10 Rekomendasi Merek Pil KB yang Aman untuk Mencegah Kehamilan

36
Merek Pil KB yang Aman
Merek Pil KB yang Aman

Koran.id – KB atau Keluarga Berencana merupakan salah satu program dari pemerintah guna untuk mengontrol pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia. Penggunaan KB akan mampu mencegah kehamilan dengan lebih mudah dan efektif. KB sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya dalam bentuk pil yang dikonsumsi sesuai aturan. Kita bahkan bisa menemukan banyak merek pil KB yang aman dan dapat dibeli secara mandiri.

Pil KB yang ada di pasaran saat ini memiliki kemampuan berbeda-beda dalam hal mencegah kehamilan. Di dalamnya terdapat kandungan khusus yang memiliki efek untuk mencegah pembuahan terjadi dengan cara mengentalkan cairan di dalam vagina, di mana sel sperma akan kesulitan untuk bergerak menuju sel telur. Banyaknya jenis pil KB yang ada saat ini, mungkin membuatmu bingung memilihnya. Agar tidak bingung lagi, berikut rekomendasi pil KB terbaik yang bagus dan aman bisa kamu jadikan pilihan.

Daftar Merek Pil KB yang Aman untuk Mencegah Kehamilan

Memilih pil KB harus disesuaikan dengan kebutuhanmu, agar fungsi yang diberikannya menjadi lebih maksimal. Setidaknya ada 3 jenis pil KB yang bisa disesuaikan dengan kondisi pemakainya. Yang pertama yakni Mini Pil KB yang ramah dengan ibu menyusui, di mana pil KB jenis ini umumnya hanya memiliki kandungan 1 jenis hormon saja, yakni hormon progestin. Berbeda dengan pil KB biasa yang biasanya ditambah dengan kandungan hormon estrogen. Adanya kandungan hormon tersebut diklaim dapat mengurangi produksi ASI.

Yang kedua ada jenis Pil KB Kombinasi yang diklaim dapat melancarkan menstruasi. Pil KB jenis ini mengandung hormon estrogen dan progestin, di mana kedua kandungan hormon tersebut bekerja untuk mendorong peluruhan lapisan dinding rahim. Dengan demikian haid akan lebih lancar dan teratur. Mengonsumsi pil KB kombinasi ini akan mengentalkan dan menebalkan lendir di bagian leher dan dinding rahim.

Dan jenis pil KB yang ketiga yakni Pil KB Darurat yang bisa diandalkan di waktu darurat. Misalnya saja saat terjadi hal yang tidak diinginkan ketika berhubungan dengan pasangan, seperti pelindung (k*nd*m) robek. Untuk mencegah kebobolan, pil KB jenis ini diklaim dapat mencegah pembuahan bahkan pada saat proses ovulasi yang terjadi.

Adapun beberapa rekomendasi merek pil KB yang aman dan bagus selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pil KB Andalan

Pil KB Andalan
Pil KB Andalan

Pilihan pil KB yang bagus dan aman yang pertama yakni Pil KB Andalan. Sudah menjadi pil KB favorit banyak suami istri, pil KB satu ini memang sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Di dalamnya terdapat 2 kandungan sekaligus, yakni kandungan levonorgestrel yang merupakan hormon progestin dan kandungan ethinyl estradiol sebagai homron estrogen.

Pil KB Andalan yang dikonsumsi akan memberikan efek cairan di dalam vagina yang lebih mengental tang membuat sel sperma akan kesulitan untuk berenang menuju sel telur. Dengan demikian pembuahan tidak akan terjadi, yang artinya kehamilan tidak akan pernah tercapai jika pil KB ini terus dikonsumsi. Mengonsumsinya juga akan memberikan efek samping ringan, seperti muntah, pusing, mual dan juga nyeri pada payudara.

2. Pil KB Andalan Laktasi

Pil KB Andalan Laktasi
Pil KB Andalan Laktasi

Masih satu merek dengan pil KB sebelumnya, namun Pil KB Andalan Laktasi ini hanya dikhususkan untuk ibu menyusui. Seperti yang dijelaskan di atas, pil KB untuk ibu menyusui umumnya hanya dibekali dengan hormon progestin saja di dalamnya. Pada Pil KB Andalan Laktasi ini mengandung Linestrenol 0.5mg sebagai progestin. Meskipun dapat terserap pada ASI, akan tetapi hal ini tidak akan memberikan dampak negatif pada bayi.

Pil KB Andalan Laktasi sendiri tidak akan membuat produksi ASI menurun, bahkan sebaliknya. Untuk kamu yang ingin menjalankan program KB pasca melahirkan, disarankan mengonsumsi Pil KB Andalan Laktasi ini setidaknya 6 minggu setelah proses lahiran tersebut. Untuk pembeliannya sendiri bisa di apotek, klinik, toko obat atau membeli langsung via online.

3. Pil KB Postinor

Pil KB Postinor
Pil KB Postinor

Berikutnya ada Pil KB Postinor yang juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai program KB. Berbeda dengan kedua jenis pil KB di atas, Pil KB Postinor tergolong dalam jenis Pil KB Darurat. Untuk mengonsumsinya bisa dengan langsung meminumnya setelah berhubungan. Pil KB tersebut diklaim sangat ampuh untuk mencegah kehamilan meskipun berhubungan tanpa penggunaan pengaman.

Pil KB Postinor bisa dikonsumsi setidaknya 12-72 jam setelah melakukan hubungan tanpa pengaman apa pun. Jika sudah dalam kondisi hamil, tentunya Pil KB Postinor tidak akan bisa berbuat banyak. Kehamilan akan terus berjalan dan tidak dapat dihentikan dengan pengosumsiannya.

4. Pil KB Elsza

Pil KB Elsza
Pil KB Elsza

Kali ini ada merek Pil KB Elsza yang juga cukup ampuh untuk mencegah kehamilan pada wanita. Pil KB Elsza bekerja 2 fungsi sekaligus sehingga akan lebih efektif untuk menghindari kehamilan. Yang pertama yakni dengan menghambat pelepasan sel telur dari indung telur. Kemudian yang kedua pil ini dapat memberikan efek mengentalkan lendir pada leher rahim sehingga sel sperma tidak akan bisa berenang menuju sel telur.

Termasuk dalam jenis pil KB kombinasi, Pil KB Elsza ini dibekali dengan kandungan cyproterone acetate sebagai hormon progesteron dan kandungan ethinylestradiol sebagai hormon estrogen. Beberapa efek lainnya juga bisa dirasakan saat mengonsumsi pil KB jenis ini. Mulai dari melancarkan siklus menstruasi, meminimalkan nyeri saat haid, menstabilkan hormon, dan juga dapat menghilangkan jerawat.

5. Pil KB Planotab

Pil KB Planotab
Pil KB Planotab

Apakah kamu salah seorang wanita yang memiliki riwayat sakit maag? Kalau begitu kamu bisa memiluh Pil KB Planotab ini. Mengonsumsinya secara rutin diklaim ramah bagi penderita maag. Pasalnya, pada tablet Pil KB Planotab ini dibekali dengan lapisan gula tipis serta tidak akan mengakibatkan iritasi pada lambung. Selain itu, mengonsumsinya juga tidak akan membikin asam lambung naik dengan sangat efektif.

Pil KB Planotab sendiri bisa dengan mudah ditemukan di apotek atau toko obat lainnya, bahkan bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun, ada beberapa efek samping yang bisa saja dirasakan setelah meminumnya. Mulai dari kepala terasa sakit, mood yang menurun, penambahan berat badan, flek hitam di wajah, hingga hipertensi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

6. Pil KB Diane 35

Pil KB Diane 35
Pil KB Diane 35

Pilihan pil KB yang bagus dan aman lainnya yakni bernama Pil KB Diane 35. Berbeda dengan produk pil KB lainnya, Pil KB Diane 35 ini tidak dijual bebas di pasaran. Pasalnya, pil KB satu ini termasuk dalam golongan obat keras dan psikotropika. Sehingga membelinya harus sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Apalagi jika saat ini kamu dalam kondisi sedang menyusui, perlu pemeriksaan dari dokter terlebih dahulu.

Bagi ibu menyusui sebenarnya tidak disarankan untuk mengonsumsi Pil KB Diane 35 ini. Pasalnya, di dalam obat tersebut terdapat kandungan hormon estrogen yang dapat mengurangi produksi ASI.

7. Pil KB Trinordiol

Pil KB Trinordiol
Pil KB Trinordiol

Trinordiol merupakan jenis pil KB yang dapat mencegah kehamilan dengan sangat efektif, bahkan setelah melakukan hubungan suami-istri dengan tanpa menggunakan pengaman. Pil KB satu ini bekerja dengan cara mencegah sel telur terlepas dari indungnya, sehingga dapat mencegah sel telur terbuahi oleh sel sperma.

Efek tersebut didapat dari adanya kandungan levonorgestrel sebagai progestin dan juga ethinyl estradiol sebagai estrogen. Kombinasi dari keduanya dapat menghambat bahkan mencegah ovulasi dan juga membentuk dinding rahim.

8. Pil KB Andalan FE

Pil KB Andalan FE
Pil KB Andalan FE

Sementara untuk pilihan Pil KB Andalan FE ini lebih cocok dikonsumsi oleh perempuan aktif dengan berbagai aktivitas harian yang harus dilakukannya. Kandungan hormon yang ada di dalamnya diklaim sangat efektif untuk mencegah kehamilan pada wanita. Termasuk jenis pil KB kombinasi, di dalamnya terdapat kandungan hormon progesteron dan juga estrogen sekaligus.

Selain itu, Pil KB Andalan FE juga dilengkapi dengan kandungan zat besi. Di mana kandungan tersebut dapat memberikan efek meringankan nyeri saat sedang haid. Pil KB Andalan FE harus dikonsumsi secara teratur agar efek yang diberikannya bisa lebih maksimal. Untuk mengonsumsinya sendiri bisa sebelum ataupun sesudah makan.

9. Pil KB Microgynon

Pil KB Microgynon
Pil KB Microgynon

Masih sama seperti produk pil KB di atas, Pil KB Microgynon juga termasuk jenis pil KB Kombinasi. Di mana di dalam produk pil KB tersebut terdapat kandungan Levonorgestrel sebagai progestin dan juga ethinylestradiol sebagai hormon estrogennya. Kedua kandungan tersebut dapat memberikan efek pengambat ovulasi dan juga mengubah lapisan rahim.

Pil KB Microgynon sendiri bisa kamu dapatkan langsung dari apotek atau obat lainnya. Untuk penggunaannya disarankan untuk kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sepesialis agar tidak menimbulkan efek serius karena salah mengonsumsinya. Khususnya untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit hati, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis pil KB satu ini.

10. Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin
Pil KB Yasmin

Dan pilihan merek pil KB yang aman dan bagus yang terakhir yakni bernama Pil KB Yasmin. Termasuk jenis pil KB kombinasi, di mana pada pil KB tersebut terdapat kandungan hormon estrogen berupa Ethinyl estradiol 0.03 mg dan hormon progestin berupa drospirenone 3 mg.

Pil KB Yasmin dapat mencegah kehamilan dengan sangat efektif. Cara kerjanya yakni dengan menghambat dan menghentikan produksi sel telur di dalam ovarium. Kamu yang punya masalah dengan haid yang tidak teratur dan sedikit, pil KB ini bisa menjadi solusinya. Pil KB Yasmin dengan kandungannya dapat melancarkan haid, mengurangi darah berlebih, serta meringankan nyeri haid.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek pil KB yang aman dan bagus bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Hair Tonic Terbaik untuk Atasi Masalah Rambut
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Obat Kutu Rambut yang Bagus
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini