6 Jajanan Khas Sunda yang Lagi Hits di Jakarta, Bikin Nagih!

0
775
Jajanan Khas Sunda yang Lagi Hits di Jakarta

Korand.idApa yang kamu ketahui mengenai jajanan khas Sunda? Nampaknya jajanan tradisional khas Sunda sudah menjadi tren kuliner sekarang ini di Jakarta, jajanan ini telah ditampilkan dengan banyak varian serta inovasi untuk lebih kekinian. Mulai dari cara kemasanya, rasa jajananya, tekstur dan lainya, lalu apa saja jajanan khas Sunda yang lagi Hits di Jakarta saat ini?

Berbicara mengenai jajanan Khas Sunda ini harganya memang murah meriah, biasanya jajanan yang di jajakan pada gerobak jualanya ini sangat unik dan tentu saja saat ini sudah mudah kamu jumpai di kota Jakarta.  Nah bagi kalian yang penasaran tentang jajanan khas Sunda yang Hits di Jakarta, yuk mari simak daftar jajanan di bawah ini.

Inilah 6 Jajanan Khas Sunda yang Lagi Hits di Jakarta, Bikin Nagih!

1. Jajanan Cimol

Tribunnews.com

Pertama jajanan khas Sunda yang lagi hits yakni Cimol, jajanan yang dibuat dari bahan tepung kanji ini membuat lidah tak henti-hentinya ingin menikmati terus. Bentuk dari jajanan cimol sendiri biasanya di bentuk bulatan kecil dengan tekstur yang tidak rata, penyajian cimol berbentuk kering setelah di goreng dan makanan ini paling enak di sajikan ketika sedang bersantai.

Khas Sunda yang melekat pada bumbu cimol ini yakni bumbunya yang bervariasi seperti asin, pedas dan manis bagi yang menyukai, memang cara penyajianya tak berbeda banyak dari jajanan cilok ini yang di kemas pada sebuah plastik setelah digoreng. Namun cara makanya yang paling nikmat lagi melalui plastik yang dilubangi bagian bawah sudutnya, jadi tak heran jika cimol ini salah satu jajanan merakyat yang disukai mulai dara kalangan anak-anak, remaja bahkan ibu-ibu.

2. Jajanan Cilok

kedailadies.com

Berikutnya yang saat ini lagi hits di Jakarta adalah cilok, merupakan jajanan bahan dasarnya dari tepung kanji atau bisa dari bahan tepung singkong biasanya cara dikonsumsinya dengan cara di tusuk atau dicolok. Jajanan ini meskipun sudah tergolong di era lama, namun banyak sekali yang menjualnya bahkan semakin hits di Jakarta. Hal utama yang mendasari jajanan ini terus bertahan salah satunya dari resepnya yang mudah serta bahan-bahan pembuatanya mudah untuk dibeli, jadi tak heran jajanan cilok di perdagangkan hampir di semua kota-kota.

Jajanan cilok bisa dibilang mirip dengan cimol maupun bakso, karena cara berdagangnya umumnya menggunakan gerobak dan cara menyajikannya bisa menggunakan sebuah plastik yang diberi bawang, sambal beserta tusuk, sedangkan untuk penyajian cilok yang diberi kuah hampir mirip bakso di tempatkan pada mangkok maupun plastik dan kuahnya ini sangat khas loh memiliki aroma yang bikin ketagihan karena adanya kaldu daging.

3. Jajanan Siomay

cariresep.com

Pasti kalian sudah tak asing lagi mendengar jajanan yang asli dari Sunda ini, hampir setiap wilayah sudah banyak yang menjajahkan jajanan merakyat ini salah satunya di Jakarta. Memang dibandingkan dengan jajanan khas Sunda lainya, cara penyajian siomay ini salah satu yang paling ribet. Karena selain banyak bahan dasar pembuatanya siomay mulai dari menyisihkan duri ikan tenggiri dari dagingnya yang akan di buat sebagai rasa penyedapnya, untuk varian lainya siomay ini seperti kentang yang dikukus, engkol dan telur ayam.

Nah bedanya untuk rasa sendiri dari jajanan siomay menggunakan bumbu kacang sebagai rasa khas-nya dan beserta bumbu pelengkap lainya seperti sambal dan kecap, jadi kamu jika membeli jajanan siomay ini perlu bersabar karena penyajianya membutuhkan waktu mulai dari hal penggorengan, isi semua siomay termasuk kentang, telur dan engkol. Setelah itu di rintis di penyaringan, selanjutnya siap di potong kecil-kecil pada tenan/ tempat pengirisan dari kayu tipis.

4. Jajanan Batagor

pegi-pegi.com

Salah satu jajanan khas Sunda yang hits di Jakarta saat ini, batagor memang identik dari jajanan rakyat Jawa Barat dan jajanan batagor ini sudah sejak lama sudah familiar hingga saat ini. bahan dasar batagor sama menggunakan tepung kanji, yang menyajikanya dengan cara di kukus terlebih dahulu agar menyatu dari bumbunya dan setelah itu nanti proses di belinya dimatangkan dengan cara penggorengan.

Dari bahan lainya sebagai pendukung rasa batagor ini seperti tahu, bumbu kacang serta kuah pangsit, jadi nantinya batagor penyajian lengkapnya ketika akan dikonsumsi menyerupai mie bakso, yang diberi saus tomat, kecam manis, bumbu penyedap bawang goreng, seladri, cukai dan sambal. Namun bedanya dari makanan bakso ini hanyalah batagor menggunakan mie sebagai pentol dagingnya, lainya itu tidak banyak perbedaan.

5. Jajanan Baso Cuanki

TravelingYuk.com

Salah satu makanan yang lagi hits di Jakarta dengan menu jajanan khas Sunda, sepintas memang jenis makanan ini mirip dengan bakso mie namun jajanan baso Cuanki cara berdagangya di jajahkan di beberapa tempat dengan menggunakan gerobak. Hal ini karena melayani pembeli yang lapar ketika berada di rumah, sehingga gerobak ini selalu keliling tempat biasnya.

Bahan utama yang dapat dibuat untuk baso Cuanki seperti tepung tapioka, daging sapi dan ikan tenggiri, jajanan seperti ini sudah banyak kamu jumpai di Jakarta biasanya untuk makanya di tempatkan pada mangkok yang diberi kuah. Kamu bisa meminta bumbu pelengkapnya bagi yang suka agar semakin nikmat dan gurih, bumbu itu seperti bawang goreng, seladri, cuka, penyedap rasa dan cabai.

6. Jajanan Seblak Sunda

idntimes.com

Jajanan yang identik dari khas Sunda ini kini sudah banyak di temui di setiap wilayah di Jakarta, kemunculan jajanan seblak ini memang yang paling akhir dari pada jajanan khas Sunda lainya. Seblak memiliki cita rasa yang aduhai karena rasa manisnya ditambah pedasnya bumbu membuat lidah ini terasa ketagihan.

Biasanya cara penyajian jajanan seblak disajikanya berbeda dari jajanan lainya, yaitu mengandalkan kerupuk basah sebagai isi, mie tiaw, telur, daging ayam, sayuran siap saji serta baso aci yang teksturnya memang dibuar kasar. Mantabnya lagi seblak khas Sunda ini di sajikan dalam keadaan hangat dan pedas sehingga membuat bibir terasa ngembang dan kemerahan.

Nah, itulah tadi beberapa 6 Jajanan Khas Sunda yang Lagi Hits di Jakarta, Bikin Nagih!. Mana yang termasuk jajanan terfavorit kalian? Semoga referensi ini memberikan manfaat serta untuk menambah wawasan kalian ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini