Hanya Tinggal Kenangan! Inilah 7 Social Media Terburuk Sepanjang Sejarah yang Berakhir Gagal

0
397
Social Media Terburuk

Koran.id – Yang jadi pertanyaannya di sini, memang ada social media terburuk yang pernah dibuat oleh para vendor? Jika yang kamu kenal hanya Facebook, Instagram, atau pun Twitter saja, nggak heran sih jika kamu tidak percaya kalau ternyata ada lho social media yang alami kegagalan dalam produksinya. Misalnya saja untuk beberapa social media berikut ini!

Ya, kita semuanya juga sudah tahu kan, bahwa kita sekarang ini sudah hidup di era dimana urusan komunikasi sudah dibuat jadi lebih mudah, cepat, dan instan. Yang demikian tersebut berkat adanya social media yang dibuat oleh tangan – tangan kreatif, yang ternyata mampu membawa pengaruh cukup besar di kehidupan masa kini bagi banyak orang. Ketiga social media yang sudah saya sebutkan di atas, yakni Facebook, Instagram, dan Twitter merupakan beberapa social media paling populer, dan berhasil mendulang kesuksesan yang besar dengan memiliki banyak pengguna aktif di seluruh penjuru dunia.

Social Media Terburuk
Social Media Terburuk

Tapi sangat disayangkan sekali, ternyata social media di bawah ini alami kegagalan. Bahkan bisa dikatakan sebagai social media yang terburuk di sepanjang sejarah. Sama seperti social media terpopuler ketiga tersebut, beberapa social media yang gagal produksi ini juga sudah dibuat semaksimal mungkin oleh para vendor. Tetapi pada kenyataannya masih banyak memiliki kekurangan, sehingga kurang diminati oleh banyak orang hingga akhirnya social media tersebut tidak memiliki pengguna setia yang aktif. Walaupun bertujuan untuk mengkoneksikan banyaknya orang, tetapi justru berakhir gagal. Bahkan jatuh secara mengenaskan. Tragis banget pokoknya!

Penasaran, apa saja social media yang berakhir gagal dan menjadi yang terburuk di sepanjang sejarah? Cek di sini!

7 Social Media Terburuk Sepanjang Sejarah yang Berakhir Gagal

Orkut

Orkut

Memiliki nama yang terbilang cukup aneh, Orkut menjadi social media terburuk pertama yang harus berakhir dengan kegagalan. Nama Orkut sendiri asal muasalnya dari ide orang – orang yang ada di Google. Tentu para vendor juga tidak pernah menyangka sebelumnya jika ternyata social yang dikenalkan di tahun 2004 silam tersebut dan didedikasikan untuk membantu banyak orang untuk mendapatkan relasi justru berakhir tragis.

Sangat disayangkan sekali sih, dibalik tujuannya yang mulia banget itu, mekanisme yang diusungnya justru tak begitu baik. Jadi, tidak heran jika social media ini malah tidak memiliki pengguna aktif yang cukup banyak. Contohnya seperti ini, di Orkut, siapa pun bisa dengan mudah terhubung dengan siapa pun, tanpa ada persetujuan di awal pertemanan atau semacamnya. Kelihatannya biasa – biasa, tetapi justru yang demikian ini kurang ideal sekali di dunia internet yang bisa dikatakan cukup menyeramkan ini.

Friendster

Friendster

Hayo, siapa nih diantara kamu yang pernah pakai social media satu ini? di awal masa – masa social media, Friendster bisa dibilang oke banget dipakai untuk bersocial media ya! Tapi kira – kira apa sih yang melatarbelakangi Friendster hingga akhirnya menjadi social media terburuk yang pernah ada?

Bisa dibilang, Friendster adalah salah satu platform pertama yang memungkinkan banyak orang untuk lebih mudah lagi saat membagikan gambar, video, komentar, hingga mengobrol. Tapi terlepas dari itu semua, ternyata Friendster tak pernah benar – benar disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan para penggunanya. Bahkan di tahun 2011 Friendster sempat berubah menjadi platform game, entah itu apa alasannya yang pasti hingga akhirnya benar – benar dimatikan secara permanen di tahun 2015.

Yahoo! Buzz

Yahoo! Buzz

Meskipun termasuk sebagai social media di masa lalu yang gagal tapi Yahoo! Buzz juga sempat menjadi social media terbaik lho, tetapi itu semua dalam waktu yang singkat. Ya, kita semua pastinya sudah tahu kan, jika Yahoo dulu pernah sukses dengan mesin pencarian dan platform email. Namun kini Yahoo mulai mencoba untuk menjajaki ranah social media dan Yahoo! Buzz adalah social media yang dibuatnya.

Difokuskan secara khusus untuk kebutuhan berbagi konten yang dikenalkan pertama kalinya di tahun 2000. Di sini kamu bisa menulis artikel sendiri dengan bebas, lalu dibagikan ke dalam komunikasi online. Tapi sangat disayangkan sekali, sebab memiliki moderasi editorial yang cukup berat, juga ada gangguan sistem, serta kurangnya minat umum sehingga social media tersebut harus ditutup di tahun 2011.

MySpace

MySpace

Mau tidak mau, MySpace kini hanya tinggal kenangan saja! Eits, tunggu dulu! Faktanya, MySpace tak sepenuhnya gagal, lho. Social media satu ini hanya gagal beradaptasi dengan baik agar tetap berpengaruh. MySpace bahkan tak begitu bisa relevan untuk dijadikan sebagai sebuah platform social media.

Faktor lainnya yang paling mendasari kegagalan MySpace ternyata datang juga dari hadirnya anak baru yang ternyata jauh lebih populer dan memiliki pengguna aktif cukup banyak sekali sejak diriliskan sampai saat ini, yakni Facebook. Alih – alih bisa mengimbanginya, MySpace justru semakin mundur dengan teratur karena desain antarmukanya yang sangat berantakan sekali, sehingga yang demikian ini cukup menyulitkan untuk digunakan.

Pownce

Pownce

Tahu nggak sih, ternyata sebelum ada Twitter, Pownce lebih dulu hadir di dunia social media. Pownce sendiri merupakan social media yang berbasis micro blogging. Dikenalkan pertama kalinya di tahun 2007 silam, Pownce dibangun sedemikian rupa sebagai social media untuk berbagi pesan pendek dalam bentuk postingan.

Bahkan Pownce juga memfasilitasi pengguna untuk bisa membagikan file media dengan mudah. Sehingga hal inilah yang juga menjadi alasan kenapa Pownce memiliki banyak pengguna pada saat diriliskan, hingga akhirnya diakuisisi di akhir tahun 2008. Tapi sangat disayangkan sekali, ternyata akuisisi tersebut tidak membuahkan hasil yang sempurna, sebab Pownce justru alami kegagalan. Pownce rutun dan akhirnya ditutup beberapa minggu kemudian.

Digg

Digg

Sama seperti social media di atas, Digg juga alami kegagalan hingga akhirnya masuk dalam kategori media sosial terburuk di sepanjang masa. Dibuat untuk memfasilitasi banyak orang dalam berbagi berita, opini, dan media yang lainnya. Meskipun masuk di era yang sama dengan social media yang populer seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest, bahkan Digg masih bisa bersaing dan berkembang dengan apik.

Digg sebenarnya masih ada sampai sekarang, tetapi hadir dalam bentuk yang berbeda. Di tahun 2008, bahkan ada banyak situs yang menambahkan Digg ke dalam tombol berbagi mereka. Namun entah kenapa hingga akhirnya social media ini kurang diminati banyak orang.

Ello

Ello

Konsep dibalik Ello yang sungguh sangat luar biasa tersebut dibuat sebagai social media yang paling mudah dalam hal navigasi dengan tidak adanya iklan maupun artikel spam yang mengganggu. Namun terlepas dari itu semua, ternyata ada fakta yang mengatakan bahwa konten – konten yang dianggap mengganggu, seperti iklan maupun berita dihilangkan. Ello tak lagi menawarkan banyak hal – hal baru dan menarik. Sehingga akhirnya Ello tenggelam sebab tak adanya kreativitas dan inovasi.

Nah, itulah 7 social media terburuk yang pernah ada di masa lalu. Kamu pernah mencicipi salah satu social media di atas?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini