7 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu

0
52
Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan
Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan

Koran.id – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan buah dari keluarga Rosaceae ini. Bentuknya hampir mirip seperti buah Apel dan rasanya sangat manis. Selain rasanya yang enak, manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh ternyata juga sangat banyak. Manfaat ini tidak lain didapat dari kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya. Adapun nutrisi penting yang ada di dalam buah persik, antara lain serat, protein, karbohidrat, magnesium, tembaga, potasium, mangan, fosfor, vitamin A, C, E, K, dan B3.

Buah persik sendiri juga menjadi salah satu buah wajib dalam kebudayaan Tionghoa saat melakukan berbagai ritual keagamaan. Mungkin yang melatarbelakangi hal tersebut karena manfaat luar biasa yang dimiliki oleh buah persik. Lantas, apa saja manfaat buah persik bagi tubuh tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

7 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu

Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan
Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan

Buah persik memiliki nama ilmiah Prunus Persica dan memang menjadi salah satu buah unik favorit banyak orang. Ini karena buah persik punya cita rasa yang enak dan bisa membuat siapa saja ketagihan saat pertama kali memakannya. Buah persik ini sendiri memiliki bentuk bulat seperti apel dengan namun dengan tekstur daging lunak dan berwarna kekuningan.

Selain punya cita rasa yang lezat, buah persik juga punya banyak sekali khasiat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Mengonsumsi  buah persik secara rutin akan membuat tubuh sehat dan bugar pastinya. Adapun manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh selengkapnya, antara lain:

1. Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata

Manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami ganguan. Ini karena buah persik punya kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yang mana vitamin A ini memang berperan penting dalam merawat kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi buah persik secara rutin, setidaknya 3 buah per hari maka mata akan bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Beberapa gangguan penglihatan akan dicegah atau bahkan diatasi dengan baik oleh zat penting dari buah persik ini.

2. Menjaga dan Merawat Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sangat penting untuk dilakukan. Sama seperti bagian tubuh lain, tulang juga bisa saja mengalami berbagai masalah atau gangguan yang membuatnya tidak bisa berfungsi sebagaimana biasanya. Salah satu cara untuk menjaga dan merawat kesehatan tulang adalah dengan mengonsumsi buah persik secara rutin.

Buah persik juga punya kemampuan untuk menjaga serta merawat tulang agar tetap sehat dan berfungsi  dengan baik. Ini karena buah persik punya kandungan mineral yang dibutuhkan untuk merawat tulang. Salah satu mineral tersebut adalah Potasium, di mana mineral satu ini merawat tulang agar tidak terkena gangguan yang bisa menurunkan fungsinya.

3. Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah persik juga punya khasiat baik untuk kecantikan tubuh, salah satunya adalah merawat kesehatan kulit. Kulit akan senantiasa sehat dan cantik jika kamu memanfaatkan buah persik yang manis ini. Di dalam buah persik terdapat kandungan zat antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat serangan radikal beba. Selain itu, kandungan zat tersebut juga mampu menjaga kelembapan kulit sehingga membuatnya terhindar dari kekeringan.

Selain bisa mengnsumsi secara langsung buah persik, memanfaatkan ekstrak buah persik tersebut juga punya khasiat yang baik buat kulitmu. Ekstrak buah persik mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga mencegahnya dari kerusakan sel.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfat buah persik untuk kesehatan tubuh berikutnya yakni membantu mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Berbagai gangguan pencernaan memang cukup sering dialami oleh banyak orang. Misalnya saja masalah susah buang air besar atau sering dikenal dengan sebutan sembelit. Buah persik dengan kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya akan mampu mengatasi masalah sembelit dengan cepat dan efektif.

Tidak hanya mengatasi sembelit, kandungan serat yang ada di dalam buah persik juga berfungsi untuk membantu perkembangan bakteri baik di usus. Seperti yang kita tahu, bakteri baik yang ada di dalam usus mampu meminimalkan berbagai risiko gangguan sistem pencernaan, seperti radang usus, penyakit ulseratif colitis, dan Crohn.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh berperan penting dalam menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit, baik itu penyakit ringan hingga penyakit berat. Namun, sistem imun atau sistem kekebalan tubuh bisa saja menurun tanpa diketahui penyebab pastinya. Jika ini terjadi, tubuh tentu akan sangat rentan terserang penyakit.

Salah satu cara untuk mengembalikan atau meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah persik. Mengonsumsi buah persik secara rutin akan mampu meningkatkan kembali kinerja sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih maksimal dalam melawan bakteri atau virus. Tidak hanya itu, beberapa kandungan zat di dalamnya juga punya kemampuan untuk membasmi berbagai jenis bakteri di tubuh.

6. Baik bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi merupakan salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang sekarang ini. Butuh penanganan medis supaya penderita hipertensi mendapat perawatan yang tepat. Selain itu, maksimalkan juga penyembuhannya dengan memanfaatkan buah persik.

Pada sebauh penelitian menyatakan kalau buah persik mampu menekan kadar hormon angiotensin II, yang mana hormon inilah yang menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah. Meski begitu, masih butuh penelitian yang lebih lanjut untuk mematenkan manfaat buah persik untuk penderita hipertensi tersebut.

Apa kamu salah satu orang yang menginginkan tubuh langsing sempurna? Tidak perlu melakukan diet ketat untuk mendapatkan bodi yang ideal dan langsing tersebut. Dengan mengonsumsi buah persik secara rutin, kamu sudah bisa menurunkan berat badan secara cepat dan efektif.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah persik punya kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang ada di dalam buah persik ini akan memberikan efek perut kenyang lebih lama, sehingga mampu menekan keinginan untuk makan. Selain itu, buah persik juga termasuk salah satu jenis buah yang mengandung sangat sedikit kalori.

Itulah tadi beberapa manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Semoga informasi yang sudah diulas di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini