10 Manfaat Kuaci Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

0
911

Koran.id – Biji bunga matahari atau yang sering dinamakan kuaci merupakan salah satu cemilan ringan yang paling enak dimakan saat santai. Apalagi nyemilnya bersama keluarga atau teman, sensasi menggigit kulit untuk mengeluarkan bijinya memberikan usaha tersendiri. Selain enak, kuaci atau biji bunga matahari juga berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat kuaci bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan mungkin tidak banyak yang tahu.

Kuaci punya banyak manfaat bagi tubuh dikarenakan adanya kandungan yang lengkap di dalamnya. Biji bunga matahari ini sendiri memiliki kandungan zat besi, kalsium, karbohidrat, protein, magnesium, vitamin A, C, dan E, serta nutrisi baik lainnya. Untuk mengetahui manfaat kuaci untuk kesehatan dan kecantikan, simak selengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Kuaci Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kuaci untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sebagai zat antikanker

Manfaat kuaci bunga matahari untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah berkhasiat untuk mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Ini karena di dalam kuaci terdapat kandungan fitosterol dan selenium.  Selain itu, terdapat pula kandungan mineral yang berguna sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas serta memperlambat stres oksidatif.

Jadi, selain enak dijadikan sebagai teman ngemil saat santai atau nonton TV, ternyata kuaci juga punya manfaat luar biasa. Seperti yang kita tahu, hingga sekarang ini penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan yang susah disembuhkan.

2. Menurunkan kadar kolesterol darah

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa memicu terjadinya stroke atau penyakit jantung. Karena itulah, penting sekali menjaga kadar kolesterol darah agar tetap stabil. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi biji bunga matahari alias kuaci. Meskipun kecil, biji bunga matahari punya khasiat super untuk menstabilkan kadar kolesterol.

Kuaci akan mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Dengan begitu, kadar LDL atau kolesterol jahat akan bisa ditekan dengan sempurna.

3. Baik untuk program diet

Siapa bilang saat menjalani program diet seseorang tidak boleh nyemil? Nyemil sangat diperbolehkan, asalkan yang jadi cemilannya adalah kuaci. Jangan remehkan kuaci karena ukurannya yang kecil.

Di dalam kuaci bunga matahari terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi dan baik untuk program diet. Ini karena kandungan kalori di dalam kuaci akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat dan dalam waktu yang lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan akan bisa dihilangkan, alhasil berat badan akan cepat turun.

4. Untuk merawat kecantikan kulit

Manfaat kuaci bunga matahari untuk kecantikan yakni bisa membuat kulit tetap cantik dan terawat sempurna. Khasiat ini didapat dari kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalam kuaci. Mengonsumsi ¼ cangkir kuaci akan mampu mencukupi kebutuhan vitamin E harianmu hingga 80%. Luar biasa sekali bukan?

Vitamin E yang ada di dalam kuaci akan berperan sebagai antioksidan, yang mana berkhasiat untuk meremajakan kulit dan membuatnya tetap cantik. Vitamin E ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan juga mampu mengurangi munculnya keriput di kulit wajah.

5. Untuk mengobati hipertensi

Biji bunga matahari juga punya kandungan magnesium yang cukup tinggi. Kandungan magnesium ini sendiri punya peranan sangat penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah. Dengan begitu, hipertensi akan lebih diminimalisir dengan mengonsumsi kuaci secara rutin.

Mengonsumsi ¼ cangkir kuaci atau biji bunga matahari diklaim bisa mencukupi kebutuhan harian magnesium hingga 30%. Jika kamu mengalami gejala hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi kuaci untuk mengobatinya dengan segera.

6. Mencegah melonjaknya kadar gula darah

Kadar gula darah  yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes, dan penyakit ini tentunya sangat sulit untuk disembuhkan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi kuaci secara rutin. 

Kuaci ini sendiri merupakan makanan rendah kolesterol dan GI atau Glycemic Index. Mengonsumsinya secara rutin akan mampu mengontrol kadar gula darah sehingga gejala diabetes tidak lagi dirasakan.

7. Menguatkan otot dan tulang

Manfaat kuaci bunga matahari untuk tubuh selanjutnya adalah mampu menguatkan otot dan juga tulang. Khasiat ini sendiri didapat dari kandungan magnesium yang ada di dalam kuaci. Menurut penelitian, sekitar 2/3 magnesium di dalam tubuh tersimpan di tulang. Sementara untuk sisanya tersimpan di bagian permukaan tulang.

Magnesium ini yang tersimpan di tulang tersebut akan memberikan efek menguatkan dan menjaga struktur fisiknya. Dengan begitu, otot dan juga tulang akan lebih maksimal dalam melakukan berbagai aktivitas harianmu.

8. Merawat kesehatan dan kecantikan rambut

Ingin mempunyai rambut kuat, lebat dan bebas dari masalah kerontokan? Kamu bisa mengonsumsi kuaci atau biji bunga matahari secara rutin untuk mewujudkannya. Di dalam kuaci terdapat kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E di dalam kuaci ini sendiri berkhasiat mencegah kerontokan rambut.

Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan zat besi yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan cara melancarkan aliran darah di kulit kepala. Dengan begitu, rambut tebal dan lebat akan segera kamu miliki.

9. Mencegah depresi atau stress berlebih

Satu lagi manfaat biji bunga matahari yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin, yakni meningkatkan mood atau suasana hati. Dengan meningkatnya mood maka akan menghindarkanmu dari depresi atau stres berlebih. Rasa cemas yang kamu rasakan akan lebih ditekan secara perlahan saat nyemil kuaci.

Jadi, jika suasana hatimu lagi kacau atau galau, cobalah untuk nyemil kuaci untuk menghilangkannya. Tidak perlu waktu lama untuk meningkatkan mood dengan nyemil kuaci.

10. Baik untuk ibu hamil

Dan manfaat kuaci bunga matahari bagi tubuh yang terakhir adalah membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Ini karena biji bunga matahari punya kandungan asam folat yang cukup tinggi, dimana asam folat tersebut berkhasiat membantu produksi sel-sel dalam tubuh. Para dokter kehamilan juga sangat menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang punya kandungan asam folat tinggi.

Tidak hanya itu saja, kebutuhan tubuh akan folat yang sudah tercukupi juga mampu menurunkan risiko penyaki jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat kuaci bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu tahu. Jangan remehkan kuaci karena ukurannya yang kecil, karena di dalamnya punya banyak sekali kandungan yang berkhasiat untuk tubuh.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini