10 Wisata Pantai di Lombok Paling Cantik Favorit Wisatawan

0
84

Koran.id – Selain Bali, Lombok juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Tidak hanya menjadi tujuan favorit wisatawan lokal saja, melainkan juga dari mancanegara. Ada banyak sekali wisata alam menakjubkan yang bisa ditemukan di Pulau Lombok. Dari sekian banyaknya wisata alam di Lombok, pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Wisata Pantai di Lombok punya pemandangan alam yang sangat indah serta udara yang masih cukup bersih.

Berbicara wisata pantai di Pulau Lombok, jumlahnya juga cukup banyak. Mulai dari yang sudah sangat populer hingga mancanegara ada pula beberapa pantai indah yang lokasinya masih tersembunyi. Dan pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan beberapa rekomendasi wisata pantai Lombok yang paling cantik dan populer dikalangan wisatawan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Daftar Wisata Pantai di Lombok Paling Hits dan Menakjubkan

1. Pantai Pink / Pantai Tangsi

Pantai Tangsi / Pantai Pink
instagram.com/lovinglombok

Siapa bilang pantai dengan pasir berwarna pink hanya ada di Pulau Komodo? Di Lombok juga ada pantai indah dengan pasirnya yang berwarna agak kemerahan alias pink. Pantai tersebut diberi nama Pantai Tangsi, banyak pula yang menyebutkan sebagai Pantai Pink Lombok. Daya tarik utama dari pantai satu ini memang terletak pada pasir merah mudanya yang indah. Berpadu dengan deburan air laut berwarna biru membuat keindahannya semakin terpancar.

Tidak hanya itu saja, di sekeliling Pantai Tangsi juga terdapat perbukitan hijau yang semakin menambah keindahannya. Karena keindahannya tersebut membuat Pantai Pink di Lombok ini sering menjadi incaran wisatawan.

Lokasi: Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, 83672

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
instagram.com/datu_balambika

Pantai Kuta di Lombok ini tidak kalah tersohornya dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Keindahan alam pantainya sangat menakjubkan dengan hamparan pasir putih bersih berpadu dengan air laut biru yang jernih. Tetapi pasir putih di Pantai Kuta Lombok ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya, di mana teksturnya lebih mirip seperti merica. Karena hal tersebut, banyak yang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Merica.

Di sekeliling pantai terdapat pula perbukitan hijau yang semakin menambah keindahannya. Yang unik dari pantai ini adalah adanya bukit kecil yang diberi nama Bukit Mandalika. Bukit  tersebut sangat erat kaitannya dengan Suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Diberi nama Bukit Mandalika, konon katanya nama tersebut diambil dari salah satu nama putri cantik dari suku tersebut yakni Putri Mandalika.

Lokasi: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 83573

3. Pantai Bangko-bangko

instagram.com/surfergabrielsodre

Berikutnya ada Pantai Bangko-bangko yang juga tidak kalah populer dan menjadi favorit para wisatawan. Pantai Bangko-bangko ini terkenal dengan ombak lautnya yang besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat olahraga surfing. Hebatnya lagi, Pantai Bangko-bangko menjadi salah satu dari 10 lokasi surfing berombak ganas di dunia. Karena hal tersebutlah, pantai di Lombok satu ini mendapat julukan sebagai Dessert Point.

Daya tarik tidak hanya dari ombaknya saja, pemandangan alam di pantai ini juga sangat indah dan menakjubkan. Bersantai di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi akan memberikan sensasi tersendiri.

Lokasi: Jalan Putih, Batu Putih, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat,  83365

4. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
instagram.com/lombokexperience

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai indah di Lombok yang lokasinya masih cukup tersembunyi. Di pantai ini pengunjung tidak begitu ramai, sehingga cocok untuk kalian yang ingin mencari tempat untuk menyendiri. Ditemani dengan pemandangan alam menakjubkan, tentunya akan semakin membuatmu terbawa suasana di pantai ini. Pasir pantainya sangat bersih dengan warna putih yang mencolok, berpadu dengan air laut berwarna biru yang jernih.

Garis pantai di Tanjung Aan bisa dibilang cukup panjang, dengan tekstur pasir putihnya yang unik. Kenapa dibilang unik? Karena pasir pantainya tersebut memiliki dua tekstur yakni sisi kiri pantai bertekstur seperti merica dan sisi kanannya betekstur lebih halus.

Lokasi: Bukit Merese, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

5. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
instagram.com/pikniknusantara

Sama dengan Pantai Tanjung Aan, pengunjung di Pantai Selong Belanak ini juga tidak begitu ramai. Kamu yang lebih suka tempat yang sepi, pantai satu ini cocok untuk dikunjungi. Berada di pantai ini kamu akan ditemani oleh ombak pantai dengan air biru serta hamparan pasir putih yang luas.

Di sekeliling pantai juga terdapat perbukitan hijau yang membuat pemandangannya semakin menakjubkan. Ombak lautnya yang lumayan besar tidak jarang para peselancar pemula belajar olahraga surfing di pantai ini.

Loaksi: Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 83572

6. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
instagram.com/thisisme.al

Wisata pantai di Lombok yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Pantai Sekotong. Pantai satu ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dengan hamparan pasir putihnya yang luas berpadu dengan air laut jernih. Di tempat ini juga memungkinkan kamu berjumpa ekosistem biota laut dangkal atau yang sering disebut dengan padang lamun.

Tidak jauh dari Pantai Sekotong, terdapat pula sebuah bukit kecil yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau. Kamu bisa naik ke puncaknya untuk menyaksikan keindahan Pantai Sekotong dari ketinggian. Tidak hanya itu, dari bukit ini kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan sunset dan sunrise yang menakjubkan.

Lokasi: Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

7. Pantai Gili Nunggu

Pantai Gili Nunggu
instagram.com/weeddon

Berbicara mengenai gili di Lombok, mungkin kamu mengira hanya ada Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air saja. Padahal masih ada pulau kecil lain di Lombok yang tidak kalah indah dan menarik dikunjungi. Salah satunya adalah Gili Nunggu, sebuah pulau kecil yang menjadi pusat penangkaran penyu sisik. Penyu sisi sendiri merupakan salah satu jenis penyu yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin sedikit.

Selain itu, pemandangan alam di pantai ini juga sangat menakjubkan, membuat siapa saja merasa betah berada di sini. Pemandangan bawah lautnya juga sangat indah, di mana kamu bisa melihat biota laut yang masih sangat terjaga ekosistemnya.

Lokasi: Desa Medang Kecamatan Sekotong, bagian pesisir selatan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

8. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
instagram.com/pegi_pegi

Wisata pantai di Lombok yang juga punya pemandangan menakjubkan dan wajib dikunjungi adalah Pantai Batu Payung. Pantai satu ini memiliki satu keunikan yang tidak bisa ditemukan di pantai lainnya, yakni adanya sebuah batu karang besar yang bentuknya menyerupai sebuah payung raksasa. Inilah yang menjadi dasar pemberian nama Pantai Batu Payung untuk pantai indah di Lombok ini.

Tidak hanya itu saja, pemandangan alam di pantai ini sangat menakjubkan dan lingkungannya masih sangat asri. Tidak heran karena pantai ini merupakan salah satu pantai yang lokasinya masih tersembunyi.

Lokasi: Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 83573

9. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
instagram.com/pergiyuk

Pantai Tanjung Bloam juga menjadi salah satu wisata pantai cantik di Lombok yang wajib untuk kamu kunjungi. Pantai satu ini menyuguhkan pesona alam yang sangat menakjubkan. Kamu bisa menjumpai sebuah bukit tinggi yang ditumbuhi oleh tanaman hijau, menjadikan pemandangan tidak biasa dari pantai ini.

Kamu bisa bersantai menikmati keindahan alam yang disuguhkan di tempat ini, sembari menikmati angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Tidak hanya itu, di sisi pantai juga terdapat tempat konservasi penyu, kamu bisa seru-seruan bersama penyu-penyu kecil yang ada di sana.

Lokasi: Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Barat, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83672

10. Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit
instagram.com/harisslombok

Dan wisata pantai di Lombok yang juga wajib dikunjungi terakhir adalah Pantai Tanjung Ringgit. Pantai satu ini juga menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan dengan dikelilingi oleh perbukitan, membuat pemandangannya semakin eksotis. Menurut sejarahnya, Pantai Tanjung Ringgit merupakan lokasi persembunyian tentara Jepang di masa Perang Dunia II silam.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penemuan peralatan perang seperti meriam dibalik semak-semak. Terdapat pula beberapa goa kecil yang menjadi tempat persembunyian tentara Jepang tersebut. Lokasinya memang agak tersembunyi, karenanya perlu bertanya ke warga sekitar agar kamu tidak tersesat.

Lokasi: Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, 83672

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata pantai di Lombok yang paling indah dan populer dikalangan wisatawan. Siap untuk berlibur ke Pulau Lombok?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini