7 Candi di Mojokerto yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

0
574
Candi di Mojokerto yang Lagi Hits

Koran.idMojokerto merupakan kota yang memiliki cerita mengenai sejarah kerajaan Majapahit di jaman dulu, kota yang bersejarah ini tak lain memiliki aneka candi yang jumlahnya banyak di setiap daerahnya. seiring dari berkembangnya jaman saat ini Mojokerto sebagai pusat candi mulai melakukan perawatan candi-nya untuk di jadikan destinasi wisata, akan tetapi tak sedikit pun candi di Mojokerto yang Lagi hits.

Di samping itu kota yang berada di sebelah barat Kota Surabaya ini pun cukup banyak diketahui masyarakat Indonesia, hal ini tidak terlepas dari kisahnya di jaman dulu sebagai kerajaan. Nah bagi kamu yang sedang berkunjung di kota Mojokerto, banyak sekali situs candi peninggalan di Kerajaan Majapahit yang dijadikan destinasi. Apa sajakah candi yang wajib kamu kunjungi, langsung saja mari simak daftar candi dibawah ini.

Daftar Candi di Mojokerto yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

1. Candi Brahu

villadedesa.com

Yang pertama candi yang wajib kamu kunjungi di Mojokerto adalah Candi Brahu, lokasi candi Brahu berada di kawasan situs arkeologi Trowulan yang dulunya sempat menjadi ibukota kerajaan Mojopahit. Dulunya candi Brahu di dapatkan dengan sebutan bangunan suci oleh Prasasti Alasantan, yang bangunanya berupa batu bata merah kuno yang memiliki ukuran panjang candi mencapai 22,5 meter dan lebar 18 meter.

Sedangkan dari ketinggian candi Brahu sendiri mencapai 20 meter dengan gaya bangunan seperti candi peninggalan Budha, pakar menyebutkan candi brahu ini dibangun pada abad ke 15 yang digunakan sebagai tempat pembakaran jenazah.

2. Candi Tikus

gorzavel.com

Selanjutnya candi yang paling hitz di Mojokerto yakni Candi Tikus, salah satu situs peninggalan kerajaan Majapahit yang berada di kompleks Trowulan sebelah Tenggara kota Mojokerto. Candi tikus awal ditemukan kondisinya terkubur di dalam tanah, namun kini candi tikus olehpakar dikembalikan lagi seperti sedia kala.

Sejarah terjadinya nama candi tikus dibuat oleh masyarakat sekitar candi tersebut, karena alasan candi di beri nama seperti itu sebabnya candi ini di gunakan sarang tikus. Namun banyak beranggapan candi tikus dulunya sebagai tempat mandi para keluarga kerajaan atau tempat penyaluran air untuk keperluan.

3. Candi Bajang Ratu

jayakartanews.com

Merupakan candi yang memiliki bentuk seperti gapura di kerajaan Majapahit, yang lokasinya berada di Desa Temon Kec. Trowulan Mojokerto. Sejarah mengatakan candi Bajang Ratu memiliki hubungan dengan Raja di Majapahit yaitu Jayanegara. Pakar mengartikan candi ini berfungsi sebagai penghormatan untuk Raja Jayanegara dan di bawah dasar candi gapura ini menceritakan mengenai peruwatan.

Candi yang di perkirakan didirikan di abad ke-14 ini merupakan bentuk gapura yang besar pada zamanya di era keemasan kerajaan Majapahit.

4. Candi Gapuro Wringin Lawang

kekunoan.com

Candi yang diperkirakan di bangun pad abad ke 14, memiliki gaya bangunan gerbang raksasa terbelah yang dulunya dipercaya sebagai gerbang pintu masuk Mahapatih Gajah Mada. Gapura Wringin Alam lokasinya berada di Dukuh Wringin Lawang Kec. Trowulan Mojokerto.

Arti nama Gapura wringin alam mengartikan sebagai pintu beringin, yang dulunya dibuat dari bahan batu merah yang luasnya mencapai 13 x 11 meter, sedangkan tinggi gapura wringin mencapai 15,5 meter.

5. Candi Jolotundo

loyakarya.com

Salah satu candi yang hitz di Mojokerto dengan ketinggian candi mencapai 800 meter dari permukaan laut, bangunan candi Jolotundo miliki peninggalan dari Raja Udayana yang berasal dari Bali. Di kawasan Candi Jolotunda sumber airnya memiliki kualitas terbaik nomor 2 di dunia, yang nomor satunya yaitu sumber air zam-zam.

Dari populernya candi Jolotundo ini tak terlepas dari sumber mata airnya yang diyakini sebagai pengobatan dari berbagai penyakit dan bikin awet mudah. Struktur dari bentuknya candi Jolotundo terdapat dua tempat untuk mandi yang berdasarkan dari batu, sehingga air sumber dari candi Jolotundo keluar dari lubang tengah sisi timur.

6. Candi Kedaton (Sumur Upas)

loyakarya.com

Lokasi candi Kedaton yang berada di Jalan Pendopo Agung Trowulan Mojokerto merupakan salah satu candi misterius, alasanya candi yang dikenal sebagai sumur upas ini belum diketahui dari format bangunan candi tersebut. Namun di samping itu dari anggapan dari beberapa faktor mengatakan candi kedaon ialah tempat orang kaya di masa Kerajaan Majapahit.

Kedaton candi diartikan sebagai tempat tertutup yang ada di kawasan kraton yang dimana dihuni oleh raja beserta anaknya dan mereka menempati candi kedaton ini karena memiliki gelar bangsawan.

7. Candi Bangkal

trepelin.com

Berikutnya yang kini lagi ng-hitz adalah candi Bangkal, lokasi candi Bangkal yang berada di Desa Candiharjo Kec. Ngoro Mojokerto memiliki bentuk candi segi empat. Kondisi candi yang masih kokoh dan terawat ini di kaki candinya berfungsi sebagai tempat dimana menuju ke bilik candi sebelahnya.

Itulah tadi beberapa 7 Candi di Mojokerto yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi, bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus edukasi ke situs peninggalan kerajaan Mojopahit alangkah baiknya untuk melihat rekomendasi ini terlebih dahulu, semoga bermanfaat dan selamat liburan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini