10 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Paling Populer 2019

0
341
Tempat Wisata di Kulon Progo
Tempat Wisata di Kulon Progo

Koran.id – Jogja selalu menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak orang, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya Jogja punya banyak sekali objek wisata seru dan menarik yang tersebar di bebagai daerahnya. Salah satunya yang cukup populer dikunjungi adalah tempat wisata di Kulon Progo. Kulon Progo lebih tepatnya berada di sisi sebelah barat Kota Yogyakarta. Lokasinya yang strategis menjadikannya tujuan favorit bagi wisatawan.

Berkunjung ke Kulon Progo, akan banyak objek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata bukit, pantai, air terjun, hingga goa yang eksotis. Semakin seru lagi saat kamu mengunjunginya bersama keluarga, sahabat atau juga pasangan tercinta.

10 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Paling Populer 2019

1. Wisata Alam Kalibiru

Photo by IG @agungmatriks

Tempat wisata di Kulon Progo yang lagi hits dan menjadi favorit bagi banyak wisatawan yang pertama adalah Wisata Kalibiru. Objek wisata satu ini menyuguhkan pemandangan alam luas nan hijau, serta dengan balutan udara yang sejuk. Di tempat ini juga bisa kamu temukan berbagai spot foto selfie yang unik dan instagramable banget. Berkunjung ke tempat ini bisa bersenang-senang sekaligus memperbanyak koleksi foto kekinian untuk diposting di akun media sosial pribadi.

Salah satu spot yang paling favorit di tempat ini adalah gardu pandang yang berada di atas pohon. Kamu bisa mengabadikan foto selfie unik disini, bisa juga bersama pasangan. Tidak hanya spot foto, fasilitas di tempat wisata satu ini juga cukup lengkap dan tiket masuknya pun juga murah.

Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

2. Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Photo by eksotisjogja.com

Satu lagi wisata alam di Kulon Progo yang tidak boleh sampai dilewatkan saat berkunjung ke Jogja yakni Waduk Mini Kleco Kulon Progo. Lokasinya berada di puncak sebuah bukit yang berada di Perbukitan Menoreh. Pemandangan alam di lokasi ini sangat indah dengan udaranya yang menenangkan. Berada di lokasi ini kamu akan disuguhi lanskap Kota Kulon Progo yang luas dan menakjubkan. Berfoto dengan latar belakang lanskap kota juga sedang menjadi tren sekarang ini.

Tempat wisata ini sendiri sebenarnya merupakan wisata buatan yang sudah ada sejak lama. Foto-fotonya tersebar luas di internet membuat lokasi ini semakin viral dan banyak yang mengunjunginya.

Lokasi: Dusun Ngesong, Giripurwo, Kecataman Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah istimewa Yogyakarta

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Photo by IG @grojogansewu_kp

Mungkin kamu sudah tidak begitu asing dengan nama Air Terjun Grojogan Sewu. Air Terjun Grojogan Sewu tidak hanya ada di Jawa Tengah saja, melainkan juga ada di Kulon Progo, Jogja. Meskipun namanya sama, tapi Air Terjun Grojogan Sewu yang ada di Kulon Progo ini punya keunikan tersendiri.

Dinaman Air Terjun Gorojogan Sewu dikarenakan air terjunnya yang mengalir cukup besar dan banyak. Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, Gorojogan Sewu berarti pancuran seribu. Pemandangan di tempat ini sangat indah dan pastinya udaranya juga sejuk. Debit airnya cukup deras dan juga jernih, dihiasi dengan pepohonan dan tumbuhan hijau di sekitarnya.

Lokasi: Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

4. Bukit Isis Kulon Progo

Photo by dinpar.kulonprogokab.go.id

Bukit Isis Kulon Progo merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang masih terbilang baru.  Meskipun demikian, tempat wisata ini langsung hits dan menjadi tujuan favorit para kaum muda kekinian. Berada di Perbukitan Menoreh, udara di lokasi ini bisa dibilang sangat sejuk dan menenangkan. Sangat pas dikunjungi oleh kamu yang ingin menenangkan diri dan pikiran.

Selain itu, pemandangan di tempat ini juga sangat indah. Lanskap kota Kulon Progo bisa kamu saksikan dari ketinggian. Tidak hanya lanskap kota, hamparan kebun teh nan hijau bisa juga kamu saksikan dan nikmati keindahannya.

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 54183

5. Desa Wisata Nglinggo

Photo by pegipegi.com

Tempat wisata di Kulon Progo yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Desa Wisata Nglinggo. Desa Wisata Nglinggo ini awalnya hanya sebuah dusun kecil yang ada di Desa Pagerharjo. Namun karena potensi wisatanya yang cukup tinggi akhirnya dijadikanlah sebagai desa wisata.

Di tempat ini kamu akan disuguhi dengan perkebunan teh yang luas serta hijau. Pemandangan alam yang menakjubkan semakin diperlengkap lagi dengan suasa alam yang sejuk dan menenangkan. Selain perkebunan teh, di desa ini juga ada air terjun dan hutan pinus. Pengunjung biasanya tidak pernah lupa untuk mengabadikan momen di spot-spot ini.

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

6. Pantai Pasir Kadilangu

Photo by IG @oetonrentcar_jogja

Puas dengan suguhan wisata alam perbukitan, sekarang kamu bisa berkunjung ke salah satu pantai unik yang ada di Kulon Progo yakni Pantai Pasir Kadilangu. Pantai satu ini tidak hanya menguguhkan pemandangan alam yang indah, tapi juga ada beberapa spot foto unik dan kekinian.

Ada spot foto berbentuk hati yang menjadi favorit bagi wisatawan, khususnya kaum muda-mudi yang lagi kasmaran. Pantai satu ini namanya mulai mencuat semenjak tahun 2016, yang mana foto-fotonya beredar di berbagai media sosial.

Lokasi: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654

7. Waduk Sermo

Photo by IG @rizqi_kurniawan

Waduk Sermo merupakan wisata buatan yang juga lagi hits dan populer di kalangan wisatan, khususnya kawula muda. Waduk Sermo menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, apalagi panorama sunsetnya. Kebanyakan wisatawan menunggu momen sunset tiba untuk mengabadikan momen disana.

Selain menikmati keindahan alam dan berfoto ria, di tempat ini kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, seperti naik perahu, memancing hingga bersepeda.

Lokasi: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

8. Goa Kiskendo

Photo by IG @habibalfian9

Untuk kamu yang suka mengunjungi wisata yang berbau sejarah, Goa Kiskendo adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Goa ini cukup disakralkan oleh masyarakat sekitar. Di bagian dinding-dindingnya terdapat relief cerita wayang yang semakin menambah kesakralannya.

Menuju ke dalam goa, kamu akan menjumpai keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Kunjungi bersama teman atau sahabat untuk menciptakan momen seru bersama mereka.

Lokasi: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

9. Puncak Suroloyo Kulon Progo

Tempat wisata di Kulon Porogo yang paling populer selanjutnya adalah Puncak Suroloyo Kulon Progo. Puncak Suroloyo ini sendiri merupakan puncak tertinggi di Perbukitan menoreh dengan ketinggian mencapai 1.019 mdpl.

Berkunjung kesini kamu akan disuguhkan dengan lanskap gunung tertinggi yakni Gunung Merapi. Panorama sunrise di lokasi ini menjadi momen paling dinanti-nantikan oleh pengunjung.

Lokasi: Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Puncak Widosari

Photo by IG @aninda_afidatu

Dan tempat wisata di Kulon Progo paling populer yang terakhir adalah Puncak Widosari. Puncak Widosari menjadi favorit karena keunikan dari bentuk bukitnya. Dimana jika dilihat secara seksama akan membentuk sebuah kepala lengkap dengan hidung, mata dan juga mulut.

Pemandangan di tempat ini juga sangat menakjubkan, tentunya juga dengan balutan udara yang sejuk dan menenangkan.

Lokasi: Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Kulon Progo yang lagi hist dan populer di kalangan wisatawan. Tertarik untuk berkunjung ke Jogja?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini