu lagi. Dengan begitu, ancaman kesehatan seperti sakit perut, diare, infeksi atau yang lainnya tidak menimpa diri kamu dan keluarga.

Tips Ampuh Mengusir Lalat di Rumah dengan Mudah

Seperti yang kita tahu, lalat termasuk hewan menjijikkan yang suka sekali hinggap di makanan atau minuman. Saat lalat hinggap, melalui bulu-bulu kakinya akan merontokkan bakteri yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan, ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditimbulkan oleh lalat, antara lain:

  • Diare
  • Tipes
  • Kolera
  • Infeksi kulit
  • Infeksi mata
  • Disentri
  • Dll

Melihat dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh lalat, maka sangat penting untuk kamu melakukan pencegahan. Cara satu-satunya adalah mengusir lalat di rumah agar tidak menjadi media penularan berbagai penyakit di atas. Adapun cara ampuh mengusir lalat di rumah, antara lain:

1. Memanfaatkan minyak esensial

Tips ampuh mengusir lalat di rumah yang pertama adalah dengan memanfaatkan minyak esensial. Tidak hanya berguna untuk perawatan tubuh dan kecantikan, minyak esensial ternyata cukup ampuh mengusir lalat dari rumah. Selain ampuh, minyak esensial juga lebih aman dibandingkan saat kamu menggunakan bahan-bahan kimia.

Beberapa minyak esensial yang bisa kamu gunakan untuk mengusir lalat seperti, minyak dari daun serai, minyak pappermint atau juga minyak lavender. Minyak tersebut bisa kamu masukkan ke dalam botol semprot, lalu mulailah semprotkan ke bagian-bagian rumah yang sering menjadi tempat lalat bermain.

2. Menggunakan daun herbal

Selain menggunakan minyak esensial, tips ampuh mengusir lalat di rumah bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan daun herbal. Daun herbal yang bisa kamu gunakan adalah daun yang punya bau menyengat, salah satunya daun kemangi. Daun kemangi yang berbau menyengat dipercaya mampu mengusir lalat dari rumah. Cara untuk memanfaatkannya juga mudah, cukup letakkan daun kemangi di tempat-tempat yang sering didatangi lalat.

Selain daun kemangi, ada pula jenis daun herbal lain yang juga punya manfaat yang sama, antara lain daun mint, lavender, daun salam dan juga tanaman apsintus. Selain bisa mengusir lalat, jenis daun herbal ini juga bisa membuat ruangan di dalam rumah lebih sehat.

3. Kulit jeruk

Apa kamu salah satu orang yang suka sekali dengan buah jeruk? Saat memakan jeruk, sebaiknya kamu jangan langsung membuang kulitnya. Karena kulit buah jeruk ternyata sangat ampuh untuk mengusir lalat di rumah. Kulit jeruk yang beraroma segar nyatanya tidak disukai oleh lalat. Dengan begitu, lalat tidak akan lagi berkeliaran di rumah kamu.

Cara memanfaatkan kulit jeruk untuk mengusir lalat di rumah sangat mudah, kamu tinggal menaruk kulit jeruk yang masih segar di area terbuka rumah. Misalnya menaruh kulit jeruk di jendela atau juga depan pintu rumah. Jika sudah agak kering atau membusuk, gantilah kulit jeruk dengan yang masih segar.

4. Kapur barus atau kamper

Tips ampuh mengusir lalat di rumah berikutnya adalah dengan memanfaatkan kamper. Kamper ini sendiri biasanya digunakan untuk mengusir bau di ruangan rumah. Selain itu, biasanya juga diletakkan di dalam lemari agar baju tetap wangi dan terhindar dari kecoa atau serangga lainnya.

Tapi tahukah kamu? ternyata kapur barus atau kamper juga bisa lho digunakan untuk mengusir lalat. Ini karena kamper punya bau yang sangat tajam dan khas, dan bau tersebut tidak disukai oleh lalat. Kamu cukup meletakkan kamper di dekat jendela atau juga di hot plate.

5. Menggunakan kantong plastik berisi air

Apa kamu sering melihat di warung-warung makan terdapat kantong plastik berisi air yang digantung atau diletakkan di sebelah meja? Mungkin kamu berpikir itu adalah salah satu syarat yang punya efek spiritual agar warung tersebut laris manis. Tetapi ternyata tidak, cara ini digunakan untuk mengusir lalat agar tidak meresahkan pelanggan yang datang ke warung tersebut.

Alasannya cukup realistis, dimana lalat memiliki lensa mata yang cukup banyak sehingga membuat mereka mampu mendetaksi gerakan cahaya. Kantong plastik yang diisi air akan memberi pantulan cahaya ke segala arah, dan ini mengakibatkan lalat menjadi kebingungan. Akhirnya lalat tidak lagi datang ke tempat tersebut.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal siapkan plastik bening lalu isi dengan air bersih hingga 2/3 kantong plastik. Ikat dengan tali rafia dengan kencang, lalu gantungkan di depan pintu atau jendela. Dengan begitu, lalat tidak akan lagi masuk dan mengganggu kenyamanan orang di dalam rumah.

Itulah tadi beberapa cara mengusir lalat di rumah yang bisa kamu terapkan sendiri. Lakukan salah satu caranya dan buat lalat tidak betah berada di rumah kamu. Dengan begitu mereka tidak akan lagi mengganggu kenyamanan dalam rumah. Berbagai risiko penyakit pun akan lebih kecil diderita oleh anggota keluarga. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaTips Mengusir Nyamuk Secara Alami Paling Cepat dan Efektif
Artikel SelanjutnyaZodiak yang Paling Ahli dalam Hubungan Percintaan, Kamu Termasuk?
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini