10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Lagi Hits Wajib Dikunjungi

0
187

Koran.id – Mojokerto merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang menyimpan pesona keindahan alam menakjubkan. Tidak heran, banyak wisatawan yang memilih berkunjung ke Mojokerto untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkannya. Ada banyak sekali tempat wisata di Mojokerto yang tidak kalah menarik dibandingkan tempat wisata di daerah Jawa Timur lainnya. Selain wisata alam, di sana juga banyak terdapat berbagai peninggalan sejarah seperti candi dan arca.

Berkunjung ke Mojokerto tidak hanya membuat hati dan pikiran lebih bahagia, tetapi juga bisa mengedukasi. Kita jadi lebih tahu sejarah masa lampau sebelum hadirnya era modern seperti sekarang ini. Agar tidak bingung memilih tempat wisata menarik di Mojokerto, di bawah ini sudah saya rangkumkan beberapa rekomendasi wisata untuk dikunjungi. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Daftar Tempat Wisata di Mojokerto yang Lagi Hits dan Ramai Dikunjungi

1. Pacet Mini Park Mojokerto

instagram.com/mata_langit_community

Rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang ramai dikunjungi pertama adalah Pacet Mini Park Mojokerto. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan rekreasi bersama keluarga tercinta. Ajak anak dan istri untuk seru-seruan bermain air di mini park ini. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, pastinya pengunjung tidak akan merasa kecewa karena sudah datang ke sini.

Berada di daerah pegunungan membuat suasana di tempat ini sangat sejuk dan menenangkan. Puas bermain air, kamu juga bisa sambil bersantai menikmati pemandangan alam asri khas pegunungan. Yang lebih menarik lagi, tiket masuk ke Pacet Mini Park Mojokerto ini bisa dibilang sangat terjangkau. Mengingat fasilitas dan permainan yang dihadirkan cukup banyak, tentunya ini akan menjadi momen paling bahagia bareng keluarga.

Lokasi: Jalan Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung, Pacet, Dusun Patinam, Warugunung, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

2. Bumi Perkemahan Dlundung Trawas

instagram.com/nandu_4

Suka berkemah di alam bebas dengan suasana alam masih asri dan terjaga? Bumi Perkemahan Dlundung Trawas ini bisa kamu jadikan pilihan paling tepat. Ya, di sini kamu bisa merasakan camping seru bareng teman dan wisatawan lain dari berbagai kota. Pengunjung di sini memang tidak hanya datang dari masyarakat lokal saja, melainkan banyak pula dari luar kota.

Berada di kawasan pegunungan, sudah pasti suhu udara di tempat ini sangat sejuk dan menenangkan. Pemandangan alam asri nan indah akan langsung menyapa pengunjung yang datang ke sini. Di tempat ini juga disediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, musholla, warung, serta area parkir luas. Tempat ini memang memiliki akses jalan yang terbilang mudah, sepeda motor atau mobil sekalipun bisa menjangkaunya.

Lokasi: Kemiloko, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur

3. PPLH Seloliman

instagram.com/yunusahmadkayen

Ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak hanya menarik tetapi juga mengedukasi? Kalau begitu kamu bisa berkunjung ke tempat satu ini. PPLH atau yang memiliki kepanjangan Pusat Pendidikand Lingkungan Hidup menawarkan pesona wisata menarik sekaligus juga mengedukasi pengunjungnya. Tempat ini sejatinya merupakan tempat untuk penelitian lingkungan hidup seperti pengelolaan sampah atau yang lainnya.

Di tempat ini juga disediakan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap, mulai dari fasilitas outbound, restoran, penginapan, toilet dan lain sebagainya. Pemandangan alam di tempat ini sangat indah serta dengan suasana yang sejuk dan menenangkan.

Lokasi: Dusun Biting Seloliman, RT.05/RW.03, Seloliman, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur

4. Puncak Jengger

instagram.com/shof_m

Tempat wisata di Mojokerto yang lagi hits dan ramai dikunjungi selanjutnya adalah Puncak Jengger. Tempat wisata satu ini menjadi favorit anak muda di sana, dikarenakan menyuguhkan pesona alam menakjubkan dengan view yang instagramable banget. Tidak jarang foto-foto kece dari Puncak Jengger ini meramaikan dinding sosial media seperti Instagram dan Facebook.

Sampai di lokasi kamu akan langsung disuguhkan dengan hamparan perbukitan hijau dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. suasana di tempat ini juga sangat sejuk, membuat pengunjung betah berada di sini. Tetapi perlu diingat, medan untuk bisa sampai di puncak cukup ekstrem sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati.

Lokasi: Hutan, Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur

5. Api Abadi Mojokerto

instagram.com/promosimojokerto

Api abadi tidak hanya ada di Madura saja, di Mojokerto juga terdapat fenomena aneh di mana  dari permukaan tanah muncul kobaran api yang tidak pernah padam. Api Abadi Mojokerto ini sendiri sudah ada sejak jaman dulu, dan menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Pada jaman tersebut, api abadi ini sering digunakan para prajurit untuk membuat senjata.

Mengunjunginya saat malam hari merupakan pilihan yang paling tepat. Karena pada waktu tersebut api yang menyala bisa lebih terlihat dibandingkan saat siang hari. Lokasinya cukup mudah untuk diakses dan tiket masuknya pun sangat murah yakni Rp 3000-an saja.

Lokasi: Bekucuk, desa Tempuran, kecamatan Soko, Mojokerto, Jawa Timur

6. Gunung Penanggungan

instagram.com/sedulurpendaki_indonesia

Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung di Mojokerto yang punya ketinggian sekitar 1.653 mdpl. Sejak tahun 2015 lalu gunung ini sudah dijadikan sebagai cagar budaya di Kota Mojokerto, dikarenakan di tempat ini banyak ditemukan berbagai peningglana sejarah kerajaan jaman dulu.

Sesampainya di puncak gunung, kamu akan langsung dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan menakjubkan. Suasan di tempat ini sangatlah sejuk dan menenangkan, membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Medan untuk bisa sampai ke puncak tidak terlalu sulit, sehingga kamu yang masih pemula bisa dengan mudah mencapainya.

Lokasi: Kecamatan Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur

7. Air Terjun Watu Ondo

instagram.com/intan_nuril

Air Terjun Watu Ondo juga menjadi salah satu tempat wisata di Mojokerto yang cukup ramai dikunjungi. Air terjun di tempat ini bukan hanya satu, melainkan 2 air terjun yang saling berhadapan. Karena hal tersebutlah banyak yang menyebutkan sebagai air terjun kembar. Masing-masing air terjun memiliki ketinggian yang berbeda, yakni 15 meter dan 70 meter.

Diberi nama Air Terjun Watu Ondo karena untuk bisa mencapai lokasi pengunjung harus melewati bebatuan yang tersusun rapi layaknya ondo (bahasa jawa) atau anak tangga. Panorama alam di tempat ini sangat indah dengan suasana sejuk dan menyegarkan.

Lokasi: Hutan, Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur

8. Pacet Hill Outdoor Park

instagram.com/bolangadventure

Pacet Hill Outdoor Park merupakan salah satu tempat wisata di Mojokerto yang masih terbilang baru. Tempat wisata ini sendiri baru pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 lalu. Meskipun terbilang baru, tetapi tempat wisata satu ini langsung menyita perhatian banyak wisatawan.

Di tempat ini disediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap serta dengan wahana permainan yang menyenangkan. Mulai dari rafting, ground outbound, fun offroad, spot selfie instagenic, paint ball dan lain sebagainya.

Lokasi: Hutan, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

9. Claket Adventure Park

instagram.com/okemojokerto

Tempat wisata hits di Mojokerto berikutnya ini juga merupakan tempat wisata yang masih baru karena diperkenalkan pada tahun 2017 lalu. Sama seperti wisata sebelumnya, Claket Adventure Park juga langsung menyita perhatian banyak wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan masih asri, di tempat ini juga tersedia beberapa spot foto selfie untuk dan instagramable banget. Sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka hunting foto kekinian yang instagenic.

Lokasi: Jalan Raya Claket-Trawas KM. 03 Dusun Claket, Desa, Dusun Sembong, Claket, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

10. Patung Budha Tidur Mojokerto

instagram.com/pendidikan_ips_uho

Dan tempat wisata di Mojokerto yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yang terakhir adalah Patung Budha Tidur. Patung Budha Tidur ini memiliki ukuran yang cukup besar dan kabarnya patung tersebut menjadi yang terbesar ketiga di seluruh dunia. Dilapisi dengan warna  emas membuatnya tampak sangat elegan. Karena keunikan tersebut pengunjung sering menjadikannya sebagai background foto yang kece dan kekinian.

Letaknya sendiri berada di sebelah bangunan Mahavihara Majapahit, dan patung tersebut sangat dijaga oleh pihak pengelola. Pengunjung hanya diperbolehkan untuk berfoto dari kejauhan, tanpa harus menyentuh atau bahkan menaiki patung tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang lagi hits dan paling menarik untuk dikunjungi. Atur waktu liburanmu segera dan kunjungi beberapa wisata di Mojokerto di atas.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini