Mudah dan Benar! Begini Cara Mengobati Amandel di Rumah Paling Efektif

0
102

Koran.id – Tonsilitis merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pada tonsil atau kelenjar oval yang berada di sisi kanan dan kiri tenggorokan. Pembengkakan amandel seperti ini biasanya membuat si penderitanya merasa sakit saat makan, bahkan sulit sekali untuk menelan sesuatu. Kondisi ini membutuhkan penanganan medis untuk meredakan nyeri dan juga mengatasi pembengkakan. Tetapi jika tidak sempat datang ke dokter, ada kok cara mengobati amandel di rumah secara alami dan efektif.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis bahan alami untuk menyembuhkan amandel yang membengkak atau tonsillitis. Selain mudah, cara alami juga diklaim lebih efektif dan aman pastinya bagi penderita. Daripada semakin penasan, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Amandel di Rumah Secara Alami yang Aman dan Efektif

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Kondisi tonsillitis atau sakit amandel yang membengkak biasanya disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Agar cepat sembuh, butuh penanganan khusus agar bisa meredakan sakit dan juga membunuh virus serta bakteri yang menyerang. Adapun cara mengobati amandel di rumah yang paling efektif, di antaranya:

1. Menggunakan Air Garam

Cara mengobati amandel di rumah secara alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan larutan air garam. Cara ini sangat efektif untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar mulut hingga tenggorokan. Seperti yang kita tahu, air garam sendiri memang memiliki kemampuan untuk meredakan inflamasi dan mengatai bakteri.

Cara memanfaatkan garam untuk mengatasi amandel sangatlah mudah. Cukup siapkan segelas air putih, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh garam dan aduk hingga larut. Jika sudah, gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan cara ini beberapa kali agar amandel cepat sembuh.

2. Memperbanyak Minum Air Hangat

Amandel yang membengkak biasanya juga membuat tenggorokan terasa terik dan sakit bahkan saat berbicara. Untuk meredakan sakit seperti ini bisa dengan meminum air hangat tanpa campuran apapun. Selain itu, jika ingin menambah rasa pada minuman hangat bisa dengan menambahkan teh herbal.

Minum air hangat atau teh herbal hanya berkhasiat untuk meredakan gejala tidak nyaman pada tenggorokan karena amandel. Untuk penanganan dan penyembuhan amandel lebih lanjut perlu dilakukan.

3. Memilih Jenis Makanan yang Halus dan Lembut

Cara meredakan sakit amandel agar tidak semakin parah bisa dengan memilih jenis makanan yang lembut serta halus. Mengonsumsi makanan bertekstur keras hanya akan menyebabkan iritasi dan membuat kondisi tonsillitis semakin memburuk.

Memilih makanan yang lembut seperti bubur, sayuran, dan juga susu bisa menjadi pilihan yang tepat agar tidak menyebabkan pembengkakan semakin parah. Meski begitu, penting juga untuk memperhatikan nutrisi yang harus diterima oleh tubuh. Sebaliknya, hindari jenis makanan keras seperti buah-buahan atau yang lainnya.

4. Mengonsumsi Jenis Makanan Dingin

Saat terjadi pembengkakan amandel, kita sering dilarang untuk mengonsumsi jenis makanan dan minuman dingin. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena mengonnsumsi makanan dingin justru dianjurkan bagi penderita amandel bengkak. Hanya saja, makanan dingin yang diperbolehkan adalah yang tidak mengandung gula seperti air dingin dan juga yogurt dingin (tanpa gula).

Mengonsumsi makanan atau minuman dingin akan membuat tenggorokan yang nyeri bisa lebih mereda. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa mencoba menggunakan botol yang berisi air dingin  dan menempelkannya di pangkal leher agar bisa meredakan sakit.

5. Berdiam di Ruangan yang Lembab dan Sejuk

Cara mengobati amandel di rumah paling efektif berikutnya adalah dengan membuat ruangan lebih terasa dingin serta sejuk. Ruangan dengan kelembapan cukup akan membuat pembengkakan amandel lebih bisa diatasi dengan baik.

Sebaliknya, suhu ruangan yang terlalu panas akan memberikan efek tenggorokan terasa semakin sakit. Amandel akan semakin membesar yang akhirnya membuat si penderita merasa kesakitan bahkan saat berbicara.

6. Mencukupi Waktu Istirahat

Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara mengobati amandel di rumah yang cukup efektif dan mudah. Istirahat juga sangat dianjurkan oleh dokter agar energi tubuh bisa lebih maksimal dalam melawan virus dan bakteri yang menjadi penyebab amandel bengkak. Lain dari itu, saat amandel bengkak tubuh akan  merasa tidak nyaman sehingga melakukan aktivitas apapun menjadi kurang maksimal.

Daya tahan tubuh akan semakin kuat dan meningkat selama kita beristirahat yang cukup. Dengan begitu, infeksi dan inflamasi yang dialami akan lebih cepat diatasi serta disembuhkan. Memperbanyak waktu istirahat juga akan mencegah penderita untuk berbicara, apalagi berbicara keras. Hal tersebut bisa saja membuat kondisi amandel bengkak semakin parah bahkan semakin lama sembuhnya.

7. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Dan cara mengobati amandel di rumah yang paling efektif terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat semacam ini akan mampu meredakan bahkan menghilangkan rasa nyeri di tenggorokan akibat pembengkakan amandel. Obat untuk meredakan nyeri ini sendiri sendiri biasanya cukup mudah ditemukan karena dijual bebas di toko-toko.

Mengonsumsi jenis obat OTC seperti ini memang ampuh meredakan nyeri, tetapi efeknya tersebut tidak bertahan lama. Setelah beberapa waktu, rasa nyeri di tenggorokan biasanya akan kambuh lagi diakibatkan virus dan bakteri yang semakin menginfeksi. Sebaiknya datang ke dokter spesialis agar kondisi tonsillitis bisa segera ditangani dengan baik.

Itulah tadi beberapa cara mengobati amandel di rumah secara alami dan efektif bisa dilakukan. Cara yang sudah dijelaskan di atas hanya sekedar untuk mencegah amandel bengkak agar tidak semakin parah. Untuk penanganan lebih lanjut sebaiknya periksakan diri ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini