Gak Perlu Minder! Ini Tips Tetap Percaya Diri Saat Menstruasi

0
166

Koran.idMenstruasi tentu dialami oleh semua wanita yang sudah beranjak dewasa atau puber, hal ini umumnya terjadi di setiap bulan baik di awal maupun di akhir masa datangnya menstruasi. Penyebab mentruasi disebabkan karena dinding rahim terlalu tebal karena tidak adanya aktivitas di dalam pembuahan sel telur, oleh karena itu wanita ketika sedang menstruasi kebanyakan percaya dirinya menurun. Gak perlu minder, ini tips tetap percaya diri saat menstruasi yang bisa kalian ketahui.

Tidak percaya diri wanita ketika menstruasi ada beberapa alasan yang menjadi pemicunya, terkadang dengan waktu pemulihannya cukup panjang sehingga kurang nyaman buat dirinya untuk beraktivitas. Disisi lain para wanita jika sedang menstruasi sedang melanda dirinya sifatnya akan mengalami perubahan secara mendadak, hal ini seringnya marah-marah karena moodnya pada dirinya kurang baik. Nah buat para wanita yang ingin percaya dirinya terjaga pada saat menstruasi, yuk simak secara seksama mengenai tips untuk bisa kalian lakukan berikut di bawah ini :

Ini Tips Tetap Percaya Diri Saat Menstruasi

1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Yang pertama tips agar kalian tetap percaya diri pada saat menstruasi yaitu pakialah pakaian yang tepat dan nyaman, selama kalian belum dibuat emosi oleh tidak kenyamanan maka dari itu perhatikan dari segi pemakinnya. Karena selama haid atau menstruasi keadaan bentuk ukuran payudara berkembang menjadi sedikit lebih besar, oleh karena itu agar tidak tambah sakit dan nyeri gunakanlah pakaian yang tepat agar nyaman dan jangan lupa pilih yang lebih longgar ya?

Saat menggunakan pakaian perlu kamu perhatikan selain dari segi ukuranya juga bahan yang digunakan, hindari bahan yang bersifat ketat dan kasar agar tidak nyeri dikulit saat bersentuhan dan mulailah untuk memilih bahan kain yang benar seperti katun asli yang tentunya sangat baik untuk melindungi serta menutup bagian-bagian sensitif. Jadi selama menstruasi kamu jangan sampai menggunakan bahan seperti biasanya ya bahan sutra, satin dan polyester.

2. Menghibur Diri dengan Kegiatan

Berikutnya tips tetap percaya diri saat menstruasi adalah cari waktu untuk selalu menghibur diri kamu dengan hal yang positif, jadi seperti yang diketahui kalau sedang haid mood selalu kurang baik dan tidak suka suasana yang bikin membosankan. Oleh karena itu ada baiknya sesekali manjakan dirimu itu dengan berkumpul sama teman, melakukan perawatan di salon maupun melakukan spa.

Namun sebaliknya karena presepsi setiap orang berbeda-beda dalam menanggapi ketida nyamanan, maka bagi kamu yang tak suka keluar rumah ada baiknya untuk menyibukan diri dengan memasak, melihat acara favorit dan bersantai di teras rumah sembari melihat pemandangan yang hijau alami, hal ini bertujuan agar tidak mudah bosan.

3. Selalu Catat Datangnya Menstruasi

Dengan melakukan pencatatan secara tepat ketika datangnya menstruasi maupun selesainnya juga, maka kamu akan memperoleh manfaat yang signifikan. Seperti halnya jika kamu tidak melakukan pencatatan ini, ketika sedang liburan maka datang menstruasi. Dari situlah nanti kamu akan tidak mood ketika liburan dan sedikit mengusik liburan kamu meski itu sudah terjadi.

Pentingnya menjadwal di saat haid datang juga pengaruh untuk melihat normal dan tidaknya kondisi menstruasi, karena jarak antara terjadi mentruasi sampai selesai memang harus memiliki periode yang tepat. Biasanya wanita menstruasi waktu selesainya 2 sampai 7 hari, sedangkan siklus dalam waktu mentruasi sendiri berlangsung antara 21 sampai 35 hari dan itu rata-rata normal umumnya selama 28 hari/ satu bulan.

4. Atur Pola Makan yang Sehat

Memperhatikan dari sisi luar saat menstruasi jika tidak diimbangi dengan pola makan yang baik maka akan mengganggu kondisi tubuh, buat para wanita yang sedang mentruasi alangkah baiknya untuk menghindari tepung serta gula berlebihan yang berakibat perut menjadi mules dan kram. Jadi kalian bisa memanfaatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, rendah garam dan lemak sedikit.

Bagi yang seringkali mengalami kram pada perut saar sedang menstruasi, maka solusinya yaitu konsumsi makanan menyehatkan seperti buah pisang, yogurt, ubi jalar kismis, salmon dan lainnya yang sejenis. Selain itu juga kamu wajib untuk menambah kandungan makanan yang kaya akan zat besinya seperti sayuran hijau, kuning telur, ikan dan jenis kacang-kacangan. Dari manfaat makanan sehat tersebut akan memberikan pembentukan sel darah merah di saat sedang menstruasi.

5. Istirahat Secukupnya

Ketika datang bulan tiba pastinya kondisi fisik mulai lelah, karena kurangnya kandungan zat besi pada tubuh. Hal ini kamu bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat denga merebahkan badan di tempat tidur, cobalah memejamkan mata selama kurang lebih setengah jam lamanya untuk mengembalikan stamina tubuh menjadi fit kembali.

Tidur di waktu siang memang manfaatnya begitu banyak buat tubuh ini menjadi fit kembali, pasalnya setelah seharian penuh beraktifitas kamu bisa memanfaatkannya di pas waktu istirahat siang hari. Setidaknya kamu bisa meminimalisir tubuh untuk tidak bergerak sementara, dan diamkan untuk memulaskan selama waktu yang ditentukan.

6. Olahraga Ringan Setiap Pagi Hari

Mentruasi tak lepas dengan mood tubuh yang terus melemah, hal ini tentu akan minder dan kamu semakin tak percaya diri ketika sedang berkumpul bersama teman. Untuk menjaga tubuh ini menjadi fit dan sehat kembali maka aturlah waktu untuk melakukan olahraga secara rutin di pagi hari, tenang jangan khawatir buat kamu yang malas melakukanya dengan olahraga, kamu bisa melakukan gerakan ringan dengan cara melakukan kordeo atau bisa juga beraktivitas pagi hari di dalam rumah.

Kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin selama kurang lebih 30 menit lamanya, akan membantu siklus haid kamu tetap normal dan dapat mengurangi nyeri pada perut. Lakukanlah meski itu tidak kamu lakukan setiap hari, maka setidaknya kamu bisa melakukan kegiatan seperti berjalan-jalan, jogging maupun yoga. Dan yang perlu diperhatikan imbangilah kegiatan ini untuk setelahnya rutin dengan membersihkan tubuh sekaligus tak lupa pada area intim, so selalu gantilah pembalut setiap pada waktunya agar tetap terjaga kenyamanannya.

Nah, itulah tadi mengenai Tips Tetap Percaya Diri Saat Menstruasi. jadi kalian bisa melakukanya dengan beberapa tips diatas tadi, untuk disarankan di waktu menstruasi jadikan pola hidupmu lebih sehat dan tetap menyenangkan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini