7 Wisata Air Terjun di Ponorogo yang Paling Hits 2019

0
1041
Wisata Air Terjun di Ponorogo

Koran.id – Apa kamu punya rencana untuk pergi liburan di waktu dekat ini? Mengunjungi wisata alam tampaknya sangat pas untuk kamu. Memilih objek wisata yang bernuansa alam selain menarik juga bisa membuat pikiran lebih tenang berkat pemandangan indah yang diberikannya. Salah satu wisata alam yang paling menarik dikunjungi adalah wisata air terjun. Dan jika kebetulan kamu berdomisili di Ponorogo atau sekitarnya, wajib nih mengunjungi tempat wisata air terjun di Ponorogo yang lagi hits.

Ponorogo identik dengan kesenian  tari reognya yang sudah mendunia. Tapi lain tari reog, Pomorogo ternyata juga menyimpan pesona alam menakjubkan di beberapa tempat wisatanya. Berbicara soal air terjun, di Ponorogo ini ada banyak wisata air terjun yang indah dan menarik dikunjungi. Beberapa diantaranya bahkan menjadi kunjungan favorit bagi para muda-mudi. Penasaran air terjun apa saja yang lagi hits di Ponorogo? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

7 Wisata Air Terjun di Ponorogo yang Paling Populer 2019

1. Air Terjun Pletuk

Photos By IG @ponorogopictures

Wisata air tejun di Ponorogo yang wajib kamu kunjungi pertama adalah Air Terjun Pletuk. Khususnya kamu yang suka berpetualang, air terjun ini wajib dijadikan tujuan wisata. Pasalnya lokasi dari Air Terjun Platuk ini dikelilingi oleh perbukitan rindang yang tentunya dengan medan lumayan sulit. Air Terjun Pletuk masih terbilang sangat asri karena tempatnya yang tersembunyi dan jarang terekspose media.

Meskipun demikian, Air Terjun Pletuk ini penya pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Memiliki tinggi sekitar 30 meter, di sekitar air terjun dihiasai dengan pepohonan rindang nan hijau. Air terjun yang oleh warga sekitar dikenal juga dengan nama Coban Temu ini berlokasi di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

2. Air Terjun Kalimalang

Photos By IG @ayodolan

Air Terjun Kalimalang juga menjadi salah satu wisata air terjun di Ponorogo yang lagi hits sekarang ini. Berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya, Air Terjun Kalimalang ini dikelilingi oleh bebatuan yang unik dan artistik. Tidak ada tanaman atau pepohonan hiau di samping kanan dan kirinya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Kalimalang ini.

Keunikan tersebut membuatnya sangat pas untuk dijadikan background foto yang kekinian dan instagramable banget. Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi dengan debit air lumayan deras. Lokasi Air Terjun Kalimalang ini sendiri berada di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

3. Air Terjun Widodaren

Photos By IG @ayodolan

Memiliki pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan, itulah daya tarik dari Air Terjun Widodaren yang ada di Ponorogo ini. Air terjunnya tidak terlalu tinggi dan debit air terjunnya agar deras di waktu musim penghujan. Saat musim kemarau, debit air terjun disini tidak terlalu deras, sehingga kurang cantik pemandangannya.

Di sekeliling air terjun dihiasi oleh berbagai tanaman hijau yang semakin mempercantikan pemandangannya. Di bawah air terjun terdapat semacam kolam kecil dengan airnya yang jernih berwarna kehijauan. Lokasi dari Air Terjun Widodaren ini sendiri berada di Desa Bulu Lor, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

4. Air Terjun Sunggah

Photos By IG @info_ponorogo

Air Terjun Sunggah merupakan salah satu wisata air terjun di Ponorogo yang punya ketinggian air terjun yang cukup tinggi. Ketinggiannya tersebut mencapai 50 meter dengan debit airnya yang cukup deras, apalagi saat musim hujan. Selain deras, airnya tersebut juga cukup jernih yang semakin menambah keindahannya. 

Sebelum jatuh ke bawah, air terjunnya tersebut melewati beberapa bebatuan yang membuatnya seolah bertingkat-tingkat. Paling pas pemandangan seperti ini dijadikan sebagai latar foto yang indah. Air Terjun Sunggah ini sendiri berlokasi di Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

5. Air Terjun Coban Lawe

Photos By IG @andridanu2

Untuk kamu yang ngakunya pecinta alam sejati, wajib rasanya untuk mengunjungi wisata air terjun di Ponorogo satu ini. Air Terjun Coban Lawe punya medan yang agak sulit dan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjungnya. Ini karena wisata air terjun tersebut berada di lereng Gunung Wilis yang cukup terkenal di Ponorogo. Melakukan pendakian harus dilakukan agar bisa sampai ke lokasi air terjun.

Udara di sekitar air terjun ini cukup sejuk dan memenangkan. Air terjunnya cukup deras dengan airnya yang jernih. Selain itu, disekitar air terjun juga dihiasi oleh tumbuhan dan pepohonan hijau yang semakin membuatnya tampak mempesona. Air Terjun Coban Lawe ini sendiri berada di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Baca Juga: 10 Wisata Air Terjun di Lumajang, dari Tersembunyi Hingga yang Populer!

6. Air Terjun Mlaten

Photos By IG @batiktours.co.id

Wisata air terjun di Ponorogo yang paling indah dan wajib dikunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Mlaten. Air terjun satu ini sangat indah dengan air terjunnya yang seolah seperti bertingkat-tingkat. Airnya sangat jernih dan dingin, dan di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas. Pengunjung yang datang ke sini biasanya tidak melewatkan untuk mendi di bawah air terjunnya tersebut.

Pemandangan di lokasi Air Terjun Mlaten ini juga sangat indah, terdapat bukit terjal yang melindungi air terjun ini. Air Terjun Mlaten ini berlokasi di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Lokasinya tersebut tidak terlalu jauh dari air terjun unik yakni Air Terjun Kalimalang.

7. Air Terjun Karangpatihan

Photos By IG @ayodolan

Dan wisata air terjun di Ponorogo yang wajib dikunjungi terakhir adalah Air Terjun Karangpatihan. Air Terjun Karangpatihan ini sendiri tidak terlalu tinggi, tapi punya pemandangan yang sangat indah. Airnya cukup jernih dan deras, dan juga dikelilingi oleh perbukitan dengan hiasan pepohonan hijau yang sangat indah. Lokasi dari air terjun ini sendiri berada di Desa Karangpatih, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata air terjun di Ponorogo yang paling hits dan wajib dikunjungi. Berkunjung bersama teman, keluarga atau pasangan akan menjadi momen yang gak bakalan terlupakan. 

Artikel SebelumnyaZodiak Cewek Calon Istri Idaman Pria, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya7 Wisata Pantai di Malang Selatan dengan Pasir Putih Indah
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini