Cara Flash HP yang Mudah Dengan dan Tanpa PC, Dijamin 100% Berhasil!

0
128
Cara Flash HP yang Mudah Dengan dan Tanpa PC, Dijamin 100% Berhasil!

Koran.id – Jika berbicara mengenai cara flash HP yang mudah, sudahkah kamu tahu fungsi dari flashing HP itu sendiri? Fungsi dilakukannya flashing pada dasarnya ada banyak sekali, apalagi dalam mengatasi masalah – masalah yang muncul pada sebuah smartphone. Seperti halnya HP yang sering alami hang, memiliki masalah pada force stop, HP alami loading bootloop, lupa password atau kata sandi di HP, dan adanya gangguan virus maupun malware pada HP.

Setelah dilakukan flashing pada smartphone, maka kamu pastinya akan merasakan adanya perubahan pada kinerja HP-mu. Seperti hilangnya masalah yang terjadi sebelum dilakukannya flashing HP, seperti bootloop, force stop, dan lain – lain seperti pada masalah yang disebutkan di atas. Untuk cara flashing Android ini sebenarnya mudah sekali, bagi kamu yang tidak mengetahui caranya, silakan simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Flash HP yang Mudah Dengan dan Tanpa PC, Dijamin 100% Berhasil!

1. Menggunakan Fitur Recovery

Menggunakan Fitur Recovery

Cara flash HP pertama yang bisa dicoba adalah menggunakan fitur bernama Recovery. Fitur tersebut bisa ditemukan di HP yang kamu miliki. Sehingga kamu hanya perlu menggunakannya dengan cara masuk dalam menu Setting dan memilih menu Recovery HP. Namun demikian, sebelum melakukan flashing HP dengan Recovery, sebaiknya backup terlebih dulu semua data penting yang tersimpan di HP. Sebab, proses flashing ini nanti akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone.

Jika sudah, maka kamu bisa aktifkan Recovery tersebut, proses Recovery akan berjalan secara otomatis beberapa saat sampai akhirnya sistem operasi di HP-mu akan tampil seperti baru saat pertama kali kamu membelinya. Oh iya, perlu untuk kamu tahu juga sebelum melakukan flashing di HP Android sebaiknya HP-mu dinon-aktifkan terlebih dulu.

2. Flash HP menggunakan PC

Flash HP menggunakan PC

Untuk cara flashing Android menggunakan PC, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan diantaranya sebagai berikut.

  • Firmware. Ini merupakan file sistem operasi di sebuah HP Android yang sudah menyatu dan nanti akan dimasukkan ke dalam HP ketika proses flashing berlangsung. Firmware bisa didapatkan di internet atau situs resmi brand HP yang kamu miliki.
  • Driver smartphone. Lalu untuk yang satu ini bisa berupa CD Drive yang bisa didapatkan pada saat kamu membeli HP tersebut, atau jika tidak kamu bisa mendownloadnya di internet. Driver smartphone ini perlu didownload di PC yang akan digunakan untuk membuat perangkat kenali HP kamu saat disambungkan.
  • Software flashing. Lalu untuk yang terakhir ini juga tidak kalah pentingnya perlu disiapkan saat kamu akan melakukan cara flash HP di PC. Pastinya ada banyak sekali software flashing yang bisa didapatkan di internet, tapi yang paling direkomendasikan adalah SP Flashtool, Research Download, atau Odin.

Adapun tips flashing HP di laptop yang bisa kamu coba praktekkan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, silakan kamu ekstrak semua file yang sudah di download, seperti Firmware, Driver smartphone, dan software flashing di PC.
  • Non-aktifkan HP-mu, lalu cabut baterainya kurang lebih selama 10 detik saja. Baru kemudian kamu bisa masuk ke dalam mode Download dengan melakukan kombinasi tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan. Maka nanti akan muncul tulisan Warning di layar HP-mu.
  • Selanjutnya hubungkan HP menggunakan kabel data ke PC, kemudian buka aplikasi Odin yang sudah di download sebelumnya. Lihat pada bagian yang bertuliskan ID:COM, apabila tidak ada itu artinya HP kamu masih belum terkoneksi dengan baik. Silakan ulangi penyambungan kabel datanya.
  • Apabila sudah ada tulisan ID:COM, maka kamu bisa ceklist di kolom Auto Reboot dan Nand Erase All. Klik saja pada tombol AP, lalu cari file Firmware yang sudah kamu sediakan.
  • Terakhir, kamu bisa mulai proses flashing dengan cara mengaktifkan tombol Start. Jika sudah berubah menjadi tulisan Pass, itu berarti proses flashing sudah selesai.

3. Flash HP Tanpa PC

Flash HP Tanpa PC

Untuk melakukan cara flashing di HP tanpa PC sebenarnya mudah sekali. Sebagai langkah awalnya kamu perlu menyiapkan beberapa bagian pendukung seperti berikut.

  • Firmware. Sama seperti cara ngeflash HP dengan PC, di sini kamu juga butuh Firmware untuk melakukan proses flashing di HP Androidmu.
  • CWM. Aplikasi CWM ini juga perlu kamu download dan install di HP-mu. CWM adalah aplikasi untuk Recovery HP terbaik yang memberikan fasilitas lebih lengkap jika dibandingkan dengan fitur Recovery itu sendiri.

Apabila semua yang dibutuhkan untuk flashing HP tanpa PC sudah siap, maka kamu bisa memulai flashing dengan mengikuti langkah berikut.

  • Pertama, kamu harus sudah simpan file Firmware di SD Card HP-mu. Jika sudah, masuk saja ke menu CWM Recovery.
  • Kamu bisa menggunakan kombinasi dua tombol, yakni Power + Volume agar bisa masuk ke menu. Jika sudah, maka lanjutkan dengan memilih Wipe Factory atau Data Reset. Gunakan saja tombol Volume untuk lakukan scrolling.
  • Pilih menu Wipe Cache Pastition, apabila setelahnya ada pilihan menu Wipe Dalvik Cache, maka kamu perlu memilih menu tersebut. Tapi jika tidak ada, maka tidak jadi masalah, kamu bisa langsung meneruskan dengan langkah berikutnya.
  • Pilih menu Install Zip From SD Card, lalu cari Firmware yang sudah disimpan di awal. Maka proses flashing akan berjalan kurang lebih selama 10 menit.
  • Terakhir, silakan lakukan Reboot System.

4. Menggunakan Box Flasher

Menggunakan Box Flasher

Cara mudah flash HP yang tidak kalah menariknya untuk dicoba adalah dengan menggunakan Box Flasher. Tahukah kamu apa itu Box Flasher? Ini biasanya digunakan para pemilik jasa service HP. Apabila kamu ingin flashing HP dengan cara ini, maka kamu perlu membeli alat Box Flasher di toko terdekat.

Harga Box Flasher untuk flash HP terbilang cukup mahal. Jenis Box Flasher yang recommended adalah yang memiliki kelengkapan universal untuk berbagai jenis HP, UFS HWK Tornado. Lalu untuk cara flash HP pakai Box Flasher adalah sebagai berikut.

  • Pertama, silakan lakukan instalasi Box Flasher yang sudah kami beli ke PC.
  • Apabila proses instalasi tersebut sudah selesai, maka kamu bisa langsung menghubungkan HP ke Box Flasher dengan menggunakan kabel flash.
  • Jalankan software UFS, lalu pilih saja tipe HP kamu yang ada di bagian bawah Toolbar UI Setting. Jika sudah, klik pada Tool Bar Check setelahnya.
  • Pada bagian Bar yang bernama tipe HP yang kamu gunakan, klik pada kolom Product. Lalu pilih tipe HP-mu.
  • Berikutnya adalah mengisi bagian kolom MCU, PPM, dan CNT sesuai tipe HP.
  • Terakhir, apabila semua langkah flashing HP terbaru tersebut sudah selesai kamu lakukan, maka kamu perlu memilih tombol Start atau Flash.
  • Tombol Start ini berguna untuk melakukan flashing secara menyeluruh di HP yang kamu miliki. Sementara itu untuk tombol Flash sendiri berguna untuk mengupgrade sistem HP-nya.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan tentang cara flash HP yang mudah dengan dan tanpa PC. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini