Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Bangun Pagi Paling Ampuh

0
111
Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Bangun Pagi Hari
Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Bangun Pagi Hari

Koran.idApa anda salah satunya disini, inginya bangun pagi tapi masih sering molor dan akhirnya sampai kesiangan. Jika di akhir pekan saja masih bisa untuk di maklumi, namun bila anda yang sedang sekolah atau pun bekerja pasti akan telat nantinya. Hal seperti ini harus diperhatikan serius jika kalau tidak maka anda terbiasa bangun kesiangan dan sekaligus membuat malas. Ada beberapa poin penting buat anda yang suka telat bangun, maka lakukan cara menghilangkan kebiasaan susah bangun pagi paling ampuh.

Sulitnya bangun pagi memang sudah menjadi hal umum bagi kebanyakan orang, hal ini bisa di sebabkan karena kondisi tubuh lemas karena lembur atau pun bergadang sehingga tidur menjadi lebih panjang dan kesiangan. Memang untuk mengatasinya anda harus bisa mengubah pola gaya hidup menjadi teratur, agar nantinya bangun pagi sudah menjadi terbiasa. Nah buat anda yang ingin melihat bagaimana untuk mengatasi agar bangun tidak kesiangan, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Bangun Pagi Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Bangun yang Ideal

1. Hindari Kegiatan Terlalu Malam

Pertama, yang dapat mempengaruhi seseorang malas bagun pagi salah satunya terlalu pada aktivitas di malam hari. Hal ini sebenarnya mulai dikurangi atau bahkan di ganti jadwal kegiatannya, agar anda tidak terlalu capek atau bahkan sampai lembur terlarut malam pastinya nanti bangun paginya akan molor.

Aktivitas di malam hari bisa jadi bergadang seperti mengobrol bersama teman, asik bermain game, menonton bola dan lain sebagainnya. Ada baiknya kali ini anda bisa ubah kebiasaan yang tidak perlu, dan tanpa tersadari energi pada tubuh akan habis atau terlalu capek. Jadi gunakan tenaga anda di hari esoknya saja beraktivitas lagi seperti berangkat sekolah, bekerja maupun aktivitas lainnya.

2. Merencanakan Kegiatan Hari Esok

Berikutnya, agar anda taidak terlalu berat untuk bangun pagi hari bisa membuat daftar perencanaan di hari esok. Dengan membuat daftar aktivitas pastinya anda akan selalu terdorong dan bahkan bangun menjadi lebih tepat waktu. Misalnya di hari esok anda sedang ada acara rapat pagi hari, atau juga sedang ada jam tambahan pelajaran.

Untuk menuliskan rencana ini memang tak membutuhkan waktu yang lama, anda bisa mencatatnya di kertas mulai acara hingga jam bangunnya. Usahakan membuat tulisan seperti itu setelahnya anda bisa menempelkan di dekat tempat tidur anda, karena nantinya ketika bangun anda melihat secara jelas apa yang harus dikerjakan. Pasti nantinya akan lebih bergegas meninggalkan tempat tidur, tanpa ada rasa malas yang menghampiri.

3. Menata Waktu Tidur

Ternyata dengan menata waktu tidur di malam hari, anda akan lebih terasa mudah untuk bangun pagi. Cara ini memang awal mulanya begitu berat, namun dengan konsisten yang selalu terjaga waktu bangun pagi akan menjadi sebuah kebiasaan. Buat anda yang sukanya bergadang kali ini di batasi seperti jam 9 malam anda harus sudah berada di tmpat tidur untuk istirahat.

Waktu tidur seseorang memang dibatasi jika berlebihan maupun berkurang, akan sama-sama kurang baiknya. Maka dari itu idealnya jam untuk orang dewasa di sarankan antara 6 sampai 8 jam lamannya dalam sehari. Jadi jika tidur dimulai pukul 9 malam, maka di usahakan anda bangun antara jam 4 shubuh atau jam 5  pagi hari.

4. Sembunyikan Benda Elektronik

Tips yang bisa anda lakukan kali ini memang terlalu sulit dilakukan bagi setiap orang, pasalnya kali ini anda di tantang untuk menjauhkan alat elektronik seperti Hp yang paling mengganggu. Tak sedikit orang yang ketika ingin tidur namun selalu bermain game dahulu atau bahkan stalking sosial media, hal seperti ini tentunya sangat mengkhawatirkan pasalnya meskipun anda sedang di tempat tidur, jika masih bermain Hp bisa sampai larut malam.

Konsisten adalah kunci di setiap malam untuk menyembunyikan Hp, mungkin awalnya terlalu berat tapi jika dilakukan setiap akan tidur malam pasti akan menjadi terbiasa. Anda bisa menyembunyikan Hp di tempat yang jauh dari pandangan mata, jangan sampai bisa terlihat ya?

5. Menghidupkan Alarm

Alarm memang kerap kali umum digunakan ketika ingin bangun pagi hari, akan tetapi anda perlu perhatikan letak alarm ini. alasannya jika alarm terlalu dekat nantinya pasti membuat anda malah malas untuk segera bangkit dari tempat tidur, tak jarang jika alarm itu bisa di jangkau tangan ketika berbunyi pasti langsung dimatikan. Letak alarm seperti ini memang terkadang membuat anda tertidur lagi.

Sebaiknya cara yang paling ideal ketika menaruh alarm baik itu menggunakan jam maupun Hp, usahakan jaraknya sulit dijangkau dengan tangan. Alasannya setelah alarm berbunyi pasti anda akan merasakan bising oleh deringnya alarm, hal ini tentu saja anda akan merasa terganggu tanpa bisa mematikan langsung alarm. Idealnya anda nanti bisa langsung bangun dari tempat tidur tanpa ingin rebahan kembali.

6. Secepat Mungkin Minum Air Putih

Bangun pagi memang membutuhkan support atau bantuan agar lebih mudah melakukannya, setelah anda bangun tepat waktu di pagi hari bergegaslah untuk mengambil segelas air putih untuk diminum. Karena ketahuilah kandungan mineralnya akan membantu anda terhindar dari sifat malas maupun lesu.

Jadi usahakan selalu ketika habis bagun tidur anda bisa rutin minum air putih, selanjutnya ketika anda bergegas bangun dan ingin mandi akan tambah bersemangat tanpa harus ingin tepar kembali. Efektifnya tips satu ini memang sudah umum dipraktekkan oleh kebanyakan orang dan paling ampuh juga.

7. Olahraga Ringan

Dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari ternyata membantu menyegarkan badan dan bertambah semangat pula, cara ini memang sangat efektif sekali dilakukan secara rutin setelah anda bangun dari tempat tidur. Pasalnya jika diri ini tidak disegerakan untuk berolahraga, bukan tidak mungkin lagi anda akan mudah tertidur kembali.

Usahakan tekad anda diniatkan agar setelah bangun menjadi semangat, meskipun berat dilakukan tapi percayalah dengan proses dari hari ke hari pasti anda akan terbiasa melakukannya secara rutin. Jadi anda bisa mencobanya ya? cara ini paling simpel sebenarnya.

Nah, itulah tadi tentang Cara Menghilangkan Kebiasaan Susah Bangun Pagi Paling Ampuh. Semoga referensi di atas dapat memberikan manfaat untuk anda dan selamat untuk mencoba.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini