7 Kuliner Khas Betawi yang Punya Cita Rasa Paling Menggoda

0
726
Kuliner Khas Betawi yang Punya Cita Rasa Paling Menggoda

Koran.idPernahkah kalian Mencicipi kuliner khas Betawi yang punya cita rasa paling menggoda? Betawi dikenal sebagai nama suku yang tinggalnya di daerah Jakarta ini, sudah menjadi satu dengan Jakarta yang dikenal sampai saat ini sebagai adat betawi asli. Sejarah di jaman dulu Betawi ini memang sudah mewarisi kuliner yang rasanya dikenal begitu gurih dan cita rasanya menggoda, hingga sampai sekarang kuliner khas Betawi ini banyak diburu oleh para penikmat kuliner seluruh nusantara.

Apalagi banyak sekali dari aneka ragam makanan kuliner khas Betawi ini, baik itu jenisnya camilan hingga makanan yang membuat perut menjadi kenyang. Dari banyaknya pilihan ini tak heran jika kuliner khas Betawi ini sudah menjadi tujuan utama ketika berada di Jakarta, nah agar tidak penasaran tentang kuliner khas Betawi itu, yuk simak rekomendasinya dibawah ini.

7 Kuliner Khas Betawi yang Punya Cita Rasa Paling Menggoda

1. Masakan Sayur Gabus Pucung

ikutilangkahkaki.com

Yang pertama kuliner khas Betawi dengan cita rasanya paling menggoda yaitu sayur gabus pucung, makanan ini asli khas Betawi asli dengan cita rasa begitu sempurna di tambah bumbunya menggunakan rempah buah kluwek sebagai bumbu utamanya. Untuk tambahan sayurnya disini memilih jenis sayuran pucung segar serta untuk ikanya yang dipilih berjenis gabus, jadi jika bumbu sudah mendidih dan dicampur dengan sayur tersebut maka tak sabar ingin menikmatinya.

Masakan sayur gabus pucung ini bisa dinikmati dengan kuahnya ya? dimana kuah sedapnya ini berwarna kehitaman seperti rawon pada umumnya. Bagi penikmat kuliner yang berada di Jakarta sangat tepat sekali untuk wajib coba kuliner khas Betawi ini, mengingat penjual sayur gabus pucung tidak banyak persediaanya yang menjual.

2. Masakan Pecak Lele

travelingyuk.com

Selanjutnya yang perlu kalian coba kuliner ketika berada di Jakarta yaitu masakan pecak lele, salah satu kuliner khas Betawi yang rasanya sangat gurih karena adanya lele yang digoreng kering. Bahan dasar bumbu pecak lele terbuat dari campuran seperti bawang merah, kacang, cabai, dan jahe. Cara pengolahanya di aduk dengan menggunakan air sehingga bumbu yang lembut tadi tercampur.

Pecak lele juga bisa dihidangan dengan tambahan kuah ya? yang terdiri dari adukan bumbu tadi yang di aduk menjadi satu, untuk lele sebagai lauknya di berikan kuah yang disiram bumbu kacang sambal tadi. nah bagi kalian yang ingin menikmati kuliner jenis ini, mudah sekali untuk kamu temukan di sudut kota Jakarta yang pastinya harganya sesuai kantong kalian.

3. Masakan Nasi Ulam

blog.traveloka.com

Mungkin kalian yang masih jarang tahu mengenai nasi ulam ini, yaitu makanan yang di hidangkan dengan sebuah piring di beri nasi putih yang bumbunya menggunakan olahan rempah. Sebenarnya kuliner satu ini sudah dari dulu adanya, yang sekarang di munculkan kembali dengan tambahan olahan lauk atau ikan.

Menu masi ulam terdapat 2 kategori yang bisa di pesan, yang pertama olahanya bisa di pesan dengan cara kering dan satunya lagi bisa menggunakan kuah. Tambahan lauk ketika dihidangkan seperti dadar ceplok, perkedel, tahu, tempe dan kerupuk, nah kuliner ini bisa kalian dapatkan di daerah Jakarta yang letaknya sudah hampir banyak kita temui.

4. Masakan Laksa Betawi

travelingyuk.com

Cita rasa yang begitu menggoda pada masakan laksa beawi ini cocok sekali di makan di waktu pagi dan siang hari, pasalnya kelezatan bumbu yang diolahnya membuat lidah ini seakan ingin menambah porsi lagi. Untuk bahan dasarnya berupa mie putih yang di rendam dengan kuah kuning gurih, seketika makanan ini memang disajikanya sederhana namun jika kamu tahu rasanya pasti akan ketagihan.

Bahan dasar olahan kuliner laksa berupa beras sebagai nasi gorenganya, namun untuk bumbu yang dicampurkan menggunakan bahan alami seperti kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, bawah merah dan putih, serta cabai. Setelah semua di olah dijadikan satu menjadi bumbu, bisa langsung dicampur santan dan serai sebagai kuah lodehnya.

5. Kuliner Soto Betawi

mymilk.com

Kuliner soto Betawi ini memang sekilas mirip seperti masakan soto pada umumnya, namun yang membedakan disini dari olahan bumbu rempahnya yang begitu gurih sekali serta campuran dagingnya menggunakan daging sapi, jeroan dan babat. untuk bumbu penyedap rasanya berupa irisan bawang merah dan putih, jintan, jahe, cabai, dan serai selanjutnya bumbu di lembutkan untuk diolah menjadi satu.

Uniknya soto betawi ini kuahnya dicampur selain menggunakan santan juga diberi susu agar rasanya menggoda di lidah, jadi jika kalian penasaran untuk mencoba kuliner khas Betawi ini adanya hanya di daerah Jakarta saja ya?

6. Masakan Semur Jengkol

thegorbalsla.com

Salah satu makanan dengan bumbu nya yang begitu leza, biasanya cara penyajianya dipadukan dengan sebuah nasi uduk hangat di piring. Aroma yang khas dengan jengkolnya membuat lidah ini seakan ingin menikmatinya, kepopuleranya semur jengkol khas Betawi ini sudah sejak lama ya sudah diciptakan mulai zaman penjajahan.

Lebih enaknya lagi santapan masakan jengkol ini bisa kamu hidangkan di pagi hari ketika benar-benar lapar, untuk pelengkap penyajian semur jengkol di pilih menggunakan tempe goreng dari pada daging yang dirasa kurang sesuai.

7. Kuliner Soto Tangkar

sambalahap.id

Populernya soto tangkar ini tak lepas dari bumbunya yang kental, bahan utamanya kuahnya terbuat dari santan yang di campur dengan bumbu soto seperti biasanya. Hanya saja bedanya soto Betawi dengan soto tangkar ini dagingnya di buat bumbu iga sapi, namun uniknya lagi dahulunya kuliner soto tangkar ini di jualnya dengan cara di pikul dengan jalan kaki ke pelosok-pelosok desa.

Namun saat ini seiring dari perkembanganya kuliner ini sudah dapat kamu temui di emperan yang letaknya di jalan besar kota Jakarta, nah jika kalian penikmat kuliner tak lengkap rasanya jika melewatkan porsi dari soto tangkar ini, untuk harganya tidak banyak menguras kantong kalian.

Nah, itulah tadi tentang 7 Kuliner Khas Betawi yang Punya Cita Rasa Paling Menggoda. Mungkin ada salah satu makanan favorit kalian? Semoga rekomendasi mengenai kuliner khas Betawi ini memberikan kemudahan untuk kalian yang sedang berada di Kota Jakarta.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini