Tips Tetap Semangat Dalam Bekerja Meski Sedang Berpuasa

0
613

Koran.idMelakukan aktivitas pekerjaan selama bulan puasa Ramadan memang memiliki cerita tersendiri, apalagi meski kamu bekerja sekaligus menjalankan puasa harus dituntut untuk semangat. Lantas bagaimana tips tetap semangat dalam bekerja meski sedang berpuasa? Semangat dalam beraktivitas di bulan puasa memang harus dilakukan agar tugas kantor kamu tetap fokus untuk diselesaikanya.

Disini ada beberapa tips supaya kamu tetap semangat bekerja di bulan puasa, sebenarnya cukup mudah dilakukan dalam keseharianya dari tips ini. seperti halnya menjaga kebugaran tubuh agar selalu tampil fit pada saat di tempat kerja, nah bagaimana agar tubuh kamu selalu sehat sehingga kerja tetap terus semangat di bulan puasa? Mari simak tips-nya di bawah ini.

Tips Tetap Semangat Dalam Bekerja Meski Sedang Berpuasa

Tips Tetap Semangat Dalam Bekerja Meski Sedang Berpuasa

1. Sahur Tepat Waktu

Poin dasar pertama agar tubuh tetap bugar sepanjang hari ketika beraktivitas, menjalankan sahur tepat waktu atau tidak telat. Cara ini kamu lakukan secara rutin dengan waktu pilihan, jika kamu bangun jangan sampai berdekatan dengan waktu sahur habis. Gunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk makan bersama keluarga, dengan ini waktu makan kamu lebih tenang tidak terburu-buru.

Selain itu kamu bisa memilih menu makanan yang banyak kandungan karbohidrat agar perut dapat terisi, beberapa menu karbohidrat diantaranya ada nasi yang biasanya dikonsumsi, roti, gandum dan pasta. Lengkapilah menu makanan kamu dengan menambahkan protein seperti sayuran, daging dengan berfungsi melancarkan pencernaan tubuh.

2. Jagalah Mental Saat Berpuasa

Sebagai pekerja terkadang kamu terus disibukkan dengan tugas kantor, hal ini akan mempengaruhi masalah mental kamu dibulan puasa. Pekerjaan kantor harus diselesaikan dengan sejumlah tanggung jawab yang besar, meski berpuasa kamu harus terus menjaga mental untuk selalu fokus pada pekerjaan.

Apalagi jika mental kamu tidak stabil sehingga membuat stres akibat pekerjaan yang menumpuk, akan menyebabkan psikolog kamu jatuh dan pada akhirnya kekebalan tubuh menipis. Hal ini akan terjadi demam yang berujung sakit, tentu saja semua itu akan membuat puasa kamu batal. Solusinya kamu ketika di kantor ada waktu luang di jam istirahat, bisa menghibur diri dengan menonton tv dengan acara yang lucu, dan bisa melakukan refleksi tubuh.

3. Cukupilah Cairan Pada Tubuh

Mencukupi cairan pada tubuh tak kalah pentingnya dari asupan makanan, penuhilah kebutuhan cairan pada tubuh kamu agar selama puasa tidak dehidrasi berlebihan. Kamu bisa meminum air selama berpuasa sekitar 8 sampai 12 gelas setiap harinya, hal ini bisa kamu manfaatkan ketika waktu berbuka menjelang sampai waktu sahur akan tiba.

Manfaat air putih pada tubuh dapat menjaga sistem di dalam tubuh terpenuhi, hal ini agar tubuh kamu tidak terserang dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Dengan terjaganya cairan pada tubuh tercukupi, maka konsentrasi kamu ketika bekerja akan selalu fokus meski seharian penuh.

4. Mengatur Asupan Makanan

Selanjutnya tips agar kamu tetap semangat dalam bekerja di bulan puasa, yakni harus benar-benar menjaga pola makanan yang baik karena makanan baik yang dipilih memiliki sejumlah asupan yang dapat menjaga tubuh menjadi berenergi. Waktu sahur mengkonsumsi sejumlah makanan dengan porsi lebih, tidak menjamin untuk tubuh selalu tampil segar. Biasanya mengkonsumsi dengan porsi lebih malah akan menyebabkan kamu menjadi lemas dan tidak bersemangat dalam pekerjaan.

Alangkah baiknya hal ini disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang baik, meskipun porsi makan sahur kamu tidak terlalu banyak tapi menu makanan yang kamu konsumsi mengandung banyak nutrisi maka yang kamu dapat adalah selalu semangat menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Mengatur Waktu Kerja

Salah satu kamu tetap semangat bekerja ketika di bulan puasa Ramadan adalah harus pintar-pintar mengatur waktu kerja, ketika pekerjaan itu belum selesai padahal waktu kerja sudah usai dengan begitu kamu dibebani oleh tugas-tugas kantor menumpuk. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh anda, yang terus berpikir dengan tambahan jam atau lembur.

Untuk mengatasi hal ini kamu membuat daftar waktu dalam bekerja dengan membuat agenda-agenda pentingnya, manfaatnya yang di dapat nanti energi didalam tubuh kamu terus terjaga dengan baik selama waktu berbuka tiba.

6. Jadwal Istirahat Cukup

Tidak hanya mengatur dalam segi waktu pekerjaan saja yang kamu buat, menjadwalkan waktu istirahat sama pentingnya untuk kamu lakukan. Karena jika terlalu banyak tidur energi yang ada di dalam tubuh kamu akan cepat habis sehingga menjadi lemas, hal ini terjadi biasanya kamu ketika mengkonsumsi makanan terlalu kenyang.

Hal ini terjadi juga dengan waktu tidur yang tidak beraturan, biasanya setelah kamu sholat tarawih kamu melihat acara kesukaan di televisi sampai larut malam. Nah ini bisa mengakibatkan waktu istirahat kamu tidak cukup, sehingga waktu sahur akan telat dan paginya kamu akan dituntut berangkat kerja. Hindarilah jadwal yang acak-acakan agar kamu tetap semangat dalam bekerja.

7. Berolahraga

Dengan seharian beraktivitas melaksanakan tugas kantor, kamu bisa mengambil waktu dengan berolahraga ringan. Hal ini bisa kamu lakukan ketika sebelum berangkat kerja di pagi hari setelah sholat subuh, karena udara di pagi hari yang segar akan bermanfaat baik untuk kebutuhan energi tubuh anda.

Hal ini bisa kamu lakukan juga di kala sedang bekerja, kamu seharian duduk di tempat kerja bisa mengambil gerakan-gerakan simple dengan meregangkan tubuh yang kaku akibat seharian duduk. Dan kamu bisa juga ketika di kantor untuk mengambil momen berjalan ringan entah itu ketika nyamperin teman, dengan berjalan ringan manfaat yang di dapatkan untuk menyegarkan tubuh sekaligus membakar kalori.

8. Niat Puasa

Dari sekian banyak tips yang ada untuk terus dilakukan dengan baik, salah satu hal yang menjadi kesempurnaan dalam berpuasa adalah memiliki niat. Meski banyak sekali tugas-tugas yang di hadapi ketika di kantor meskipun kamu berpuasa, tapi kalau kamu punya niat akan selalu semangat di dalam pekerjaan.

Ituah tadi beberapa Tips Tetap Semangat Dalam Bekerja Meski Sedang Berpuasa, kamu bisa melakukanya tips ini secara rutin sesuai dengan cara masing-masing. Semoga referensi ini memberikan manfaat bagi kalian yang bekerja di bulan puasa ini dantetap bersemangat ya?

Artikel Sebelumnya5 Pilihan Tempat Berbuka Puasa Hits yang Seru Selama Bulan Ramadhan
Artikel SelanjutnyaKulit Wajah Tetap Glowing Selama Liburan dengan Pakai 9 Pelembap untuk Wajah ini
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini