Tips Mengusir Nyamuk Secara Alami Paling Cepat dan Efektif

0
599
Tips Mengusir Nyamuk Secara Alami

Koran.id – Nyamuk merupakan salah satu serangga yang sering kali mengganggu kenyamanan kita saat tidur. Terdapat beberapa jenis nyamuk, bahkan ada jenis nyamuk yang bisa menyebabkan kematian terhadap menusia. Kamu pasti sudah tidak asing dengan nyamuk dari jenis Aedes Agepti, inilah nyamuk yang paling berbahaya bagi manusia. Jika dihitung-hitung, nyamuk lebih banyak memiliki mudharat dibandingkan dengan manfaatnya. Karena itulah, penting untuk kita menerapkan tips mengusir nyamuk secara alami.

Cara alami dipilih karena lebih aman dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia. Selain aman, bahan alami juga dianggap lebih efektif dalam mengusir nyamuk dari rumah. Adapun cara mengusir nyamuk di rumah secara alami, bisa kamu simak di bawah ini.

Tips Mengusir Nyamuk Secara Alami Paling Cepat dan Efektif

1. Menggunakan kulit jeruk

Salah satu tips mengusir nyamuk secara alami paling efektif adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Beberapa jenis serangga memang tidak terlalu suka dengan bau atau aroma dari kulit jeruk yang cukup menyengat, termasuk juga nyamuk. Karena itulah tidak heran banyak produk pengusir nyamuk yang menggunakan kulit jeruk sebagai bahan utamanya.

Selain cukup efektif dalam mengusir nyamuk dari rumah, cara ini juga bisa dibilang paling mudah dan murah tentunya. Kamu hanya perlu meletakkan kulit jeruk yang masih segar di ruangan yang terdapat banyak nyamuk.

2. Menggunakan daun kemangi

Selain kulit jeruk, daun kemangi juga punya aroma yang cukup menyengat dan aroma ini juga tidak disukai oleh nyamuk. Daun kemangi bisa kamu letakkan di ruangan yang sering didatangi nyamuk, seperti di kamar atau ruang santai. Selain itu, kamu juga bisa menghaluskan daun kemangi lalu mengoleskannya ke tangan, kaki dan area badan lainnya.

Tidak hanya daun kemangi saja yang tidak disukai oleh nyamuk, lavender, daun mint atau juga tanaman apsintus bisa kamu manfaatkan.

3. Menggunakan lilin aromatherapy

Lilin aromatherapy biasanya dimanfaatkan untuk membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Selain manfaat tersebut, lilin aromatherapy ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir nyamuk di rumah. Bahkan lilin aromatherapy ini diklaim sebagai yang paling ampuh mengusir nyamuk secara maksimal.

Nyalakan dan letakkan lilin aromatherapy di ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk, seperti di kamar tidur, ruang tamu, dan juga ruang santai. lebih bagus lagi dengan memilih lilin aromatherapy rasa lavender. Seperti dijelaskan sebelumnya, nyamuk tidak terlalu suka dengan aroma menyengat dari lavender.

4. Menaruh tanaman Marigold di ruangan rumah

Tips mengusir nyamuk secara alami yang mudah dan efektif berikutnya adalah dengan menggunakan tanaman Marigold. Tanaman satu ini punya bunga yang sangat cantik dan sangat disukai oleh kupu-kupu. Meski begitu, tanaman Marigold ternyata tidak terlalu disukai oleh nyamuk dikarenakan aromanya yang sangat menyengat. Aroma yang ditimbulkannya akan membuat nyamuk menjadi pusing dan mabuk. Dengan begitu mereka tidak akan kembali lagi ke rumah.

Tanaman Marigold sendiri punya dua jenis yakni tagetes patuta dan tagetes erecta. Masyarakat Bali punya sebutan tersendiri untuk tanaman satu ini yaki bunga Gumitir.

5. Memanfaatkan tanaman Geranium

Selain lavender dan kulit jeruk, tanaman Geranium juga sering dijadikan bahan utama untuk pembuatan obat pengusir nyamuk. Faktanya nyamuk memang tidak suka dengan tanaman satu ini. Hal tersebut dikarenakan di tanaman Geranium punya kandungan zat bernama geraniol dan sitronelol yang sangat dihindari oleh nyamuk.

Kamu bisa menanam tanaman jenis ini diluar maupun dalam rumah yang sekaligus bisa dijadikan sebagai hiasan taman indoor atau outdoor. Tidak harus banyak menanam tanaman Geranium di rumah, karena kandungan zat yang disebutkan tadi sangat mudah menyebar oleh tiupan angin sehingga membuatnya masuk ke berbagai ruangan dalam rumah.

6. Menggunakan daun sereh

Daun sereh sering dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan karena aroma khas yang ditimbulkannya. Ternyata aroma yang ditimbulkan oleh sereh ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Dengan begitu, ruangan yang diletakkan sereh atau serai akan sangat dihindari oleh nyamuk.

Untuk memanfaatkan daun sereh untuk mengusir nyamuk secara alami dan efektif cukup mudah. Kamu tinggal ambil beberapa batang sereh lalu disiangi, selanjutkan dipotong-potong kasar. Taruh dalam wadah terbuka, kemudian letakkan wadah tersebut di ruangan yang sering didatangi nyamuk, seperti kamar tidur, ruang makan, ruang tamu dan juga ruang santai. Dengan demikian, nyamuk tidak bakalan lagi mengganggumu saat tidur. Oh iya, karena nyamuk beraksinya di malam hari, maka sebaiknya mulai lakukan cara ini sejak sore hari sekitar pukul 5 sore agar lebih efektif.

7. Menggunakan minyak kayu putih

Dan tips mengusir nyamuk secara alami yang efektif terakhir adalah dengan memanfaatkan minyak kayu putih. Sama seperti bahan alami pengusir nyamuk di atas, aroma yang dikeluarkan minyak kayu putih juga tidak disukai oleh nyamuk. Aromanya yang menyengat tersebut akan membuat nyamuk kabur terbirit-birit dan gak bakalan kembali lagi.

Untuk memanfaatkan minyak kayu putih sebagai pengusir nyamuk juga tidak terlalu sulit. Kamu cukup siapkan minyak kayu putih, botol semprotan, dan air secukupnya (bisa juga dengan air perasan lemon atau jeruk). Masukkan minyak kayu putih secukupnya ke dalam botol lalu campurkan dengan air tadi. Semprotkan pada tempat-tempat yang menjadi sarang gerombolan nyamuk.  

Itulah tadi beberapa tips mengusir nyamuk secara alami paling cepat dan efektif bisa kamu terapkan. Menggunakan cara usir nyamuk di atas tidak membutuhkan biaya yang besar serta sangat efektif. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini